School Rumble

4

Review oleh Azuma Denton (Kaskus)

School Rumble adalah manga yang dibuat oleh Jin Kobayashi. Ceritanya berkisar pada kelas 2-C di Yagami High. Dikisahkan Tsukamoto Tenma jatuh cinta pada teman sekelasnya Karasuma Ooji. Namun berandalan paling ditakuti di sekolahnya, Harima Kenji mencintai Tenma. Dimulailah kisah cinta segitiga yang diwarnai banyak kesalah-pahaman hingga akhirnya menjadi cinta segi banyak yang melibatkan banyak orang.

Manga
Alur dalam manga School Rumble terbagi 2 yaitu alur utama (yang biasa ditandai dengan tanda #) dan alur sampingan (yang biasa ditandai dengan tanda ♭). Alur sampingan ini biasa menjelaskan beberapa detil yang hilang dari cerita utama. Kemudian ada cerita khusus yang menceritakan tentang hujan meteor pada waktu Tanabata di kota Yagami.
Manga ini diterbitkan oleh Kondansha di Jepang. Di Indonesia, manga ini diterbitkan dalam Shonen Magz oleh Elex.

Anime
School Rumble ditayangkan di TV Tokyo dari 10 Oktober 2004 – 5 April 2005 dengan total 26 episode. School Rumble diproduksi oleh Studio Comet dengan sutradara Shinji Takamatsu.
Kemudian tanggal 22 Desember 2005, School Rumble OVA dirilis. OVA ini menceritakan tentang beberapa ♭ chapter. Dan pada tanggal 2 April 2006, season kedua School Rumble dirilis dengan judul School Rumble Nigakki (School Rumble the 2nd Term).

Dan pada pertengahan tahun ini OVA atau School Rumble 3rd Term akan segera beredar, dan bisa didapatkan bagi mereka yang membeli manga School Rumble.

Character

Tsukamoto Tenma [塚本 天満]
Tenma adalah karakter protagonis dalam cerita ini. Pendek, kekanak-kanakan, lamban adalah kata-kata yang tepat untuk menjelaskan dia. Yang parahnya dia sering salah pengertian atas maksud orang-orang di sekitarnya. Hal ini yang menyebabkan semua kesalah-pahaman yang terjadi di sekitarnya. Dia menyukai Karasuma Ooji. Dia juga bisa membengkokkan sendok hanya dengan memikirkannya saja.

Harima Kenji [播磨 拳児]
Berandalan yang paling ditakuti di kelas 2-C. Namun sejak sekelas dengan Tenma, sepertinya sifat ganasnya sudah berkurang. Seperti Tenma, dia juga sering salah pengertian hingga menyebabkan masalahnya dengan Sawachika Eri dan Tsukamoto Yakumo berkembang besar. Julukannya adalah Hige (dikasih oleh Eri). Kemampuannya adalah mampu berkomunikasi dengan hewan.

Karasuma Ooji [烏丸 大路]
Tidak ada yang bisa diketahui dari laki-laki ini kecuali dia suka kari, bisa main gitar dan suka memakai pakaian kappa. Karasuma juga merupakan mangaka yang sangat dihormati oleh Harima.

Sawachika Eri [沢近 愛理]
Teman dekat dari Tenma. Merupakan putri orang kaya, karenanya Harima sering memanggilnya Oujou (tuan putri). Harima pernah salah menyatakan cinta pada Eri dan sejak saat itu Eri pun menyukai Harima walaupun dia mati-matian menyangkal dengan mengatakan akan membunuh Harima. Eri sering bersitegang dengan Yakumo karena ada rumor bahwa Yakumo dan Harima berpacaran.

Suou Mikoto [周防 美琴]
Salah satu teman dekat dari Tenma juga. Seorang pemegang sabuk hitam dalam Kendo. Dia juga teman masa kecil dari Hanai Haruki.

