Billy Burhan sang Hakim Bao itu Telah Tutup Usia

0

Billy Burhan. Salah satu Seiyuu senior di Indonesia telah tutup usia pada 23 November 2016. Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 06.00 pagi WIB, dan telah dikebumikan pada siang harinya.

Memiliki nama asli Ismi Kurniawan, Billy Burhan adalah anggota dari Klan Burhan yang merupakan keluarga Seiyuu kenamaan. Memulai karirnya sebagai Seiyuu progam-progam radio bersama Sanggar Prathivi, almarhum aktif dalam berkarir dalam program-program sandiwara radio yang sempat digemari masyarakat pada masanya seperti Babad Tanah Leluhur sebagai Prabu Sanjaya, Kembang Ayu Ambarwati sebagai Raden Kumala, Kartina Gadis Kota sebagai Rei, Prasasti sebagai Mayong, Gelang Gelang Sangkala sebagai Ambuni, Bidadari Iblis sebagai Joko Tole, dan sederet program lainnya.

Kemudian ketika televisi swasta mulai bermunculan di kancah pertelevisian Indonesia, almarhum juga turut aktif menjadi Seiyuu untuk program-program asing yang disulih suarakan ke dalam bahasa Indonesia, di antaranya adalah drama asal Taiwan Judge Bao, di mana almarhum telah dipercayakan untuk menyulihsuarakan tokoh Hakim Bao yang diperankan oleh Jin Chao-chun pada drama Taiwan yang pernah ditayangkan di RCTI ini. Hingga akhir hayatnya, dirinya masih aktif memberikan suaranya untuk program-progam iklan komersial maupun iklan layanan masyarakat.

Selain sebagai Seiyuu, almarhum juga pernah aktif dalam Persatuan Sulih Suara Indonesia (PERSUSI), di mana almarhum adalah ketua pertama dari PERSUSI.

Advertisement Inline

KAORI Nusantara turut berbelasungkawa atas kepergian Almarhum. Semoga segala amalnya dapat diterima di sisinya, diampuni dosa-dosanya, dan diberikan ketabahan bagi yang ditinggalkan.

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.