Hasil Super GT 2016 Seri Kelima: Calsonic GT-R (GT500) dan ARTA BMW (GT300) Jadi Jawara

    0

    Seri kelima ajang balap Super GT musim 2016 telah berlangsung di Sirkuit Internasional Fuji (panjang 4,536 km) pada tanggal 7 Agustus 2016. Menempuh jarak sepanjang 300 km (atau 66 putaran) serta di bawah kondisi suhu yang begitu panas, CALSONIC IMPUL GT-R #12 milik tim IMPUL (dikemudikan oleh Hironobu Yasuda dan J.P.L. de Oliveira) dan ARTA BMW M6 GT3 #55 milik tim ARTA (dikemudikan oleh Shinichi Takagi dan Takashi Kobayashi) masing-masing berhasil menjadi juara di kelas GT500 dan GT300. Sama-sama merebut pole position di kelas masing-masing, dua tim tersebut meraih kemenangan perdana di musim ini.

    Seri Super GT 2016 selanjutnya akan diadakan pada tanggal 28 Agustus 2016. Berlangsung di Sirkuit Suzuka, seri ini akan menjadi balapan terpanjang dengan jarak tempuh 1000 km.

    Cuplikan balapan seri kelima Super GT 2016 di Sirkuit International Fuji dapat disaksikan melalui video berikut.

    Balapan Super GT 2016 seri kelima dapat disaksikan kembali melalui video di bawah ini (dengan komentar berbahasa Inggris oleh tim Radio Le Mans dan NISMO TV).

    https://www.youtube.com/watch?v=bestw7jRs8A

    Baca Juga: Inilah Hasil Kualifikasi Seri Kelima Super GT 2016

    GT500

    CALSONIC IMPUL GT-R #12 (sumber: supergt.net)
    CALSONIC IMPUL GT-R #12 (sumber: supergt.net)

    Selepas start, mobil-mobil yang berada di posisi terdepan langsung melesat meninggalkan para pesaingnya. Meskipun begitu, pada 10 putaran awal terdapat empat mobil yang harus kembali ke garasi karena mengalami masalah teknis, yaitu Drago Modulu NSX CONCEPT-GT #15, Epson NSX CONCEPT-GT #64, KeePer TOM’S RC F #37, dan Forum Engineering GT-R #24.

    CALSONIC GT-R (dikemudikan oleh Joao Paolo Lima de Oliveira) yang tampil dominan pada awal lomba berhasil disusul oleh S Road CRAFTSPORTS GT-R #46 (dikemudikan oleh Satoshi Motoyama). Sementara itu, sang pemimpin klasemen MOTUL AUTECH GT-R #1 (dikemudikan oleh Ronnie Quintarelli) yang membawa weight handicap sebesar 84 kg berada di posisi ketiga. Tak dapat mengejar kedua pesaingnya di peringkat teratas, mobil tersebut perlahan dikuntit oleh dua mobil Honda, yaitu KEIHIN NSX CONCEPT-GT #17 (dikemudikan oleh Takashi Kogure) dan RAYBRIG NSX CONCEPT-GT #100 (dikemudikan oleh Naoki Yamamoto).

    Keunggulan jarak yang berhasil dibuat oleh CALSONIC GT-R (sebesar 10 detik) harus sirna karena periode safety car pada putaran ke-19. Periode tersebut disebabkan oleh insiden yang menimpa salah satu mobil kelas GT300, yaitu R’Qs SLS AMG GT3 #22. Mobil tersebut sebelumnya bersenggolan dengan mobil dari kelas yang sama (GULF NAC PORSCHE #9) di tikungan pertama (TGR), kemudian kap mobil tersebut terlepas di tengah lintasan.

