Selamat datang dalam desain baru KAORI Newsline. Bila Anda selama ini mengakses Newsline secara rutin sejak 2008, mungkin akan merasakan banyak perubahan (yang mungkin terlihat radikal) dari masa ke masa. Bila ini awal Anda mulai mengakses KAORI Newsline, selamat datang! Lalu bila Anda mulai mengakses Newsline sejak revitalisasi Newsline dimulai (kira-kira dimulai awal Desember 2012 lalu), maka Anda akan melihat perubahan-perubahan kecil, evolusioner, hingga Newsline tampil seperti yang Anda lihat hari ini.
Dari Masa ke Masa
KAORI Newsline tidak langsung menjadi seperti apa yang terlihat hari ini. Diluncurkan dengan nama Kabar Anime Indonesia, sayangnya tampilan awal situs ini sudah menghilang, tidak bisa ditemukan lagi. Kemudian pada 8 Agustus 2008 (ya, pas Olimpiade) Kabar Anime Indonesia berubah nama menjadi KAORInews. Lalu berubah lagi menjadi KAORI News Online pada 17 Oktober 2008. Nama KAORI Newsline yang kita kenal baru dipergunakan pada 16 Maret 2009.
Menarik untuk dicermati bahwa KAORI Newsline sejak awal berdirinya berjalan dengan platform WordPress (mungkin ini sebagian alasan mengapa Newsline terlihat seperti blog), dan mulai 16 Maret 2009 mulai ditenagai tema Atahualpa.
Sekitar Juli 2009, KAORI Newsline berganti tampilan. Tampilan baru ini menggunakan format tiga kolom dan masih cukup terlihat “kasar”.
Didesain dari Sankaku Complex yang waktu itu populer, Newsline menyajikan headline bombastis. Slogan Akurat Independen Merakyat di-drop saat itu, mungkin karena itu mengapa tampilannya terlihat kacau.
KAORI Nusantara pun “dihilangkan” saat itu, diganti dengan brand KAORI Newsline. Forum pun memakai nama KAORI Newsline forum.
Sempat aktif beberapa saat, Newsline lalu kembali ditelan kuburan. Kemudian muncul dengan tampilan merah yang “aww”.
Diluncurkan pada Juli 2010, tampilan ini begitu menyedihkan (meskipun ditajuk “It’s So Beautiful” )
Sekitar akhir Desember 2010, proyek untuk menyatukan tampilan Newsline dan forum pun dimulai. Dikerjakan dengan begitu lambat, belum ada inisiatif baik, sampai akhirnya proyek ini membuahkan hasil pada April 2011.
Pada 28 Mei 2011, tampilan KAORI Newsline diterjemahkan ke KAORI forum, menjadi KAORI Barcelona yang kita kenal saat ini.
Sepanjang perjalanan waktu, integrasi tampilan awalnya tidak berjalan sempurna karena perbedaan platform (forum dioperasikan dengan vBulletin). Namun penggunaan tricolour sejak saat itu akan mulai membentuk ingatan orang akan warna signature KAORI: biru tua, biru muda, dan kuning, yang hanya sedikit sekali berubah sampai saat artikel ini ditulis.
Sampai akhirnya, tampilan Newsline di awal 2013 pun menjelma seperti apa yang kita lihat hari ini. Perubahan kecil masih akan terus dilakukan, namun skalanya tentu takkan sebesar apa yang terjadi sejak Desember sampai Maret ini.
Lebih Sedikit Ruang Kosong
Lebih sedikit ruang kosong, lebih banyak ringkasan yang bisa dimuat. Ilustrasi gambar kini diperbesar untuk memudahkan pembaca memahami apa yang hendak ditawarkan.
Tajuk utama dengan huruf warna kuning yang agak sulit dibaca itu pun kini diganti dengan warna biru yang lebih mudah dilihat. Selain itu, tajuk pun diposisikan di samping gambar ikon untuk mengefisienkan ruang, namun tetap menjaga kerapian.
