Sersan Keroro – Keroro Gunsou

    2

    Keroro Gunso

    Sersan Keroro. Siapa yang tidak kenal dengan anime yang satu ini? Animenya tayang di televisi antv pada blok Star Kids, dan manganya telah lama diterbitkan di Indonesia oleh Elex Media Komputindo.

    Keroro Gunso adalah Manga buatan Yoshizaki Mine, pertama kali terbit di Shonen Ace tahun 1999, dan mendapat respon baik di kalangan masyarakat Jepang. Sampai tahun 2004, Sunrise telah mengudarakan adaptasi anime Keroro Gunso yang sampai saat ini sudah mencapai lebih dari 200 episode, dan masih terus mengudara.

    Bercerita tentang sekelompok tentara alien yang ditugaskan untuk menginvansi Bumi, namun selalu tidak berhasil. Cerita dimulai dari seorang remaja bernama Fuyuki Hinata, saat ia bermimpi bumi diinvasii oleh Platoon Keroro dari planet Keron, dan dibangunkan oleh Natsumi Hinata.

    Setelah Fuyuki menceritakan mimpinya, ia pun menunjuk dinding yang menurut Fuyuki di situ ada alien, lalu secara kebetulan pun penyamaran Sersan Keroro terbuka.

    Akhirnya setelah musyawarah, apalagi ibunya Aki Hinata menyukai Keroro, maka diadopsilah Keroro sebagai bagian dari Keluarga Hinata.

    Teman-Temannya pun ikut menyusul. Mulai dari Tamama Nitohei yang di temukan oleh Momoka Nishizawa, lalu Giroro Gochou yang datang tiba-tiba di depan TV saat Keroro dan Tamama sedang menonton, Kururu Sozhou yang di temukan Mutsumi Hojo a.k.a 623/Saburo, dan Dororo Heichou(Zororo Heichou[Nama lama]) yang ditemukan Koyuki Azumaya, membuat platon ini bersatu kembali.

    Selama mereka di bumi, mereka selalu asyik dengan hobinya sendiri. Seperti Keroro yang lebih mirip Otaku yang suka Menonton Admiral Gunso(Sersan Admiral) membuat model rakitan Gundam (gundam plastic kit) yang sering diparodikan di anime ini, dan membaca Komik. Tamama yang suka makanan manis, Giroro yang sebenarnya terbakar-bakar dengan ambisinya untuk memusnahkan bumi namun tertahan karena menyukai Natsumi, Kururu yang tidak peduli dengan apapun, dan Dororo yang tidak ingin melukai bumi, apalagi menginvasinya.

    Walau bagaimanapun, tugas mereka tidak lama, dan pasukan baru datang untuk menggantikan mereka.

    Apakah Bumi dan para Pekopon masih bisa diselamatkan?

    Karakter:

    -Keroro 

    Kodok Alien Hijau ini suka membuat Gunpla(Gundam Plastic Model) dan membaca komik. Ia adalah sersan pemimpin Platoon Keron, namun pada saat diadopsi oleh keluarga Hinata, dia malah membantu membersihkan rumah keluarga Hinata, sehingga pekerjaannya untuk menginvasi bumi pun batal.

    Kata-kata terkenalnya adalah “de arimasu”, yang dapat anda dengar baik di siaran teresterial atau di siaran satelit.

    -Tamama Nitohei

    Kodok Alien Hitam ini suka makan makanan manis, namun memiliki kepribadian ganda dan bisa marah secara spontan. Sangat hormat dengan Keroro dan bermimpi ingin selalu bersama Keroro, padahal dia Laki-Laki.

    Tamama memiliki fobia terhadap benda-benda kecil, dan secara otomatis akan mengeluarkan semacam api bila ia melihatnya.

    -Giroro Gochou

    Kodok Alien Merah ini sebenarnya berkeinginan segera menyelesaikan tugasnya menginvansi bumi karena semangatnya yang membara-bara, namun karena jatuh hatinya oleh Natsumi Hinata meluluhkan keinginannya menginvansi bumi.

