Dua Tim Super GT Kelas GT300 Ikut Serta Di Sepang 12 Hours

    1
    TOYOTA PRIUS apr GT #30 (sumber: supergt.net)

    Ajang balap Super GT musim 2016 telah berakhir pada tanggal 12 dan 13 November yang lalu di sirkuit Motegi. Pada dua seri penutup yang juga digelar sebagai pengganti seri Autopolis yang batal digelar karena bencana gempa yang melanda wilayah Kumamoto pada bulan April lalu, tim Lexus Team SARD (dengan pembalap Heikki Kovaleinen & Kohei Hirate) serta tim VivaC team Tsuchiya (Takeshi Tsuchiya dan Takamitsu Matsui) berturut-turut berhasil meraih gelar juara di kelas GT500 dan GT300.

    Meskipun ajang Super GT musim ini telah berakhir, dua tim dari kelas GT300, yaitu apr dan JLOC, akan kembali turun di ajang balap ketahanan Sepang 12 Hours yang digelar pada hari Sabtu, 10 Desember 2016. Tim apr akan menurunkan mobil Toyota Prius #30 yang akan dikemudikan oleh Hiroaki Nagai, Kota Sasaki, dan Koki Saga, sedangkan tim JLOC akan menggunakan mobil Lamborghini Huracan GT3 #88 yang dikemudikan oleh Manabu “MAX” Orido, Kazuki Hiramine, dan Adrian Zaugg.

    Selain Super GT, ada dua tim dari ajang balap ketahanan Super Taikyu yang juga akan hadir di Sepang 12 Hours. Tim SAITAMA TOYOPET Green Brave (Taku Bamba, Takayuki Hiranuma, Naoki Hattori, dan Shogo Mitsuyama) akan turun di kelas GT3-ProAm dengan mobil Mercedes-Benz SLS AMG GT3 #52, sedangkan tim Muta Racing TWS (Ryohei Sekiguchi, Makoto Hotta, Ryuju Fujita, dan Teruhiko Hamano) akan turun di kelas GT4 dengan mobil Lexus RC350 #39.

    Ketiga tim yang turun di kelas GT3 akan bersaing dengan berbagai tim balap yang menjadi peserta di berbagai kompetisi GT3 internasional, seperti Blancpain GT Series dan Pirelli World Challenge. Tim-tim tersebut di antaranya Manthey Racing (Porsche 911 GT3), K-Pax Racing (McLaren 650S GT3), dan Audi Sport Team Phoenix (Audi R8 LMS). Selain GT3, kelas lain yang terdapat di ajang balap ketahanan ini adalah GT4, GTC, Touring Car, dan MARC dengan total sebanyak 26 tim.

    Sepang 12 Hours merupakan ajang balap ketahanan tahunan yang digelar di sirkuit Sepang, Malaysia sejak tahun 2000.  Sebelumnya, ajang ini dikenal dengan nama “Merdeka Millenium Endurance Race” dan digelar pada hari kemerdekaan Malaysia yang jatuh pada tanggal 31 Agustus.

    Penyelenggaraan ajang ini kemudian diambil alih oleh Stephane Ratel Organisation (SRO) pada tahun 2015. Ajang ini kemudian dimasukkan ke dalam seri balap ketahanan Intercontinental GT Challenge yang baru digelar pada tahun 2016. Dua ajang balap ketahanan lain yang masuk ke dalam rangkaian seri balap tersebut adalah Bathurst 12 Hours (Australia) dan 24 Hours of Spa (Belgia).

    KAORI Newsline

    Tinggalkan komentar Anda

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.