Djair Warni Sang Komikus Jaka Sembung Tutup Usia

0

Djair Warni. Salah satu komikus senior Indonesia dilaporkan telah menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Selasa 27 September 2016. Almarhum meninggal pada pukul 10.00 WIB pada usia 71 tahun.

Lahir di Cirebon 13 Mei 1947, Djair Warniponakanda adalah komikus yang aktif di masa lalu ketika kisah-kisah silat atau yang pada masa itu dikenal sebagai tjersil (tjerita silat) cukup digandrungi oleh pembaca pada masanya. Karyanya yang terkenal adalah Jaka Sembung, seorang pendekar silat asal Kandanghaur yang berjuang melawan kolonialisme di era VOC, abad ke-17.

Beberapa karya lainnya dari Almarhum di antaranya adalah Djaka Gledek, Si Tolol, Kiamat Kandang Haur, Malaikat Bayangan, dan Toan Anak Jin. Tidak sedikit dari karya-karyanya seperti Jaka Sembung dan Djaka Gledek yang telah diangkat menjadi film layar lebar.

KAORI Nusantara mengucapkan turut berbelasungkawa atas kepergian Almarhum. Semoga segala amalnya dapat diterima di sisinya, diampuni dosa-dosanya, dan diberi ketabahan bagi yang ditinggalkan serta semoga karya-karyanya tetap dikenang tak lekang oleh zaman.

KAORI Newsline | Courtesy of Andy Wijaya, Bursa Komik Indonesia, dan Kangzusi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.