Semakin banyaknya wisatawan asing yang mengunjungi Jepang, akhirnya menggerakkan enam perusahaan operator kereta api (KA) di Tokyo untuk memberikan informasi di stasiun seperti peta jalur kereta, dan informasi lain mengenai tempat wisata serta perbelanjaan dalam bahasa Inggris. Ini tentunya dimaksudkan untuk memudahkan para wisatawan asing yang akan bepergian mengelilingi Tokyo dengan menggunakan jasa Kereta Rel Listrik (KRL).

Dua di antara operator KA di Jepang yang ikut membuat peta jalur kereta dengan bahasa Inggris adalah East Japan Railway Company (JR East) dan Tokyo Metro Co., Ltd (Tokyo Metro). Peta yang disebut “Tokyo Sightseeing Map” ini merupakan hasil kolaborasi enam operator KA di Tokyo termasuk JR East dan Tokyo Metro. Di dalam peta tersebut, tertera tempat-tempat wisata terkenal seperti Kuil Sensoji, Tokyo Skytree dan Komplek Komersil Bukit Roppongi. Tempat-tempat wisata ini terkoneksi dengan stasiun terdekat dalam peta, sehingga memudahkan para wisatawan asing untuk mengunjunginya. Tidak hanya spot wisata, tempat-tempat penting seperti perbelanjaan serta bandara juga ada pada peta tersebut.

Pada sisi belakang peta tersebut, terdapat instruksi bagaimana cara membeli dan mengisi kartu untuk perjalanan kereta, serta catatan mengenai etika ketika berada di dalam kereta. Peta ini dapat diambil secara gratis pada stasiun-stasiun besar mulai hari Sabtu (1/10). Tidak hanya di stasiun besar, anda juga dapat mengunduh peta dan informasi lengkapnya secara gratis disini.

Tokyo Sightseeing Map atau Peta Wisata Tokyo yang berisikan ilustrasi spot wisata serta bandara dalam bahasa Inggris untuk para wisatawan | Sumber: Tokyo Metro
Tokyo Sightseeing Map atau Peta Wisata Tokyo yang berisikan ilustrasi spot wisata serta bandara dalam bahasa Inggris untuk para wisatawan | Sumber: Tokyo Metro

Selain JR East dan Tokyo Metro, ke-empat operator KA lainnya yang juga ikut dalam pembuatan informasi dan peta dengan bahasa Inggris ini adalah Yurikamome Inc. (Operator dari Tokyo Waterfront New Transit Waterfront Line), Tokyo Waterfront Area Rapid Transit Inc. (TWR Rinkai Line), dan Tokyo Metropolitan Government’s Bureaut of transportation (Toei). Para operator KA ini berharap peta tersebut dapat mendorong para wisatawan asing untuk menggunakan layanan KA saat mereka mengunjungi Tokyo.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.