Setelah sebelumnya sempat “beristirahat” karena gempa yang mengguncang area Kyushu, layanan kereta api (KA) tidur super mewah Nanatsuboshi milik Kyushu Railway Company (JR Kyushu) akhirnya kembali beroperasi pada Sabtu (7/5) lalu. Namun akibat gempa tersebut, perjalanan KA Nanatsuboshi ini terpaksa dialihkan ke rute yang baru.

Nanatsuboshi in Kyushu (ななつ星in 九州) atau “Seven Stars in Kyushu” yang berarti “7 Bintang di Kyushu” ini merupakan rangkaian KA super mewah yang dilengkapi dengan kamar-kamar layaknya hotel berjalan. Nama KA ini terinsipirasi dari 7 prefektur yang berada di area Kyushu. Selain itu, formasi KA ini terdiri dari 7 kereta dalam satu rangkaiannya. JR Kyushu telah mengoperasikan KA ini sejak Oktober 2013 lalu hingga sekarang. Pengerjaan keseluruhan desain dari kereta ini diawasi oleh salah satu desainer industri yang terkenal di Jepang, Eiji Mitooka yang juga mendesain KA Fujisan View Express yang dioperasikan oleh Fuji Kyuko Company.

Bagian belakang KA Nanatsuboshi | Foto: Tsubame
Bagian belakang KA Nanatsuboshi | Foto: Tsubame

Sebagian dari rute lama yang dilalui oleh KA Nanatsuboshi hingga saat ini belum dapat dilalui karena masih terdapat longsoran tanah yang menimbun jalur rel, serta sejumlah kerusakan lainnya akibat gempa. Kerusakan juga terjadi di sekitar jalur rel yang terletak di regional Aso, Kumamoto Pusat.

Advertisement Inline

Dahulu, hotel berjalan ini selalu berhenti di Stasiun Aso yang terletak di jalur Hohi milik JR Kyushu. Pemberhentian di Stasiun Aso merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh JR Kyushu pada perjalanan KA ini. Di stasiun Aso, penumpang dapat menikmati sarapan di restoran lokal dengan menu-menu yang menggunakan bahan dasar produk lokal daerah tersebut. Setelah sarapan, penumpang melanjutkan tur dengan bis untuk mengelilingi daerah tersebut.

Setelah gempa mengguncang area Kyushu, sejumlah bagian dari jalur Hohi tersapu oleh tanah longsor akibat gempa tersebut. Pihak JR Kyushu hingga kini belum bisa memastikan kapan jalur ini akan dioperasikan kembali. Akibatnya, layanan KA Natsuboshi ini sempat terhenti sementara. Tidak mau kehilangan penumpangnya, JR Kyushu akhirnya berinisiatif untuk membuka rute baru untuk perjalanan KA Nanatsuboshi ini. Sebuah perjalanan satu malam akhirnya mulai dibuka pada Sabtu (7/5) yang membawa para wisatawan menuju kota Yufuin, Prefektur Oita.

Tidak hanya itu, JR Kyushu juga membuka perjalanan 4 hari 3 malam dengan KA ini pada Selasa (10/5) dengan rute baru. Rute baru ini sejatinya tidak jauh berbeda dengan rute lama. Bedanya, KA Nanatsuboshi ini tidak berhenti di stasiun Aso tetapi singgah di Stasiun Kumamoto, lalu melanjutkan perjalanan ke Stasiun Hakata. Pada rute baru ini, KA Nanatsuboshi akan berhenti di Yanagawa, Prefektur Fukuoka dimana penumpang KA wisata ini dapat menikmati tur di daerah tersebut. Sebagai pengganti dari wisata di regional Aso, rute baru ini akan memfokuskan kegiatan wisata pada regional Kagoshima yang terletak di selatan area Kyushu.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.