BAGIKAN
Sumber: supergt.net

Para pabrikan yang turun di ajang balap Super GT kelas GT500 akhirnya mulai mengujicoba mobil yang akan diturunkan untuk musim 2017 secara bersama-sama. Sesi ujicoba tersebut digelar di sirkuit Autopolis, Prefektur Ouita pada 24-26 Oktober 2016.

Mobil baru tersebut dikembangkan untuk menghadapi regulasi teknis baru yang akan berlaku tahun depan. Aerodinamika merupakan salah satu aspek yang mengalami perubahan dalam regulasi tersebut, seperti tinggi diffuser yang direndahkan (dari 206 mm menjadi 101 mm) dan lebar sayap yang semakin panjang (dari 1.390 mm menjadi 1.900 mm).

Dalam sesi tes tersebut, pabrikan Honda akhirnya menurunkan model NSX-GT. Menanggalkan kata “Concept”, mobil ini dikembangkan berdasarkan versi produksi varian NSX yang telah dirilis secara resmi di Jepang pada bulan Agustus 2016, sehingga tampilan fisik mobil ini pun juga sedikit berubah. Seperti pendahulunya, mobil ini tetap ditenagai dengan mesin HR-414E berkapasitas 2 liter yang dilengkapi dengan turbocharger.

Advertisement Inline

Selain Honda, dua pabrikan kompetitor lainnya (Lexus dan Nissan) juga ikut turun dalam tes ini. Lexus menurunkan mobil balap LC 500 (menggantikan RC F) yang rencananya akan menggantikan model RC F GT500. Sementara itu, Nissan tetap menurunkan mobil GT-R GT500 yang kini hadir dengan desain grille depan baru. Meskipun begitu, perubahan di sisi aerodinamika-nya tersamarkan oleh livery kamuflase yang menempel di bagian kiri dan kanan mobil tersebut.

Mobil GT-R GT500 versi 2017 serta LC 500 sendiri sebelumnya telah diturunkan di sirkuit Suzuka pada sesi tes yang digelar pada pertengahan September lalu.

Sesi Tes Di Autopolis

Sesi ujicoba pabrikan di Sirkuit Autopolis sendiri digelar selama 3 hari. Pada hari pertama, tiap pabrikan berfokus untuk melakukan adaptasi setelan di setiap mobil agar sesuai dengan karakteristik sirkuit.

Sesi tes pada hari kedua diwarnai oleh kondisi cuaca yang bervariasi (berawan pada sesi pagi dan hujan deras pada sesi sore). Pada sesi pertama, tiap mobil mulai mencoba untuk mencatat waktu putaran sebaik mungkin. LC 500, GT-R GT500 dan NSX-GT berturut-turut mencatatkan waktu terbaik sebesar 1’35.2, 1’36.1, dan 1’36.4. Pada sesi kedua, kondisi hujan deras membuat tiap mobil tidak terlalu lama turun ke lintasan.

Sesi tes pada hari ketiga terpaksa dibatalkan karena kondisi cuaca berkabut yang menyebabkan jarak pandang yang terbatas. Tes pada hari tersebut sedianya difokuskan untuk menguji coba ban baru dari pabrikan Yokohama.

Seri Terakhir: Motegi

Seri Super GT selanjutnya akan digelar di Sirkuit Motegi pada tanggal 11-12 November 2016. Berbeda dengan seri sebelumnya, balapan yang menjadi penutup musim 2016 tersebut akan digelar sebanyak dua kali pada hari Sabtu dan Minggu sebagai pengganti seri Autopolis yang batal digelar pada 22 Mei 2016 karena bencana gempa Kumamoto.

Sebelumnya, dalam balapan seri ke-7 yang digelar di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, WedsSport ADVAN RC F #19 (Lexus Team Bandoh) dan VivaC 86 MC #25 (ViVac Team Tsuchiya) berturut-turut menjadi juara di kelas GT500 dan GT300 dan sama-sama meraih kemenangan perdana di musim ini. Peringkat klasemen sementara pembalap dan tim kelas GT500 tidak mengalami banyak perubahan, sedangkan pemimpin klasemen GT300 beralih ke ViVac Team Tsuchiya.

Video cuplikan balapan Super GT 2016 seri Buriram dapat disaksikan di bawah ini.

Berikut adalah lima teratas hasil balapan Super GT seri Buriram kelas GT500.

PosisiNo.MobilPutaranSelisih
119WedsSport ADVAN RC F661:37’58.745
215Drago Modulo NSX CONCEPT-GT66+2.917
36WAKO’S 4CR RC F66+17.583
412CALSONIC IMPUL GT-R66+24.166
564Epson NSX CONCEPT-GT66+26.506

 Lima teratas klasemen pembalap sementara kelas GT500

PeringkatNo.PembalapPoinWeight Handicap
11Tsugio Matsuda & Ronnie Quintarelli5656 kg
26Kazuya Oshima & Andrea Caldarelli4646 kg
338Yuji Tachikawa & Hiroaki Ishiura4545 kg
439Heikki Kovalainen & Kohei Hirate4545 kg
519Yuhi Sekiguchi & Yuji Kunimoto4141 kg

Lima teratas klasemen tim sementara kelas GT500

PeringkatNo.TimPoinWeight Handicap
11NISMO7156 kg
26LEXUS TEAM LEMANS WAKO’S6346 kg
338LEXUS TEAM SARD6245 kg
439LEXUS TEAM ZENT CERUMO5945 kg
519LEXUS TEAM WedsSport BANDOH5641 kg

Lima teratas hasil balapan Super GT seri Buriram kelas GT300.

PosisiNo.MobilPutaranSelisih
125VivaC 86 MC611:38’15.820
23B-MAX NDDP GT-R61+1.189
355ARTA BMW M6 GT361+25.879
40GAINER TANAX GT-R61+30.236
531TOYOTA PRIUS apr GT61+32.674

Lima teratas klasemen pembalap sementara kelas GT300.

PeringkatNo.PembalapPoinWeight Handicap
125Takeshi Tsuchiya & Takamitsu Matsui5456 kg
23Kazuki Hoshino & Jann Mardenborough4946 kg
355Shinichi Takagi & Takashi Kobayashi4845 kg
461Takuto Iguchi & Hideki Yamauchi4745 kg
531Koki Saga & Yuichi Nakayama4441 kg

Lima teratas klasemen tim sementara kelas GT300.

PeringkatNo.PembalapPoinWeight Handicap
125VivaC team TSUCHIYA6756 kg
23NDDP RACING6546 kg
355AUTOBACS RACING TEAM AGURI5945 kg
461apr5845 kg
531R&D SPORT5841 kg

KAORI Newsline.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.