Dari dusun terpencil di pedalaman Siberia yang liar hingga ibukota Moskow yang metropolitan, semua sangat bergantung pada jalur kereta api (KA) terpanjang di dunia, Trans Siberia. Tepat pada Rabu (5/10), Trans Siberia rayakan ulang tahunnya yang ke 100.

Mulai dibangun pada 1891 atas perintah penguasa Rusia saat itu, Tsar Nicolas III, jalur yang menghubungkan Moskow dengan Vladivostok itu rampung pada 1916. Terbentang hingga 9289 km, jalur ini memungkinkan perjalanan melewati kerasnya alam Siberia yang sebelumnya sangat sulit pada saat itu.

Trans Siberia saat sedang dibangun seabad yang lalu.
Trans Siberia saat sedang dibangun seabad yang lalu.

Dengan dibukanya jalur KA tersebut, akhirnya memudahkan perpindahan manusia dan barang yang juga sekaligus menggerakkan roda ekspor dan perdagangan ke Asia. Jalur ini juga jadi saksi perpindahan pasukan dan logistik tentara Rusia saat berperang melawan Jepang pada awal abad ke 20.

Hingga kini Trans Siberia masih merupakan rute vital untuk Rusia, diperkirakan sekitar 30% ekspor Rusia melewati jalur tersebut. Apalagi sejak dibukanya rute KA ekspor dari Tiongkok menuju Eropa Barat yang tentunya melewati jalur ini. Tak hanya penting untuk perdagangan, jalur ini juga merupakan magnet dan ikon wisata Rusia yang menghubungkan Moskow dengan beberapa kota utama di Asia Timur seperti Shanghai, Beijing dan Ulan Bator.

Google pun juga tidak ketinggalan untuk merayakan hal ini dengan membuat Doodle-nya. Berikut video Doodle dari Google.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.