    Balapan pun dimulai ulang pada putaran ke-25 dan berbagai tim mulai melakukan pit-stop beberapa putaran kemudian. S Road GT-R yang berada di posisi kedua masuk ke pit pada putaran ke-32, sedangkan CALSONIC GT-R dan MOTUL GT-R yang berada di posisi pertama melakukan pit stop di putaran selanjutnya. Terlalu lama melakukan pit, MOTUL GT-R harus terlempar ke posisi kelima.

    Nasib kurang baik menimpa S Road GT-R pada dua putaran selanjutnya. Mobil yang kini dikemudikan oleh Katsumasa Chiyo kehilangan kendali ketika memasuki tikungan TGR dan menabrak dinding pembatas dengan cukup keras. Beruntung, sang pengemudi tidak mengalami cedera yang berarti. KEIHIN NSX (dikemudikan oleh Koudai Tsukakoshi) dan RAYBRIG NSX (dikemudikan oleh Takuya Izawa) yang sebelumnya berada di belakangnya pun naik ke posisi kedua dan ketiga.

    Aksi kejar-mengejar antara RAYBRIG NSX #100 dan KEIHIN NSX #17 (sumber: Takashi Ogasawara/as-web.jp)
    Aksi kejar-mengejar antara RAYBRIG NSX #100 dan KEIHIN NSX #17 (sumber: Takashi Ogasawara/as-web.jp)

    Beberapa putaran selanjutnya, terjadi duel antara KEIHIN dan RAYBRIG NSX. Tsukakaoshi dan Izawa saling menampilkan aksi adu salip untuk memperebutkan posisi kedua. Tsukakaoshi pun akhirnya dapat menjauh pada putaran ke-51 setelah berhasil menyalip Izawa di tikungan TGR. Sementara itu, MOTUL GT-R yang menguntit dibelakangnya tidak dapat memotong jarak lebih jauh dengan kedua mobil tersebut. Posisi tersebut tidak berubah hingga finish.

    Setelah tampil begitu dominan selama 66 putaran, CALSONIC GT-R yang kini dikemudikan oleh Hironobu Yasuda berhasil meraih kemenangan dengan jarak yang begitu lebar, 25 detik. Hasil tersebut merupakan kemenangan perdana tim IMPUL di musim 2016 serta menebus kegagalan yang didapat tim ini pada balapan seri kedua yang berlangsung di sirkuit yang sama. Hal yang sama juga diperoleh pabrikan Honda melalui dua mobilnya, KEIHIN dan RAYBRIG NSX. Pabrikan tersebut akhirnya berhasil meraih podium perdana di musim ini setelah di seri-seri sebelumnya selalu meraih hasil yang kurang memuaskan.

    (sumber: supergt.net)
    (sumber: supergt.net)

    Berikut adalah hasil lengkap balapan seri kelima Super GT 2016 kelas GT500.

    1. #12 CALSONIC IMPUL GT-R – 1:51’53.223 (66 putaran)
    2. #17 KEIHIN NSX CONCEPT-GT – +25.424
    3. #100 RAYBRIG NSX CONCEPT-GT – +28.650
    4. #1 MOTUL AUTECH GT-R – +28.940
    5. #36 au TOM’S RC F – +30.831
    6. #8 ARTA NSX CONCEPT-GT – +36.730
    7. #38 ZENT CERUMO RC F – +45.837
    8. #39 DENSO KOBELCO SARD RC F – +49.017
    9. #6 WAKO’S 4CR RC F – +55.310
    10. #19 WedsSport ADVAN RC F – +1’33.221
    11. #64 Epson NSX CONCEPT-GT – +2 Putaran
    12. #37 KeePer TOM’S RC F – +7 Putaran
    13. [DNF] #46 S Road CRAFTSPORTS GT-R – +32 Putaran
    14. [DNF] #24 Forum Engineering ADVAN GT-R – +55 Putaran
    15. [DNF] #15 Drago Modulo NSX CONCEPT-GT – +56 Putaran

    Ulasan kelas GT300 bersambung ke halaman kedua.

    Tinggalkan komentar Anda

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses