BAGIKAN

Warga Jepang dan kereta api memang tak terpisahkan, moda transportasi ini menjadi andalan untuk bepergian. Tentunya, mereka sudah terbiasa dengan stasiun dan transit antar jalur. Namun tidak demikian dengan warga negara asing, khususnya bagi wisatawan. Meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara ke Jepang dan persiapan menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas 2020 di Tokyo, membuat salah satu perusahaan operator kereta di Jepang, East Japan Railway Company atau yang sering disebut juga JR East, akan menambahkan kode huruf dan angka di stasiun mereka.

Penambahan huruf dan angka ini dimaksudkan untuk mempermudah warga asing untuk mengarungi luasnya jaringan kereta komuter JR East di wilayah Metropolitan Tokyo yang terkenal akan jalur keretanya yang banyak, rumit dan dilayani oleh multi-operator. JR East sendiri akhirnya bergabung dengan perusahaan KA lain di Metropolitan Tokyo yang sudah menerapkan sistem seperti ini. sebelumnya, seperti Tokyo Metro.

“Saudara kandung” JR East, seperti JR Shikoku di barat Jepang dan JR Hokkaido juga sudah menerapkan pengkodean stasiun dengan huruf dan angka sejak 2006 dan 2007.

Perusahaan KA Jepang Ini Tambahkan Kode Huruf Dan Angka
Kode stasiun yang menggunakan kombinasi huruf dan angka milik Tokyo Metro.
Advertisement Inline

Tokyo Metro, perusahaan KA di Tokyo yang memiliki 8 jalur KA sudah menerapkan pengkodean stasiun yang ramah warga asing sejak 2004. Dimana setiap jalur memiliki kode warna sendiri pada eksterior kereta dan peta jaringan. Sebagai contoh, Jalur Tozai memiliki kode warna biru dan merah untuk Jalur Marunouchi. Tak hanya itu, kode warna itu juga dikombinasikan dengan huruf awal dari nama jalur dan ditulis kapital serta angka yang merupakan urutan stasiun dari pemberangkatan awal. Contohnya, Stasiun Ueno milik Tokyo Metro memiliki kode G16 yang berada dilingkari oleh bulatan berwarna jingga.

Sistem kode stasiun dengan huruf dan angka tersebut memang dibuat untuk memudahkan warga asing yang tidak familiar dengan Bahasa Jepang.

 Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.