    -Kururu Sozhou

    Kodok Alien Kuning ini sangat tidak peduli dengan apapun di sekitarnya, termasuk tugasnya. Sangat pintar dalam yang namanya teknologi, dan selalu membantu Keroro dan kawan-kawan untuk membantu membuatkan sesuatu yang tidak jelas, meski dengan terpaksa.

    -Dororo Heichou

    Kodok Alien Biru ini cinta lingkungan, dan tidak ingin merusak bumi apalagi menginvansinya. Bergaya seperti ninja, alien ini selalu mencegah hal yang tidak di inginkan jika temannya melakukan hal-hal aneh. Sebelumnya dia bernama Zeroro dan di temukan Koyuki lalu di ajarkan cara hidup ala Ninja sehingga Zororo berubah nama menjadi Dororo

    -Fuyuki Hinata

    Seorang Occult, percaya dengan Science Fiction dan sejenisnya, menemukan Keroro saat menyamar. Fuyuki yang orangnya cool dan pendiam ini sangat kaget dengan bertemunya dia dengan Keroro.

    Untuk mencegah Keroro keluar rumah, ia menakuti Keroro dengan alasan ia akan dijadikan bahan eksperimen bila ketahuan.

    -Natsumi Hinata

    Pencinta Olahraga, energik, Seksi, dan cukup kejam. Kakak Fuyuki ini bertindak sebagai pemimpin saat ibunya tidak ada. Orang yang bijaksana, dan selalu menyuruh Keroro membersihkan rumah.

    Tipikal karakter tsundere, namun mudah sekali malu.

    -Aki Hinata

    Ibu dari Fuyuki dan Natsumi, Sersan dari Keroro dan yang paling energik dari keluarga Hinata. Badannya yang seksi menjadi poin utama dari karakter ini. Bekerja di perusahaan penerbit komik sebagai editor.

    -Angol Moa

    Anak dari raja Angol, saudara dari Keroro (terlihat dari dia selalu memanggil Keroro dengan sebutan Paman), dia mengkopi dirinya dari seorang Ganguro yang seperti preman. Sangat mencintai Keroro dan bisa menaklukan ketidakpedulian Kururu

    -Momoka Nishizawa

    Anak dari konglomerat Nishizawa, memiliki kepribadian ganda, kadang dia lemah lembut, namun di balik itu dia mampu menghancurkan sebuah tembok hanya dengan sebuah pukulan. Mencintai Fuyuki, namun cintanya bertepuk sebelah tangan lantaran dia tidak pernah berani menyatakan cintanya.

    Tamama tinggal dengannya.

    -Koyuki Azumaya

    Kunoichi(Ninja wanita) yang menemukan Dororo ini tergila-gila dengan Natsumi. Ninja yang cukup lincah, dan Percaya diri. Koyuki tinggal di sebuah desa ninja terpencil, dan pindah ke Tokyo dengan keinginan menyelamatkan Tokyo dari kejanggalan yang ada.

    Dengan OP dan ED sebagai berikut

    Opening Themes

    1. “Kero! and March” (ケロッ!とマーチ Kero! to Māchi, Ep. 1-51) by Nobuaki Kakuda & Juri Ihata
    2. “National Irresponsible Era” (全国無責任時代 Zenkoku Musekinin Jidai, Ep. 52-78) by GaGaGa SP
    3. “I Want to Buy You Some Juice” (君にジュースを買ってあげる♥ Kimi ni Jūsu o Katte Ageru♥, Ep. 79-103)Group Tamashi by
    4. “Sunny Path ~I Don’t See Any Aliens!~” (晴れる道 ~宇宙人(オメェら)に合わせる顔がねぇ!~ Hareru Michi ~Omera ni Awaseru Kao ga Nee!~, Ep. 104-129) by Jicho Kacho
    5. “You-You-You” (Ep. 130-154) by Polysics
    6. “Return of the Kero! and March” (帰ってきたケロッ!とマーチ Kaettekita Kero! to Māchi, Ep. 155-183) by Ichirō Zaitsu & Yuko Ogura
    7. “Fundari Kettari” (フンダリーケッタリー Fundarī Kettarī, Ep. 184-205) by Dylan & Catherine
    8. “What a Wonderful Saturday” (なんて素敵な土曜日 Nante Suteki na Doyoubi, 206-) by Keroro PlatoonKumiko Watanabe, Etsuko Kozakura, George Nakata, Takehito Koyasu, and Takeshi Kusao)

