Indonesia Kembali Berjaya pada Silent Manga Audition 2016

0

Beberapa insan kreatif Indonesia kembali mengikuti lomba manga semi-annual internasional yang dibuka pada 10 Oktober 2015 silam. Beberapa waktu lalu, ajang perlombaan Silent Manga Audition ini telah merilis hasil akhir dari lomba tersebut. Prestasi yang membanggakan ditorehkan oleh para insan kreatif ini karena Indonesia berhasil meraup 9 dari 25 Award yang pada Silent Manga Audition (disingkat SMA) 2016.

SMA05_Parts_Header

Dari 25 penghargaan yang dianugerahkan, 9 diantaranya berhasil disabet oleh komikus-komikus yang berasal dari Indonesia. Penghargaan Tertinggi SMA, yaitu Grand Prix berhasil diraih oleh DS Studio yang berasal dari Indonesia dengan karyanya yang berjudul “I’m Happy”. DS Studio sendiri telah mengikuti SMA sejak Round 3 dan telah mengirimkan 12 karyanya

Print SMA04_Parts_b2

Komikus indonesia dengan nama CHESS telah berhasil meraih penghargaan Grand Prix Runner Up dengan karyanya yang berjudul Trails In the Snow. Karya ini berhasil duduk disamping komik garapan komikus Italia dan Vietnam yang meraih penghargaan yang sama.

Print SMA04_Parts_b2

Untuk penghargaan selanjutnya, yaitu The Excellence Award, Komikus Indonesia berhasil meraih tiga dari enam penghargaan yang ada. Karya yang berhasil meraih penghargaan tersebut adalah Socks Puppet karya MEAW, Distance oleh ariel duyung dan VWXYZ oleh TFQR. Tiga penerima penghargaan lainnya berasal dari Rusia, Amerika Serikat dan Brazil.

Print SMA04_Parts_b2 SMA04_Parts_b2 SMA04_Parts_b2

Untuk Runner up penghargaan The Excellence, dari sepuluh komikus ada empat komikus Indonesia yang berhasil meraih penghargaan tersebut. Empat komikus dan karyanya yang berhasil meraih penghargaan ini adalah Futari no Kizuna dengan Peace and Love’s Prayer, Pihu Ana dengan Across the Line, ombobon dengan Owl Express Delivery dan Kharisma Jati dengan Warmth. Enam komikus lainnya yang juga berhasil meraih penghargaan ini berasal dari  Turki, Spanyol, Malaysia, Rusia dan 2 komikus Italia.

Print SMA04_Parts_b2 SMA04_Parts_b2 SMA04_Parts_b2 SMA04_Parts_b2

Pada penghargaan Honorable Mention, sayangnya dari lima karya yang terpilih, tidak ada karya komikus indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut. Lima komikus yang berhasil meraih penghargaan ini berasal dari Rusia, Italia dan tiga orang komikus Brazil.

Pada kolom Award Nominee dari 21 karya yang menjadi nominasi penghargaan SMA ada 6 entri yang berasal dari Indonesia. Berikut dibawah ini adalah karya yang berhasil menjadi nominee di SMA Round 5:

Print SMA05_Parts2_a SMA05_Parts2_a SMA05_Parts2_a SMA05_Parts2_a SMA05_Parts2_a

Untuk membaca seluruh karya yang berhasil mendapatkan penghargaan, anda dapat mengunjungi laman Silent Manga Audition pada tautan berikut ini. Selamat untuk seluruh penerima penghargaan Silent Manga Audition 2015!

Silent Manga Audition adalah lomba menggambar manga semiannual internasional yang diselenggarakan oleh Coamix corp dari Jepang. Tujuan dari lomba ini adalah untuk menemukan dan mendukung komikus potensial dari seluruh dunia. sejauh ini SMA(singkatan untuk Silent Manga Audition) adalah lomba terbesar di bidangnya. SMA menerima lebih dari 28,000 halaman manga dari 94 negara di dunia.

SMA sendiri termasuk lomba yang cukup unik karena para pesertanya harus menuangkan ide ceritanya tanpa menggunakan dialog. Seluruh peserta diwajibkan untuk menyampaikan ceritanya dengan kekuatan gambarnya. Pada SMA Round 5 yang dimulai pada Oktober 2015 silam, mereka meneria 603 entri dari 62 negara selama masa penerimaan yang berjalan selama 6 bulan.

KAORI Newsline

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.