BAGIKAN

KAORI Nusantara, pelopor jurnalisme anime di Indonesia terus setia mengabdi ditengah dinamika yang terjadi selama lebih dari delapan tahun. Berdiri sejak tahun 2008, KAORI terus menyajikan berbagai berita seputar anime, manga, industri kreatif, dan perkeretaapian dari sudut pandang berbeda. Memasuki tahun ke-sembilan ini, KAORI Nusantara mempersembahkan sesuatu yang baru, sebuah perhelatan budaya populer yang bertajuk Road to KAORI Expo.

Didukung oleh Plaza Blok M serta WCS Indonesia, Road to KAORI Expo akan diselenggarakan pada tanggal 6-7 Agustus 2016 yang bertempat di lantai 6 Plaza Blok M, Jakarta Selatan. Acara ini akan menggabungkan konsep hiburan, komunitas, serta edukasi dalam sebuah perhelatan budaya populer. Road to KAORI Expo juga akan menjadi acara budaya populer anime pertama di Indonesia yang akan menghadirkan diskusi panel. Tidak hanya diskusi saja, dalam acara ini juga akan diadakan berbagai lomba, kontes dan menghadirkan berbagai kegiatan kreatif dari komunitas.

Menghadirkan Sebuah Diskusi Panel dalam Festival Budaya Populer

Berpengalaman dalam mengadakan diskusi semi-ilmiah Forum Anime Indonesia, KAORI Nusantara akan menjadi yang pertama menghadirkan format acara diskusi panel dalam sebuah perhelatan budaya populer anime di Indonesia. Diskusi panel ini akan diselenggarakan selama dua hari Road to KAORI Expo berlangsung. Pada diskusi interaktif ini akan dibahas berbagai topik seputar kebudayaan anime dan otaku di Indonesia.

Forum Anime Indonesia yang membahas mengenai Geliat Cosplay Indonesia pada perhelatan BIJAC no Tanjoiwai 2016.
Forum Anime Indonesia yang membahas mengenai Geliat Cosplay Indonesia pada perhelatan BIJAC no Tanjoiwai 2016.

fai 2

Diskusi ini akan digelar secara terbuka bagi siapapun yang ingin berpartisipasi. KAORI Nusantara membuka kesempatan kepada siapapun yang ingin menjadi panelis dalam diskusi panel ini. Pengunjung juga bisa mengikuti diskusi interaktif ini secara gratis tanpa dipungut biaya tambahan.

Diramaikan Berbagai Perlombaan

Dalam Road to KAORI Expo ini juga akan diselenggarakan berbagai macam perlombaan. Untuk para cosplayer kami akan menggelar kompetisi cosplay grup. Pada kompetisi ini para peserta akan bertanding dalam satu grup yang beranggotakan 2-5 orang. Selain kompetisi cosplay secara grup, Road to KAORI Expo juga akan diadakan pula sebuah kompetisi cosplay individu.

Tidak hanya kompetisi di bidang cosplay saja, acara ini juga akan menghadirkan berbagai kompetisi lain. Untuk kaorin yang hobi menyanyi, pada acara ini akan diselenggarakan juga Karaoke Contest. Bagi yang memiliki talenta dan minat dalam dunia sulih suara, kami juga akan mengadakan sebuah Seiyuu Contest.

Berbagai perlombaan yang ada di Road to KAORI Expo ini terbuka bagi siapapun. Seluruh pendaftaran lomba tersebut tidak akan dikenakan biaya apapun. Informasi lebih lanjut mengenai masing-masing lomba ini akan diumumkan segera.

Nonton Bareng World Cosplay Summit 2016

Road to KAORI Expo diselenggarakan pada tanggal 6-7 Agustus 2016. Pada tanggal tersebut juga bertepatan dengan gelaran kontes cosplay internasional World Cosplay Summit 2016. Tahun 2016 ini, format kompetisi World Cosplay Summit berubah total dengan adanya video background sebagai pelengkap dari penampilan tiap kontestan. Dengan 30 peserta yang ikut serta, akan ada 2 sesi kompetisi yaitu Penyisihan 15 besar dan final World Cosplay Summit.

Bertepatan dengan itu Road to KAORI Expo akan mengadakan nonton bareng ajang World Cosplay Summit 2016 melalui live stream di jaringan Nico Nico. Acara nonton bareng live stream ini akan menjadi sebuah live stream resmi dimana nantinya panggung Road to KAORI Expo akan saling terhubung dan disiarkan juga di panggung utama World Cosplay Summit di Jepang.

0566 team crusnik

Nonton bareng ini akan diselenggarakan selama dua hari mengikuti jadwal perlombaan dari World Cosplay Summit. Dengan diadakannya nonton bareng ini juga bisa menjadi ajang untuk mendukung cosplayer asal Indonesia yang menjadi perwakilan untuk bertanding mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Indonesia di tahun ke-5 keikutsertaannya di World Cosplay Summit akan mengirimkan Rian Cyd dan Frea Mai dari Jakarta dengan timnya CRUSNIX. Mereka akan berangkat dari tanggal 29 Juli nanti dan membawakan serial Trinity Blood. Apakah mereka akan meraih yang terbaik seperti perwakilan-perwakilan sebelumnya? Yuk, kita support mereka dengan nonton bareng di Road to KAORI Expo, 6-7 Agustus nanti. Kita berdoa demi kesuksesan mereka disana.

Berkreasi Bersama dalam Creative Alley

Sebagai media yang bergerak dalam bidang industri kreatif, Road to KAORI Expo juga tak lupa menghadirkan unsur kreatif dalam acara ini. Pada acara ini akan dihadirkan sebuah area bernama Creative Alley. Dalam Creative Alley ini kami akan menyediakan berbagai booth bagi para komunitas dan lingkar kreatif untuk menujukkan hasil karyanya kepada para pengunjung. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran booth untuk Creative Alley ini akan diumumkan segera.

Road to KAORI Expo Poster Early Promotion

Road to KAORI Expo juga membuka kesempatan bagi berbagai pihak untuk ikut turut serta berpartisipasi dalam acara ini. Bagi perusahaan maupun pihak lain yang ingin berkesempatan untuk mensponsori Road to KAORI Expo bisa menghubungi penyelenggara melalui surel yang terlampir pada proposal berikut ini. Bagi media yang ingin berpartisipasi menjadi media partner pada acara ini juga dapat menghubungi penyelenggara melalui alamat berikut ini.

Tentang KAORI Nusantara

KAORI Nusantara (Komunitas Anime Otaku Rakyat Indonesia) adalah situs pertama di Indonesia dengan konsep komunitas dan media tentang industri kreatif yang terintegrasi.

Berlokasi di www.kaorinusantara.or.id, KAORI berpengalaman selama 8 tahun dalam memanajemen salah satu komunitas anime (kartun Jepang) terdinamis dengan jangkauan nasional dalam salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi terdinamis di dunia.

KAORI bertekad untuk menjadi penyedia informasi terbaik yang berkualitas dan terpercaya dalam bidang anime dan industri kreatif Indonesia.

KAORI didirikan pada 28 Mei 2008, saat itu dengan fokus memberikan perkembangan terkini seputar anime di Indonesia, sebuah ranah yang tidak pernah dirambah komunitas apapun di Indonesia saat itu. Pada 22 Desember 2008, KAORI forum didirikan untuk mewadahi para penggemar dan pemerhati kebudayaan anime di Indonesia yang menginginkan sebuah komunitas yang unik, berbeda, kritis, dan lebih ramah daripada komunitas anime besar lain di Indonesia yang sudah ada sebelumnya selama ini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Road to KAORI Expo bisa menghubungi:

Zhuge Kamiya: zhugekamiya@gmail.com
Rafly Nugroho: frozenravly@kaorinusantara.or.id
Kevin Wilyan: newsline@kaorinusantara.or.id

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.