    Ending Themes

    1. “Afro Sergeant” (アフロ軍曹 Afuro Gunsō, Ep. 1-18, 27-39) by Dance Man
    2. “Pekopon Invasion Ondo” (地球(ペコポン)侵略音頭 Pekopon Shinryaku Ondo, Ep. 19-26) by Ondo Gal meets Keroro Platoon
    3. “Keroro Platoon Authorized! Passionate Learn to Draw Song!!” (ケロロ小隊公認!熱烈歓迎的えかきうた!! Keroro-shōtai Kōnin! Netsuretsu Kangeiteki Ekaki Uta!!, Ep. 40-51) by Keroro All Stars
    4. “An Invader in My Own Way” (勝手に侵略者(シンリャクシャ) Katte ni Shinryakusha, Ep. 52-78) by Naoya Ogawa & Mayuko Iwasa
    5. “A Problem of the Heart” (ココロの問題 Kokoro no Mondai, Ep. 79-103) by toutou
    6. “Flower Petals of Victory” (勝利の花びら Shōri no Hanabira, Ep. 104-116) by Chinatouchable (Chinatsu Wakatsuki & Untouchable)
    7. “Cycling Recycle” (サイクリング リサイクル Saikuringu Risaikuru, Ep. 117-141) by Kirin
    8. “Eternally” (永遠に Eien ni, Ep. 142-154) by Afromania
    9. “Spinning, Turning, Once Around” (くるっと・まわって・いっかいてん Kurutto, Mawatte, Ikkaiten, Ep. 155-168) by Kigurumi
    10. “Smiling Champ” (ニコニコチャンプ Niko Niko Chanpu, Ep. 169-192) by Non Style
    11. “Kero Cat’s Tango” (ケロ猫のタンゴ Kero Neko no Tango, Ep. 193-205) by Osamu Minagawa & Hibari Children Chorus
    12. “Here’s the Earth for You!” (おまたせ地球(ペコポン)一丁! Omatase Pekopon Icchou, 206-) by Keroro Platoon

    Manga Keroro Gunso sudah mengudara sejak tanggal 29 November 1999 oleh Kadokawa Shonen Axe, lalu di lanjutkan oleh Animenya pada tanggal 3 Maret 2004 oleh Studio Sunrise.Animenya sendiri ditayangkan di TV Tokyo dalam format 4:3 dan ditayangkan di Animax Japan dalam format widescreen (16:9).

    Di Indonesia, anime ini tayang di Animax Asia dan di antv pada platform teresterial.

    Kesimpulan:

    Story: 9/10 = Cerita yang menarik dan penuh aksi. Tidak salah lagi anime ini pantas di ikuti, apalagi dengan humor yang pas. Lawakan mendominasi dalam beberapa bagian cerita, namun masih cukup baik dilihat.

    Animation: 9/10 = Sungguh animasi yang soft dan cukup enak di lihat. Di jamin tidak menjenuhkan mata anda.

    Sound: 8/10 = Penataan Suara yang bagus di tambah oleh Seiyuu yang berpengalaman, sayang Opening dan Ending kurang menyatu dengan tema Film. Walau demikian, pada sebuah episode, diketahui Keroro sangat menyukai afro, sehingga endingnya pun cukup cocok.

    Pengisi suara versi antv mempertahankan “de arimasu”, meskipun rasanya bagi sebagian orang, hal ini agak kurang sreg.

    Keseluruhan: 9/10 = Secara keseluruhan ini anime yang pantas di tonton semua umur. Dengan cerita yang menarik, kini anime ini bisa ditonton di antv.

    Bila anda merasa tidak sabar menonton episode berikutnya dari anime ini, atau ingin mengoleksinya, anda dapat mengunduh anime ini di Indowebster.

    Review oleh Akari Ichinose dengan sebagian isi dari Wikipedia. Dimutakhirkan kembali oleh Shin Muhammad

    KAORI News Online

    2 KOMENTAR

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.