BAGIKAN

Perhelatan festival Jepang tahunan Ennichisai Blok M kembali hadir pada tahun ini. Diselenggarakan pada tanggal 14-15 Mei 2016, acara yang diselenggarakan di tahun ke-7 ini mengambil tema Miracle: The Power of Love. Seperti tahun-tahun sebelumnya, festival Ennichisai ini menghadirkan nuansa Jepang di wilayah Blok M, Jakarta Selatan. Berbagai atraksi hiburan serta festival kebudayaan tradisional asal Jepang mewarnai jalan pada hari tersebut. Tidak hanya kebudayaan tradisional saja, budaya pop seperti cosplay pun semakin menambah semarak dari festival ini.

Selama dua hari banyak para antusias budaya populer Jepang yang hadir di Ennichisai sambil mengenakan kostum. Beberapa dari mereka ada yang mengenakan kostum sederhana seperti cosplay karakter yang mengenakan pakaian seragam sekolah seperti Love-Live! School Idol Project. Ada juga beberapa cosplayer yang mengenakan kostum rumit dan juga properti senjata yang tampil memukau. Pada perhelatan tersebut juga terdapat area Pop Stage dimana diselenggarakan kompetisi cosplay Clas:h serta ICGP. Namun diantara banyaknya cosplayer tersebut, ada satu cosplayer yang cukup menarik perhatian pada hari Minggu, 15 Mei 2016.

Jika pada hari itu banyak sekali cosplayer yang mengenakan kostum dari berbagai seri anime dan komik asal Jepang maupun karakter superhero Amerika, namun ada cosplayer yang tampil cukup beda. Ditengah-tengah warna-warni wig yang mewarnai Ennichisai 2016, ada cosplayer yang membawa barbe dengan menunjukkan otot lengan yang menarik perhatian. Alih-alih cosplay sebagai karakter dari Fist of The North Star ataupun JoJo’s Bizzare Adventure, cosplayer ini justru tampil bagaikan penyanyi Agung Hercules.

IMG_20160515_140627

Di tengah kerumunan pengunjung yang hadir pada siang hari yang terik tersebut, tim liputan lapangan KAORI melihat sosok cosplayer Agung Hercules tersebut. Saat dihampiri ia tengah berfoto dengan cosplayer wanita. Dengan kaos yang menunjukkan otot lengan serta tatanan wig yang terlihat bagaikan penyanyi pelantun tembang Astuti ini, cosplayer ini seakan menjadi pusat perhatian tersendiri.

Adalah Taufan Iqbal, cosplayer asal Jakarta yang hadir di Ennichisai 2016 sambil berkostum bagaikan Agung Hercules tersebut. Taufan sendiri cukup takjub begitu mengetahui banyak sekali orang-orang yang mengira dirinya adalah Agung Hercules. “Padahal ini wig cukup berantakan dan tidak terlihat bagaikan Agung Hercules, kok masih banyak yang mengenalinya ya” ujar Taufan saat dihampiri oleh tim KAORI.

Kostum ala penyanyi yang terkenal dengan kata-kata “Tidak Goyang Barbel Melayang!” ini sudah disiapkan sejak satu minggu sebelumnya oleh Taufan.  Untuk membuat kostum ini kebetulan ada salah satu teman baiknya yang dengan ikhlas memberikan wig untuk ia kenakan. Sementara untuk properti lain berupa barbel memang sudah Taufan miliki sejak lama.

Meskipun hanya dipersiapkan selama satu minggu, namun bagi Taufan ber-cosplay sebagai Agung Hercules adalah proses yang panjang. Selain menyiapkan wig, barbel, dan juga busana, ber-cosplay sebagai penyanyi dengan suara melengking ini juga memerlukan tubuh yang sesuai agar terlihat mirip. Taufan sendiri mengaku bahwa untuk membentuk otot lengan dan postur tubuhnya hingga bisa cosplay ini memakan waktu sekitar 4 tahunan. Ia mengaku sudah rajin berlatih, mengikuti fitness dan juga olahraga sejak tahun 2012 lalu.

Alasan Taufan untuk ber-cosplay sebagai Agung Hercules juga cukup unik. “Sebenarnya dulu saya pernah cosplay sebagai Claire Redfield dari Resident Evil, namun waktu itu orang-orang justru mengira saya sedang cosplay sebagai Agung Hercules, mungkin karena faktor wig dan postur tubuh juga. Maka dari itu saya akhirnya mencoba untuk cosplay jadi Agung Hercules beneran deh.” Ujar Taufan saat diwawancarai oleh KAORI. Taufan juga menambahkan bahwa baginya, prinsip dalam cosplay itu lebih nyaman mengenakan sesuatu yang simple supaya bisa bebas bergerak. Selain itu ia mengakui bahwa dirinya memang sangat ingin cosplay sekaligus “impersonating” artis lokal favoritnya.

Saat Taufan mengenakan kostum Agung Hercules di Ennichisai, ia mendapat beragam reaksi. Menurut penuturannya, disaat itu ada pengunjung yang tertawa melihatnya ber-cosplay sebagai Agung Hercules, ada juga yang terkaget-kaget. Bahkan sempat ada salah satu wanita asal Jepang yang mengunjungi Ennichisai bengong dan tidak bisa berkata apa-apa saat melihat Taufan cosplay sambil membawa barbel tersebut.

Taufan juga berniat untuk kembali cosplay sebagai Agung Hercules di event lain setelah Ennichisai ini. Menurutnya ia mungkin akan segera cosplay sebagai penyanyi dangdut berbadan besar ini kembali dalam event di Jakarta yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

KAORI Newsline | Teks dan Foto oleh Rafly N.