BAGIKAN

Kamis (28/4), PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional 1 Sumatera Utara (KAI Divre 1 SU) melakukan uji coba perjalanan kereta api (KA) angkutan barang peti kemas dari area PT Sumatera Tobacco Trading Company (STTC) di Pematang Siantar menuju Pelabuhan Belawan. Uji coba ini adalah langkah awal dari realisasi rencana pengoperasian kembali KA angkutan barang peti kemas di Divre 1 yang sempat terhenti dalam beberapa tahun terakhir.

Rangkaian kereta api luar biasa (KLB) uji coba KA angkutan peti kemas ini menggunakan stamformasi 10 Gerbong Datar (GD) jenis PPC setara dengan 20 TEUs dengan membawa 10 buah peti kemas Maersk berjenis High Container berukuran 40 kaki, ditarik oleh lokomotif CC 201 05 (CC 201 77 04) yang diawaki oleh masinis Aris Andika dan Reza Octari Siregar.

IMG_2491
KLB uji coba KA angkutan barang peti kemas di emplasemen stasiun Medan | Foto : Riky Soeripno

Uji coba ini merupakan salah satu momen bersejarah dalam perkeretaapian tanah Deli karena akhirnya PT KAI dapat bekerja sama kembali dengan PT STTC untuk mengoperasikan kembali KA angkutan barang peti kemas yang dulu pernah beroperasi di Divre 1. Selain itu, PT KAI juga dapat menambah pundi-pundi pendapatannya dari sektor angkutan barang di Divre 1, selain dari angkutan minyak sawit atau Crude Palm Oil (CPO) dan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Advertisement Inline

Hal penting lainnya dari uji coba ini adalah membuat sarana GD yang sejak kedatangannya hanya terparkir di emplasemen stasiun besar Medan, pada akhirnya dapat digunakan sesuai dengan prinsip pola operasi KA angkutan barang yaitu Keep The Wagon Moving and Loading, dengan kata lain beroperasi secara optimal.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.