BAGIKAN
Interior bagian kursi ICE4 | Sumber: Railwaygazette.com

Deutsche Bahn (DB) sebagai operator kereta api (KA) di Jerman memperkenalkan generasi terbaru dari KA antar kotanya. KA baru ini secara resmi diperkenalkan oleh CEO DB Rüdiger Grube dan Menteri Transportasi & Infrastruktur Digital Alexander Dobrindt di Berlin Hauptbahnhof pada 14 September.

DB telah memesan 130 rangkaian ICE4 (dikenal juga sebagai ICx) kepada Siemens sejak Mei 2011 dan akan ditingkatkan menjadi 300 rangkaian. Bombardier Transportation memiliki 30% bagian dari proyek ini, termasuk pengerjaan desain eksterior, bodi kereta, bogie dan beberapa perakitan akhir.

Pihak dari Siemens mengatakan ICE4 didesain mampu berjalan dengan kecepatan lebih dari 250 km/jam. ICE4 sendiri memiliki berat 100 ton lebih ringan daripada ICE 1. Dengan menggunakan teknologi las laser, penggunaan penghubung bagian kereta dapat dikurangi. Perubahan dalam segi fisik juga dilakukan, seperti optimalisasi bentuk aerodinamis dengan desain ‘hidung’ baru dan peningkatan kualitas dan desain baru pada bagian lainnya. Salah satu keunggulannya adalah konsumsi daya ICE4 juga lebih rendah 22 persen daripada ICE 1.

Advertisement Inline

Pada bagian traksi dikonsentrasikan di kereta khusus agar lebih fleksibel dalam mengatur formasi kereta dan setiap kereta bekerja secara otomatis dengan kendali di kereta paling depan dan belakang. Terdapat 5 tipe kereta dengan 24 konfigurasi rangkaian yang dimana dapat dirangkai ulang sesuai dengan kebutuhan kecepatan, rute maupun permintaan penumpang.

ICE4 dengan stamformasi rangkaian 12 kereta memiliki panjang 346 m dengan 205 kursi kereta kelas satu dan 625 kursi kereta kelas dua. Terdapat 4 ruang untuk kursi roda dengan dua platform yang memudahkan pengguna kursi roda untuk turun atau naik ke dalam kereta. Dalam kereta ini juga terdapat kursi dengan desain untuk perjalanan panjang dan dapat diatur tanpa mengganggu penumpang yang lain.

Area tempat sepeda | Sumber: Railwaygazette.com (klik foto)
Area tempat sepeda | Sumber: Railwaygazette.com (klik foto)

Ruang kompartemen untuk orang tua dan anak serta keluarga juga disediakan demi memanjakan penumpang dengan pengalaman menariknya. Terdapat akses internet WiFi gratis di setiap kereta, nomor kursi dan tanda pemesanan juga terhubung dengan sandaran kepala dan informasi terbaru penumpang diberikan secara rinci. Pencahayaan dengan lampu LED dapat disesuaikan dengan waktu serta perbaikan pada desain air conditioning (AC) yang mampu menghadapi suhu hingga 45ºC. ICE4 merupakan generasi pertama dari rangkaian kereta ICE yang memiliki ruang khusus sepeda sebanyak 8 tempat.

Grube, salah satu staff ICE4 mengatakan bahwa ini adalah tulang punggung masa depan sistem transportasi jarak jauh. Perencanaan tentang perluasan jaringan KA jarak jauh diharapkan mampu mencapai 25 persen pada 2030.

Setelah beberapa bulan dilakukan uji coba, ICE4 rencananya akan mulai beroperasi secara reguler pada Desember 2017. Selama masa perkenalan, dua rangkaian ICE4 akan digunakan sesekali untuk rute Hamburg – Hannover – Nürnberg – München.

Prosedur persetujuan baru telah disiapkan untuk ICE4 namun masih ada 2 sertifikat yang harus dikeluarkan oleh pihak ketiga dan akan dicek oleh otoritas KA setempat.

ICE4 secara bertahap akan menggantikan armada IC dan Eurocity yang sudah mulai beroperasi sejak 1971 hingga 1991. Pada tahap selanjutnya ICE4 akan menggantikan rangkaian ICE1 dan ICE2, dan diharapkan ICE4 dapat memberikan 70% pendapatan dari penumpang jarak jauh.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.