Takano Akira [高野 晶]
Merupakan anggota terakhir dari gang Tenma. Orangnya pintar (mungkin pintar sekali), logis (banget). Dia lah yang merencanakan game survival dalam rangka menentukan tema dari bunkasai kelas 2-C.

Tsukamoto Yakumo [塚本 八雲]
Adik dari Tenma. Jauh berbeda dengan kakaknya, Yakumo adalah seorang gadis yang pintar, lembut, jago memasak dan mengerjakan pekerjaan rumah. Ada satu rahasia yang disembunyikan Yakumo, dia bisa melihat pikiran dari cowok-cowok di sekitarnya (kecuali Harima) dan bisa berkomunikasi dengan hantu. Yakumo merupakan salah satu dari orang yang mengetahui pekerjaan Harima sebagai mangaka.

Karakter lainnya :
Hanai Haruki [花井 春樹] : ketua kelas dari 2-C, menyukai Yakumo, rival Harima
Imadori Kyosuke [今鳥 恭介] : cowok penyuka dada berukuran D
Nara Kentarou [奈良 健太郎] : orang yang selalu disuruh-suruh di kelas 2-C
Ichijou Karen [一条 かれん] : anggota klub gulat amatir, menyukai Imadori
Sarah Adiemus : teman sekelas dari Yakumo
Lala Gonzales : rival dari Ichijou, menguasai seni lucha
Osakabe Itoko [刑部 絃子] : sepupu dari Harima, guru fisika di kelas 2-C
Sasakura Youko [笹倉 葉子] : teman baik dari Itoko, guru kesenian
Anegasaki Tae [姉ヶ崎 妙] : pernah memungut Harima, perawat sekolah

Hatenkou Robo Dojibiron
Pada episode 18, Karen dan Imadori pergi menonton film ini. Dojibiron adalah tokusatsu dalam serial ini. Imadori sangat menyukai tokusatsu ini. Dia bahkan pernah mengajukan cerita Dojibiron sebagai drama dalam bunkasai (yang langsung ditolak mentah-mentah oleh teman sekelasnya). Anggota Dojibiron semuanya adalah perempuan dan nama mereka merupakan plesetan dari nama seiyuu School Rumble.

Red Dojibiron Akae Yui [赤江 ゆい] Horie Yui 堀江 由衣
Yellow Dojibiron Kishimizu Ami [黄清水 あみ] : Koshimizu Ami 小清水 亜美
Green Dojibiron Midoritame Hitomi [緑生天目 ひとみ] : Nabatame Hitomi 生天目 仁美
Pink Dojibiron Momotou Mamiko [桃登 まみこ] : Notou Mamiko 能\u30331 登 麻美子
Blue Dojibiro Aoumizu Kaori [青水 かおり] : Shimizu Kaori 清水 香里

Opening n Ending Song

Season One
Opening :
Scramble by Yui Horie with Unscandal
Umi no Otoko wa yo by Kikoukumaru’s Man Chorus Group (eps 25)

Ending :
Onna no Ko Otoko no Ko by Yuko Ogura
Hatenkou Robo Dojibiron’s Theme by Takahashi Hiroki (eps 18)
School Rumble 4 Ever by Koshimizu Ami, Nabatame Hitomi, Shimizu Kaori, Noto Mamiko, Horie Yui, Fukui Yukari and Nanri Yuuka. (eps 26)

OVA
Opening :
Scramble by Yui Horie with Unscandal

Ending:
Ginga Ensen ’05 by Takahashi Hiroki (eps 1)
Onna no Ko Otoko no Ko by Yuko Ogura (eps 2)

Season Two
Opening :
Sentimental Generation by Tokito Ami

Ending :
Kono Namida ga aru kara Tsugi no Ippo to naru by Tokito Ami

Rating
Story : 9,5/10
Character : 9/10
Comedy : 9/10
Music : 9/10
Overall : 9/10

Review oleh Azuma Denton di Kaskus.

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.