Di halaman utama, jumlah artikel naik menjadi 18-25 artikel, tergantung ketermutakhiran halaman Newsline saat itu.
Bila Anda memerhatikan tampilan Newsline sejak awal, terlihat bahwa di awal Newsline menggunakan tiga kolom. Format tiga kolom ini kemudian dihapus untuk mengakomodasi konten Newsline yang lebih lega.
Tampilan dan Nuansa
Perubahan terbesar dalam tampilan dan nuansa (look and feel) Newsline telah dilakukan pada 2011 lalu. Penyempurnaan paling besar hanya sebatas mengoptimalkannya lebih baik dan lebih baik lagi.
Setiap artikel ini memiliki area minimum 640px, dan ini memungkinkan gambar berukuran lebih besar (sampai 640×720) dipajang dalam setiap artikel terbaru Newsline.
Di laman utama, “carousel” yang menampilkan konten-konten penting dan terbaik dari Newsline pun dipasang. Penempatannya diatur dengan besar sedemikian rupa sehingga abstrak dan judul artikel tetap tertampung, namun tidak memaksa pengguna untuk “scroll down” agar bisa melihat berita terbaru.
Biasanya, artikel pertama yang di-sticky akan menampilkan acara saat KAORI bekerja sama menjadi sponsor/partner media. Dari segi desain, ini sangat strategis dan langsung menarik perhatian pengguna.
Reformasi Rubrik
Sebelumnya, semua artikel bertumpuk pada segmen Aktual. Sejak pertengahan bulan lalu, kini artikel aktual dapat ditemukan melalui entrinya yang relevan, bisa melalui subrubrik Anime, Manga, Novel Ringan, Novel Visual dan Game, dan tentu saja Jadwal Terbit Komik.
Di rubrik Fitur, kini ada pula segmen Laporan Khusus untuk berita yang lebih mendalam dan Kabar Anime Indonesia.
Untuk menampung ekspansi dan sindikasi konten-konten KAORI forum, kini rubrik Kreasi Pengguna pun sudah dimuat, menampilkan berbagai konten kreatif hasil karya pengguna KAORI Forum (yang masih dalam proses verifikasi internal saat ini).
Sajian mingguan Membangkitkan Harapan yang selalu ditunggu-tunggu itu pun tetap tersedia di bawah rubrik Editoliar (sic).
Laman Artikel
Seperti yang telah disinggung di atas, area kerja horizontal adalah 640px. Hal ini memudahkan para staf untuk menginput artikel ke Newsline namun menambah tantangan baru: gambar yang diunggah dan dijadikan ikon harus memiliki lebar minimum 640px, atau gambar tersebut akan terpotong.
Integrasi video-video yang diunggah dari YouTube pun semakin memudahkan baik bagi pengguna dan staf. Staf hanya perlu memosting tautan YouTube dan sistem akan mengubahnya dalam format embeddable, pengguna pun menikmati konsistensi dari sarana multimedia KAORI.
Hal ini semakin menarik karena KAORI memuat promo-promo anime, game, novel visual, maupun Kabar Anime Indonesia, program news multimedia KAORI yang kini tampil mulai pertengahan Maret ini.
Sidebar dan Artikel Terkait
Sidebar sudah diperbaiki sehingga kini menampilkan berbagai konten relevan dari seluruh penjuru KAORI Newsline, KAORI Forum, dan KAORI Fansub. Dengan menampilkan konten terkait, pengguna bisa mengeksplorasi artikel-artikel lampau yang relevan dengan artikel yang sedang dibaca.
Selanjutnya
Perubahan tentu masih akan terus terjadi dalam sepanjang perjalanan KAORI Newsline ke depan. Namun ada dua hal pasti dari KAORI yang takkan berubah: filosofi desain yang mengutamakan fungsionalitas & ringan dibuka, serta jiwa Newsline itu sendiri, Akurat Independen Merakyat.
Shin Muhammad
Editor in Chief KAORI, Administrator KAORI