Ulasan Film: King of Prism by Pretty Rhythm

0

Tak bisa dipungkiri bahwa franchise bertema idola sedang naik daun. Dari idola wanita yang ditujukan untuk pria seperti Love Live! Atau Idolm@ster, sampai idola pria yang ditujukan untuk wanita seperti Ensemble Stars dan Uta no Prince-sama.

King of Prism sendiri merupakan salah satu diantara franchise idola dengan karakter pria yang ditujukan untuk wanita, yang juga merupakan sebagai spin-off dari seri idola tahun 2000-an yang menggabungkan konsep idola dan ice skating, yaitu Pretty Rhythm. Meski film ini tak begitu terdengar di dunia internasional, di Jepang film karya studio Tatsunoko Production yang berdurasi 1 jam ini laku keras dan bahkan memiliki versi 4D.

KING OF PRISM by Pretty Rhythm [BD-720p][727462DF].mkv_snapshot_50.32_[2016.06.21_19.35.48]

Alkisah, meski secara keseluruhan Pretty Rhythm sudah berganti konsep menjadi PriPara, para staff Pretty Rhythm ingin sekali membuat kelanjutan kisah Pretty Rhythm. Karena itu King of Prism pun lahir. Bertempat di dunia yang sama dengan seri Pretty Rhythm: Rainbow Live, sangat disarankan menonton seri tersebut terlebih dahulu, meski masih bisa dinikmati tanpa harus menonton Rainbow Live, jika anda kuat.

Advertisement Inline

Lho? ‘Jika anda kuat?’? Sebelumnya, saya jelaskan dulu. Pretty Rhythm pada hakikatnya adalah seri animasi yang ditujukan untuk anak perempuan muda. Sejenis dengan penerusnya Pripara, atau pesaingnya Aikatsu. Nah, King of Prism sendiri sebagai spinoff Pretty Rhythm dengan karakter pria…

KING OF PRISM by Pretty Rhythm [BD-720p][727462DF].mkv_snapshot_02.25_[2016.06.21_19.30.28]

….tidak memiliki perbedaan signifikan secara cerita dan konsep dengan seri Pretty Rhythm pada umumnya, bahkan dalam Prism Jump nya yang feminin sekalipun tidak terlalu diganti dari Pretty Rhythm. Oke, anda siap sekarang?

KING OF PRISM by Pretty Rhythm [BD-720p][727462DF].mkv_snapshot_05.23_[2016.06.21_19.31.01]

Kisah King of Prism sendiri diawali dengan protagonis kita, Shin Ichijou, menonton pertunjukan Prism Show, yaitu gabungan antar figure skating dan tarian idola. Shin terpesona pada pertunjukan yang diselenggarakan grup idola pria terkenal— Over the Rainbow tersebut, dan ia pun bertekad untuk memasuki sekolah Prism Show tempat Over the Rainbow berada, Edel Rose.

KING OF PRISM by Pretty Rhythm [BD-720p][727462DF].mkv_snapshot_22.06_[2016.06.21_20.06.13]

Ia bukanlah satu-satunya yang tergerak karena pertunjukan mereka, ada pula Kakeru, Yukinojou, Leo, Taiga, Yuu dan Minato yang merupakan calon Prism Star di Edel Rose. Ada pula Luis, pemuda misterius yang menjadi alasan kenapa Shin menonton pertunjukan Prism Show pada malam itu.

Namun ternyata, setelah Shin masuk Edel Rose dan bahkan bertemu dan dipuji ketiga senior idolanya dari Over the Rainbow— Kouji, Hiro dan Kazuki— Edel Rose masih saja ditimpa masalah.

KING OF PRISM by Pretty Rhythm [BD-720p][727462DF].mkv_snapshot_33.41_[2016.06.21_20.05.01]

Akan menjadi spoiler jika menjabarkan keseluruhannya, namun bisa dikatakan bahwa keadaan di Edel Rose tidak begitu stabil semenjak turunnya pimpinan yang sebelumnya. Selain itu, muncul sekolah saingan bernama Schwarz Rose, dan dari masalah internal, Over the Rainbow terancam bubar perlahan.

Secara susunan plot, King of Prism cukup membuat bingung. Flash back muncul di mana-mana, beberapa juga memerlukan pengetahuan seri Pretty Rhythm: Rainbow Live. Susunan cerita pada awal film juga cukup diacak, dan kisah berlangsung sangat cepat dengan bolong di mana-mana. Meski staffnya sendiri mengungkapkan bahwa mereka bekerja dengan sumber daya secukupnya, itu seharusnya bukan menjadi halangan untuk menyusun cerita dengan lebih baik.

Karena King of Prism memiliki referensi pada kisah Rainbow Live sebelumnya, agak membingunkan bagi yang sebelumnya belum pernah mengikuti seri Pretty Rhythm. Mungkin jika niatan penonton hanya ingin melihat cowok-cowok bishounen melakukan Prism Jump, masih bisa dinikmati. Namun tetap saja membingungkan tanpa pengetahuan terhadap kisah Pretty Rhythm.

KING OF PRISM by Pretty Rhythm [BD-720p][727462DF].mkv_snapshot_25.09_[2016.06.21_20.05.12]

Meski basis King of Prism adalah seri anak anak, King of Prism juga memiliki adegan fanservice yang jelas ditujukan untuk remaja wanita, dengan seringnya muncul adegan karakter-karakter yang topless. Dengan segala fanservice tersebut, saya berpendapat bagi King of Prism benar-benar ditujukan untuk gadis-gadis yang tumbuh dewasa dengan Pretty Rhythm.

KING OF PRISM by Pretty Rhythm [BD-720p][727462DF].mkv_snapshot_03.08_[2016.06.21_20.07.43]

Beberapa nilai plus dari film ini adalah di bagian suara dan visual. Musik di King of Prism sangat apik, lagu-lagunya juga sangat mudah dinikmati. Secara pengisian suara, semua karakter diisi dengan bagus dan khas, meski banyak diantara seiyuunya masih merupakan seiyuu baru.

Lalu secara visual, seri ini bisa cukup dinikmati dengan unsur bishounen yang cerah untuk cuci mata, meski ceritanya sungguh sangat sulit untuk dipikirkan secara serius. Malah, lebih baik jika tidak dipikirkan dengan serius dan hanya dibawa lucu dan senang saja.

KING OF PRISM by Pretty Rhythm [BD-720p][727462DF].mkv_snapshot_51.24_[2016.06.21_20.05.46]

Bagi penggemar Pretty Rhythm, film ini bisa menjadi pengisi relung hati semenjak Pretty Rhythm berganti total menjadi Pripara. Secara kisah dan visual, terpancar jelas bahwa ini adalah satu bagian dari kisah Pretty Rhythm, dengan Prism Jump yang terkesan centil, lebay, namun penuh warna. Benar-benar ‘obat kangen’ yang ampuh bagi penggemar Pretty Rhythm.

Ya, dapat sangat terasa jiwa Pretty Rhythm yang penuh warna dan menyenangkan tanpa harus banyak berpikir mengenai logis tidaknya tiap adegannya. Bahkan, sangat disarankan untuk tidak memikirkan film ini dengan serius.  Bisa dipahami mengapa King of Prism sangatlah laku di Jepang dengan segala keanehannya, dapat terasa cinta yang dituangkan kreatornya terhadap dunia Prism.

KING OF PRISM by Pretty Rhythm [BD-720p][727462DF].mkv_snapshot_52.14_[2016.06.21_20.06.00]

Secara ringkas, film ini memiliki banyak sekali kekurangan. Meskipun memiliki banyak kekurangan, King of Prism tetaplah film yang menyenangkan dan dibuat dengan penuh cinta. Bagi penggemar wanita yang sangat menyukai Pretty Rhythm, pasti dapat menikmati film ini. Bahkan penggemar pria yang menyukai Pretty Rhythm pun mungkin dapat mencari kameo-kameo kecil dari karakter wanita dari Rainbow Live dan menikmatinya, asalkan jangan terlalu dibawa serius.

KAORI Nusantara | Ulasan oleh Aya Yuuhi yang ngibrit nyari obat pusing setelah ngikik nonton King of Prism

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.