BAGIKAN
Sumber gambar: supergt.net

Sesi kualifikasi seri kedua Super GT yang berlangsung di Sirkuit Internasional Fuji berlangsung kondisi mendung dengan kondisi lintasan yang kering pada Selasa, 3 Mei 2016. Berbeda dengan seri lainnya, rangkaian balapan yang digelar dengan jarak tempuh 500 km ini akan digelar pada hari kerja (Selasa dan Rabu), bertepatan dengan rangkaian hari libur Golden Week di Jepang. Di kelas GT500, tim IMPUL (CALSONIC IMPUL GT-R #12) berhasil meraih pole position, sedangkan tim ARTA (ARTA BMW M6 GT3 #55) akan memulai lomba dari baris depan di kelas GT300.

Baca Juga: Panduan Super GT Musim 2016

GT500

CALSONIC IMPUL GT-R #12 (sumber: supergt.net)
CALSONIC IMPUL GT-R #12 (sumber: supergt.net)

Di sesi kualifikasi pertama (Q1), dua mobil Nissan GT-R, yaitu MOTUL AUTECH GT-R #1 (tim NISMO, dikemudikan oleh Tsugio Matsuda) dan CALSONIC IMPUL GT-R #12 (dikemudikan oleh Hironobu Yasuda) saling bergantian mencatatkan waktu di peringkat pertama. Beberapa saat kemudian, mobil S Road CRAFTSPORTS GT-R #46 (tim MOLA) yang dikemudikan oleh pembalap pendatang baru (rookie) Katsumasa Chiyo berhasil mencatat waktu di peringkat pertama dengan jarak yang cukup jauh dari pesaingnya, yaitu 1’27.366 detik, sekaligus memecahkan rekor waktu putaran sirkuit ini sebelumnya, yaitu 1’27.552 detik.

Advertisement Inline

Di sesi kualifikasi kedua (Q2), mobil CALSONIC IMPUL GT-R #12 yangdikemudikan oleh J.P.L. de Oliveira) berhasil meraih pole position dengan catatan waktu 1’27.453 detik. Sementara itu, mobi S Road CRAFTSPORTS GT-R #46 yang dikemudikan oleh Satoshi Motoyama harus puas berada di posisi kedua dengan catatan waktu 1’27.687 detik, kemudian disusul oleh mobil ZENT CERUMO RC F #38 (milik Lexus Team Zent Cerumo) yang dikemudikan oleh Yuji Tachikawa dengan catatan waktu 1’27.960 detik. Tim pengguna mobil Honda NSX Concept-GT yang di seri sebelumnya terpuruk di baris belakang mulai menunjukkan hasil positif di seri ini, dengan mobil Drago Modulo NSX Concept-GT #15 (tim Drago Modulo Honda Racing) akan start di posisi keenam dengan catatan waktu 1’28.326 pada sesi Q2.

Berikut adalah hasil kualifikasi seri Fuji 500 km untuk kelas GT500.

  1. #12 CALSONIC IMPUL GT-R – 1’27.453
  2. #46 S Road CRAFTSPORTS GT-R – 1’27.687
  3. #38 ZENT CERUMO RC F – 1’27.960
  4. #1 MOTUL AUTECH GT-R – 1’27.973
  5. #39 DENSO KOBELCO SARD RC F – 1’27.996
  6. #15 Drago Modulo NSX CONCEPT-GT – 1’28.326
  7. #24 Forum Engineering ADVAN GT-R – 1’28.538
  8. #100 RAYBRIG NSX CONCEPT-GT – 1’28.736
  9. #37 KeePer TOM’S RC F – 1’28.653
  10. #8 ARTA NSX CONCEPT-GT – 1’28.769
  11. #19 WedsSport ADVAN RC F – 1’28.832
  12. #17 KEIHIN NSX CONCEPT-GT – 1’28.864
  13. #36 au TOM’S RC F – 1’29.061
  14. #64 Epson NSX CONCEPT-GT – 1’29.289
  15. #6 WAKO’S 4CR RC F – 1’32.026

Cetak tebal: Hasil sesi Q2

GT300

ARTA BMW M6 GT3 #55 (sumber gambar: supergt.net)
ARTA BMW M6 GT3 #55 (sumber gambar: supergt.net)

Di sesi Q1, mobil-mobil GT3 berhasil mendominasi peringkat tiga teratas. Mobil ARTA BMW M6 GT3 #55 yang dikemudikan oleh Shinji Takagi berhasil berada di peringkat pertama dengan catatan waktu 1’36.012 detik, kemudian disusul oleh mobil MANEPA LAMBORHINI GT3 #88 (tim JLOC) dengan catatan waktu 1’36.190 detik dan Studie BMW M6 #7 (milik BMW Team Studie) dengan catatan waktu 1’36.399 detik. Mobil EVA RT TEST-01 Rn-S AMG GT3 #111 (tim Rn-Sports) harus tersisih di sesi ini dan berada di peringkat ke-26 dengan catatan waktu 1’38.360

Di sesi Q2, ARTA BMW M6 GT3 #55 yang dikemudikan oleh Takashi Kobayashi berhasil meraih pole position dengan catatan waktu lebih cepat dari sesi sebelumnya, yaitu 1’35.707 detik. Dua mobil JAF-GT berhasil meraih posisi start di baris depan, yaitu VivaC 86 MC #25 (milik VivaC team Tsuchiya) dengan catatan waktu 1’35.961 detik dan TOYOTA PRIUS apr GT #31 (tim apr) dengan catatan waktu 1.36’036 detik. Sementara itu, mobil GOODSMILE HATSUNE MIKU AMG #4 (tim GoodSmile Racing & TeamUKYO) akan memulai lomba dari posisi kesepuluh dengan catatan waktu 1’36.893 detik.

Berikut adalah hasil kualifikasi seri Fuji 500 km untuk kelas GT300.

  1. #55 ARTA BMW M6 GT3 – 1’35.707
  2. #25 VivaC 86 MC – 1’35.961
  3. #31 TOYOTA PRIUS apr GT – 1’36.036
  4. #7 Studie BMW M6 – 1’36.053
  5. #3 B-MAX NDDP GT-R – 1’36.194
  6. #21 Hitotsuyama Audi R8 LMS – 1’36.264
  7. #18 UPGARAGE BANDOH 86 – 1’36.424
  8. #61 SUBARU BRZ R&D SPORT – 1’36.609
  9. #0 GAINER TANAX GT-R – 1’36.618
  10. #4 GOODSMILE HATSUNE MIKU AMG – 1’36.893
  11. #51 JMS LMcorsa 488 GT3 – 1’36.954
  12. #88 MANEPA LAMBORGHINI GT3 – 1’36.994
  13. #26 AUDI R8 LMS – 1’37.839
  14. #2 SYNTIUM Apple LOTUS – 1’38.420
  15. #5 MACH SYAKEN MC86 – 1’37.414
  16. #11 GAINER TANAX AMG GT3 – 1’37.441
  17. #30 TOYOTA PRIUS apr GT – 1’37.541
  18. #65 LEON CVSTOS AMG-GT – 1’37.671
  19. #360 RUNUP Group&DOES GT-R – 1’37.685
  20. #48 DIJON Racing GT-R – 1’37.760
  21. #33 Excellence Porsche – 1’37.935
  22. #108 DIRECTION 108 HURACAN – 1’38.032
  23. #9 GULF NAC PORSCHE 911 – 1’38.046
  24. #87 triple a LAMBORGHINI GT3 – 1’38.071
  25. #50 ODYSSEY SLS – 1’38.156
  26. #111 EVA RT TEST-01 Rn-s AMG GT – 1’38”360
  27. #22 R’Qs SLS AMG GT3 – 1’38.386
  28. #63 DIRECTION 108 HURACAN – 1’38.646
  29. #60 SYNTIUM LMcorsa RC F GT3 – 1’39.150

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.