(Visual Art's/Key)

Perusahaan penerjemah novel visual, Sekai Project, kembali merilis novel visual berjudul Clannad Side Stories di Steam. Novel visual tersebut menghadirkan berbagai cerita sampingan dari berbagai karakter dari seri Clannad (versi bahasa Inggrisnya telah dirilis pada bulan November tahun lalu). Perilisan novel visual tersebut merupakan salah satu bagian dari target tambahan (stretch goal) yang tercapai melalui kampanye penggalangan dana proyek penerjemahan Clannad yang dilakukan di situs Kickstarter.

Clannad Side Stories (atau berjudul Clannad: Hikari Mimamoru Sakamichi de) pertama kali dirilis dalam format CD drama pada tahun 2007. Judul tersebut kemudian hadir dalam format novel visual bersamaan dengan perilisan Clannad di PSP pada tahun 2008, lalu dirilis sebagai DLC untuk versi PS3-nya pada tahun 2011. Untuk versi PC, pihak Sekai Project telah melakukan penyesuaian terhadap berbagai ilustrasi dan CG di dalam novel visual ini agar sesuai dengan resolusi PC.

(Visual Art's/Key)
(Visual Art’s/Key)

Clannad merupakan judul novel visual yang diproduksi oleh Visual Art’s/Key. Pertama kali dirilis pada tahun 2004 silam, novel visual ini menceritakan Tomoya Okazaki, seorang siswa nakal dari SMA Hikarizaka yang kehilangan ibunya akibat kecelakaan. Suatu hari, Okazaki bertemu dengan Nagisa Furukawa, seorang siswi yang terpaksa tidak naik kelas akibat sakit yang dideritanya. Akibat pertemuan tersebut, Okazaki pun memutuskan berteman dengan Nagisa dan membantunya untuk membuat klub drama. Pertemuan tersebut bagaikan takdir, yang membawa Okazaki untuk menemui berbagai hal baru dalam kehidupannya.

Advertisement Inline

Novel visual yang ceritanya ditulis oleh Jun Maeda tersebut telah diadaptasi menjadi seri anime dan film. Selain itu, Clannad juga mendapatkan novel visual spin-off yang berjudul Tomoyo After yang pertama kali dirilis pada 2007. Melalui laman Steam Greenlight dari novel visual tersebut, versi bahasa Inggrisnya direncanakan akan dirilis pada musim panas tahun ini.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.