East Japan Railway Company (JR East) berencana menggunakan Uninterrupted Power Supply (UPS) bertenaga Hidrogen untuk salah satu stasiunnya yang berada di jalur Nambu yaitu stasiun Musashi-Mizonokuchi yang terletak di Kota Kawasaki. JR East telah menjalin kontrak kerjasama dengan salah satu perusahaan elektronik kenamaan Jepang, Toshiba, untuk pengadaan sistem ini. Sistem ini akan direncanakan mulai beroperasi pada semester awal tahun 2017.

JR East nantinya akan menggunakan UPS tipe H2One yang dibuat oleh Toshiba. H2One merupakan UPS bertenaga Hidrogen yang menghasilkan listrik yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan karbon dioksida (CO2) pada pembangkitan listriknya. Alat ini mengkombinasikan sumber energi terbarukan dengan bahan bakar Hidrogen untuk menghasilkan listrik.

Unit-unit dari UPS tenaga Hidrogen milik Toshiba | Foto: www.toshiba.co.jp
Unit-unit dari UPS tenaga Hidrogen milik Toshiba | Foto: www.toshiba.co.jp

UPS tenaga Hidrogen yang dibuat oleh Toshiba ini terdiri dari unit pembangkit listrik dengan sel surya, baterai untuk penyimpanan energi listrik, unit elektrolisis air yang berfungsi untuk mengurai Hidrogen dari air, tangki Hidrogen, dan sel bahan bakar Hidrogen murni. Semua alat-alat ini disatukan dan dikendalikan oleh sistem pengelolaan energi Hidrogen yang dikembangkan oleh Toshiba sendiri.

Pada kondisi operasi normal, alat ini akan menghasilkan Hidrogen dari pembangkitan listrik oleh sel surya, lalu Hidrogen yang telah dihasilkan akan disimpan di tangki penyimpanan Hidrogen. Hidrogen yang berada di tangki penyimpanan akan disalurkan menuju sel bahan bakar untuk membangkitkan listrik yang nantinya akan digunakan untuk menyalakan lampu pada bangunan stasiun.

Berikut ini merupakan video rilis resmi H2One dari Toshiba:

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.