Sesi kualifikasi seri kedua Super GT yang berlangsung di Sirkuit Internasional Fuji berlangsung kondisi mendung dengan kondisi lintasan yang kering pada Selasa, 3 Mei 2016. Berbeda dengan seri lainnya, rangkaian balapan yang digelar dengan jarak tempuh 500 km ini akan digelar pada hari kerja (Selasa dan Rabu), bertepatan dengan rangkaian hari libur Golden Week di Jepang. Di kelas GT500, tim IMPUL (CALSONIC IMPUL GT-R #12) berhasil meraih pole position, sedangkan tim ARTA (ARTA BMW M6 GT3 #55) akan memulai lomba dari baris depan di kelas GT300.
Baca Juga: Panduan Super GT Musim 2016
GT500
Di sesi kualifikasi pertama (Q1), dua mobil Nissan GT-R, yaitu MOTUL AUTECH GT-R #1 (tim NISMO, dikemudikan oleh Tsugio Matsuda) dan CALSONIC IMPUL GT-R #12 (dikemudikan oleh Hironobu Yasuda) saling bergantian mencatatkan waktu di peringkat pertama. Beberapa saat kemudian, mobil S Road CRAFTSPORTS GT-R #46 (tim MOLA) yang dikemudikan oleh pembalap pendatang baru (rookie) Katsumasa Chiyo berhasil mencatat waktu di peringkat pertama dengan jarak yang cukup jauh dari pesaingnya, yaitu 1’27.366 detik, sekaligus memecahkan rekor waktu putaran sirkuit ini sebelumnya, yaitu 1’27.552 detik.
Di sesi kualifikasi kedua (Q2), mobil CALSONIC IMPUL GT-R #12 yangdikemudikan oleh J.P.L. de Oliveira) berhasil meraih pole position dengan catatan waktu 1’27.453 detik. Sementara itu, mobi S Road CRAFTSPORTS GT-R #46 yang dikemudikan oleh Satoshi Motoyama harus puas berada di posisi kedua dengan catatan waktu 1’27.687 detik, kemudian disusul oleh mobil ZENT CERUMO RC F #38 (milik Lexus Team Zent Cerumo) yang dikemudikan oleh Yuji Tachikawa dengan catatan waktu 1’27.960 detik. Tim pengguna mobil Honda NSX Concept-GT yang di seri sebelumnya terpuruk di baris belakang mulai menunjukkan hasil positif di seri ini, dengan mobil Drago Modulo NSX Concept-GT #15 (tim Drago Modulo Honda Racing) akan start di posisi keenam dengan catatan waktu 1’28.326 pada sesi Q2.
Berikut adalah hasil kualifikasi seri Fuji 500 km untuk kelas GT500.
- #12 CALSONIC IMPUL GT-R – 1’27.453
- #46 S Road CRAFTSPORTS GT-R – 1’27.687
- #38 ZENT CERUMO RC F – 1’27.960
- #1 MOTUL AUTECH GT-R – 1’27.973
- #39 DENSO KOBELCO SARD RC F – 1’27.996
- #15 Drago Modulo NSX CONCEPT-GT – 1’28.326
- #24 Forum Engineering ADVAN GT-R – 1’28.538
- #100 RAYBRIG NSX CONCEPT-GT – 1’28.736
- #37 KeePer TOM’S RC F – 1’28.653
- #8 ARTA NSX CONCEPT-GT – 1’28.769
- #19 WedsSport ADVAN RC F – 1’28.832
- #17 KEIHIN NSX CONCEPT-GT – 1’28.864
- #36 au TOM’S RC F – 1’29.061
- #64 Epson NSX CONCEPT-GT – 1’29.289
- #6 WAKO’S 4CR RC F – 1’32.026
Cetak tebal: Hasil sesi Q2
GT300
Di sesi Q1, mobil-mobil GT3 berhasil mendominasi peringkat tiga teratas. Mobil ARTA BMW M6 GT3 #55 yang dikemudikan oleh Shinji Takagi berhasil berada di peringkat pertama dengan catatan waktu 1’36.012 detik, kemudian disusul oleh mobil MANEPA LAMBORHINI GT3 #88 (tim JLOC) dengan catatan waktu 1’36.190 detik dan Studie BMW M6 #7 (milik BMW Team Studie) dengan catatan waktu 1’36.399 detik. Mobil EVA RT TEST-01 Rn-S AMG GT3 #111 (tim Rn-Sports) harus tersisih di sesi ini dan berada di peringkat ke-26 dengan catatan waktu 1’38.360
Di sesi Q2, ARTA BMW M6 GT3 #55 yang dikemudikan oleh Takashi Kobayashi berhasil meraih pole position dengan catatan waktu lebih cepat dari sesi sebelumnya, yaitu 1’35.707 detik. Dua mobil JAF-GT berhasil meraih posisi start di baris depan, yaitu VivaC 86 MC #25 (milik VivaC team Tsuchiya) dengan catatan waktu 1’35.961 detik dan TOYOTA PRIUS apr GT #31 (tim apr) dengan catatan waktu 1.36’036 detik. Sementara itu, mobil GOODSMILE HATSUNE MIKU AMG #4 (tim GoodSmile Racing & TeamUKYO) akan memulai lomba dari posisi kesepuluh dengan catatan waktu 1’36.893 detik.
Berikut adalah hasil kualifikasi seri Fuji 500 km untuk kelas GT300.
- #55 ARTA BMW M6 GT3 – 1’35.707
- #25 VivaC 86 MC – 1’35.961
- #31 TOYOTA PRIUS apr GT – 1’36.036
- #7 Studie BMW M6 – 1’36.053
- #3 B-MAX NDDP GT-R – 1’36.194
- #21 Hitotsuyama Audi R8 LMS – 1’36.264
- #18 UPGARAGE BANDOH 86 – 1’36.424
- #61 SUBARU BRZ R&D SPORT – 1’36.609
- #0 GAINER TANAX GT-R – 1’36.618
- #4 GOODSMILE HATSUNE MIKU AMG – 1’36.893
- #51 JMS LMcorsa 488 GT3 – 1’36.954
- #88 MANEPA LAMBORGHINI GT3 – 1’36.994
- #26 AUDI R8 LMS – 1’37.839
- #2 SYNTIUM Apple LOTUS – 1’38.420
- #5 MACH SYAKEN MC86 – 1’37.414
- #11 GAINER TANAX AMG GT3 – 1’37.441
- #30 TOYOTA PRIUS apr GT – 1’37.541
- #65 LEON CVSTOS AMG-GT – 1’37.671
- #360 RUNUP Group&DOES GT-R – 1’37.685
- #48 DIJON Racing GT-R – 1’37.760
- #33 Excellence Porsche – 1’37.935
- #108 DIRECTION 108 HURACAN – 1’38.032
- #9 GULF NAC PORSCHE 911 – 1’38.046
- #87 triple a LAMBORGHINI GT3 – 1’38.071
- #50 ODYSSEY SLS – 1’38.156
- #111 EVA RT TEST-01 Rn-s AMG GT – 1’38”360
- #22 R’Qs SLS AMG GT3 – 1’38.386
- #63 DIRECTION 108 HURACAN – 1’38.646
- #60 SYNTIUM LMcorsa RC F GT3 – 1’39.150
KAORI Newsline