Inilah Tiga Mobil Super GT Kelas GT500 Musim 2017

0
Sumber: supergt.net

Para pabrikan yang turun di ajang balap Super GT kelas GT500 akhirnya mulai mengujicoba mobil yang akan diturunkan untuk musim 2017 secara bersama-sama. Sesi ujicoba tersebut digelar di sirkuit Autopolis, Prefektur Ouita pada 24-26 Oktober 2016.

Mobil baru tersebut dikembangkan untuk menghadapi regulasi teknis baru yang akan berlaku tahun depan. Aerodinamika merupakan salah satu aspek yang mengalami perubahan dalam regulasi tersebut, seperti tinggi diffuser yang direndahkan (dari 206 mm menjadi 101 mm) dan lebar sayap yang semakin panjang (dari 1.390 mm menjadi 1.900 mm).

Dalam sesi tes tersebut, pabrikan Honda akhirnya menurunkan model NSX-GT. Menanggalkan kata “Concept”, mobil ini dikembangkan berdasarkan versi produksi varian NSX yang telah dirilis secara resmi di Jepang pada bulan Agustus 2016, sehingga tampilan fisik mobil ini pun juga sedikit berubah. Seperti pendahulunya, mobil ini tetap ditenagai dengan mesin HR-414E berkapasitas 2 liter yang dilengkapi dengan turbocharger.

Selain Honda, dua pabrikan kompetitor lainnya (Lexus dan Nissan) juga ikut turun dalam tes ini. Lexus menurunkan mobil balap LC 500 (menggantikan RC F) yang rencananya akan menggantikan model RC F GT500. Sementara itu, Nissan tetap menurunkan mobil GT-R GT500 yang kini hadir dengan desain grille depan baru. Meskipun begitu, perubahan di sisi aerodinamika-nya tersamarkan oleh livery kamuflase yang menempel di bagian kiri dan kanan mobil tersebut.

Mobil GT-R GT500 versi 2017 serta LC 500 sendiri sebelumnya telah diturunkan di sirkuit Suzuka pada sesi tes yang digelar pada pertengahan September lalu.

Sesi Tes Di Autopolis

Sesi ujicoba pabrikan di Sirkuit Autopolis sendiri digelar selama 3 hari. Pada hari pertama, tiap pabrikan berfokus untuk melakukan adaptasi setelan di setiap mobil agar sesuai dengan karakteristik sirkuit.

Sesi tes pada hari kedua diwarnai oleh kondisi cuaca yang bervariasi (berawan pada sesi pagi dan hujan deras pada sesi sore). Pada sesi pertama, tiap mobil mulai mencoba untuk mencatat waktu putaran sebaik mungkin. LC 500, GT-R GT500 dan NSX-GT berturut-turut mencatatkan waktu terbaik sebesar 1’35.2, 1’36.1, dan 1’36.4. Pada sesi kedua, kondisi hujan deras membuat tiap mobil tidak terlalu lama turun ke lintasan.

Sesi tes pada hari ketiga terpaksa dibatalkan karena kondisi cuaca berkabut yang menyebabkan jarak pandang yang terbatas. Tes pada hari tersebut sedianya difokuskan untuk menguji coba ban baru dari pabrikan Yokohama.

Seri Terakhir: Motegi

Seri Super GT selanjutnya akan digelar di Sirkuit Motegi pada tanggal 11-12 November 2016. Berbeda dengan seri sebelumnya, balapan yang menjadi penutup musim 2016 tersebut akan digelar sebanyak dua kali pada hari Sabtu dan Minggu sebagai pengganti seri Autopolis yang batal digelar pada 22 Mei 2016 karena bencana gempa Kumamoto.

Sebelumnya, dalam balapan seri ke-7 yang digelar di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, WedsSport ADVAN RC F #19 (Lexus Team Bandoh) dan VivaC 86 MC #25 (ViVac Team Tsuchiya) berturut-turut menjadi juara di kelas GT500 dan GT300 dan sama-sama meraih kemenangan perdana di musim ini. Peringkat klasemen sementara pembalap dan tim kelas GT500 tidak mengalami banyak perubahan, sedangkan pemimpin klasemen GT300 beralih ke ViVac Team Tsuchiya.

Video cuplikan balapan Super GT 2016 seri Buriram dapat disaksikan di bawah ini.

Berikut adalah lima teratas hasil balapan Super GT seri Buriram kelas GT500.

Posisi No. Mobil Putaran Selisih
1 19 WedsSport ADVAN RC F 66 1:37’58.745
2 15 Drago Modulo NSX CONCEPT-GT 66 +2.917
3 6 WAKO’S 4CR RC F 66 +17.583
4 12 CALSONIC IMPUL GT-R 66 +24.166
5 64 Epson NSX CONCEPT-GT 66 +26.506

 Lima teratas klasemen pembalap sementara kelas GT500

Peringkat No. Pembalap Poin Weight Handicap
1 1 Tsugio Matsuda & Ronnie Quintarelli 56 56 kg
2 6 Kazuya Oshima & Andrea Caldarelli 46 46 kg
3 38 Yuji Tachikawa & Hiroaki Ishiura 45 45 kg
4 39 Heikki Kovalainen & Kohei Hirate 45 45 kg
5 19 Yuhi Sekiguchi & Yuji Kunimoto 41 41 kg

Lima teratas klasemen tim sementara kelas GT500

Peringkat No. Tim Poin Weight Handicap
1 1 NISMO 71 56 kg
2 6 LEXUS TEAM LEMANS WAKO’S 63 46 kg
3 38 LEXUS TEAM SARD 62 45 kg
4 39 LEXUS TEAM ZENT CERUMO 59 45 kg
5 19 LEXUS TEAM WedsSport BANDOH 56 41 kg

Lima teratas hasil balapan Super GT seri Buriram kelas GT300.

Posisi No. Mobil Putaran Selisih
1 25 VivaC 86 MC 61 1:38’15.820
2 3 B-MAX NDDP GT-R 61 +1.189
3 55 ARTA BMW M6 GT3 61 +25.879
4 0 GAINER TANAX GT-R 61 +30.236
5 31 TOYOTA PRIUS apr GT 61 +32.674

Lima teratas klasemen pembalap sementara kelas GT300.

Peringkat No. Pembalap Poin Weight Handicap
1 25 Takeshi Tsuchiya & Takamitsu Matsui 54 56 kg
2 3 Kazuki Hoshino & Jann Mardenborough 49 46 kg
3 55 Shinichi Takagi & Takashi Kobayashi 48 45 kg
4 61 Takuto Iguchi & Hideki Yamauchi 47 45 kg
5 31 Koki Saga & Yuichi Nakayama 44 41 kg

Lima teratas klasemen tim sementara kelas GT300.

Peringkat No. Pembalap Poin Weight Handicap
1 25 VivaC team TSUCHIYA 67 56 kg
2 3 NDDP RACING 65 46 kg
3 55 AUTOBACS RACING TEAM AGURI 59 45 kg
4 61 apr 58 45 kg
5 31 R&D SPORT 58 41 kg

KAORI Newsline.

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.