BAGIKAN
Kereta Fujisan View Express Train | Ilustrasi: Eiji Mitooka

Perusahaan kereta swasta di Jepang, Fujikyuko Co. (Fujikyu), akan meluncuran kereta “Fujisan View Express” terbarunya akhir tahun ini. Peluncuran kereta ekspress terbaru ini merupakan bagian dari proyek peringatan berdirinya perusahaan ini yang ke-90.

Kereta ekspress terbaru ini, merupakan kereta rel listrik (KRL) seri 371 yang dibeli Fujikyu dari JR Central yang nantinya akan menggantikan KRL seri 2000 milik Fujikyu yang akan mengakhiri masa operasinya pada tanggal 7 Februari mendatang.

“Fujisan View Express ini terdiri dari 3 kereta per rangkaiannya. Nantinya kereta ini akan dioperasikan pada bulan April, dan akan beroperasi bersama kereta ekspress Fujikyu lainnya, yaitu seri 8000.” Ujar juru bicara Fujikyu, Hiroko Arai.

Advertisement Inline

“Di dalam kereta tersebut akan disediakan makanan kecil dan juga minuman. Dengan interior bernuansa kayu, kereta ini akan membuat anda sangat relax saat anda berada di dalamnya”

Ilustrasi Interior Fujisan View Express | Ilustrasi: Eiji Mitooka
Ilustrasi Interior Fujisan View Express milik Fujikyu | Ilustrasi: Eiji Mitooka

Kereta Fujisan View Express ini di-desain oleh Eiji Mitooka, salah satu desainer industrial yang terkenal karena hasil desainnya pada kereta JR Kyushu, yaitu Kereta Seven Stars yang ada pada rangkaian Kyushu Luxury Cruise Train, Kyushu Shinkansen seri 800, dan yang terkini adalah kereta wisata yang terdiri dari dua kereta per setnya yang bernama Aru Ressha.

“Mitooka telah bekerja dengan Fuji Tozan Densha milik kita sebelumnya. Stasiun Otsuki, Shimoyoshida dan stasiun Gunung Fuji merupakan hasil karya arsitektural dirinya. Kami putuskan untuk menerima dia kembali, sebagaimana reaksi publik sangat-sangat positif atas desainnya.” Jelas Arai.

Mitooka mengatakan bahwa kereta Fujisan View Express ini akan menjadi kereta mewah yang spesial untuk penumpang yang ingin melihat secara dekat salah satu warisan Dunia, yaitu Gunung Fuji.

Ilustrasi Interior dari kereta depan Fujisan View Express | Ilustrasi: Eiji Mitooka
Ilustrasi Interior dari kereta depan Fujisan View Express | Ilustrasi: Eiji Mitooka

Kereta ini akan mengawali perjalanannya dari stasiun Otsuki dan mengakhiri perjalanannya di stasiun Kawaguchiko, yang mana memakan waktu 45 menit perjalanan, dan hanya singgah di stasiun Tsurubunkan Daigaku Mae, Gunung Fuji, dan Fuji-Q Highland. Penumpang harus membayar biaya tambahan hingga ¥ 300 di atas tarif kereta reguler.

Kereta Fujisan Express milik Fujikyu ini telah mengangkut sebanyak 3.37 Juta penumpang di tahun 2015. Fujikyu berharap di tahun 2016 akan meningkat sejalan dengan dioperasikannya kereta Fujisan View Express ini.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.