BAGIKAN

Impian Jakarta untuk mempunyai moda transportasi kereta ringan yang modern kian mendekati kenyataan. Setelah proyek LRT Jabodetabek Cibubur – Cawang dan Bekasi – Cawang mulai digarap sejak 2015, kini PT Adhi Karya selaku kontraktor proyek dibantu Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan lakukan Test Pit dan Soil Investigation LRT Cawang – Dukuh Atas.

Pelaksanaan Test Pit dan Soil Investigation sudah dimulai sejak akhir Oktober 2016 hingga akhir November 2016. Titik pelaksanaan Test Pit dan Soil Investigation sendiri berada di sekitar Jalan MT Haryono, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Rasuna Said. Seluruh perkerjaan Test Pit dan Soil Investigation sendiri berlangsung pada malam hari, yaitu sekitar pukul 22.00 hingga 05.00 agar tak mengganggu arus lalu lintas.

Soil investigation atau penyelidikan tanah merupakan langkah yang dilakukan untuk mengetahui kandungan tanah yang akan dijadikan lokasi tiang pancang jalur LRT. Dari hasil penyelidikan tanah ini akan ditentukan kedalaman serta dimensi pondasi yang paling ekonomis tetapi masih aman. Sehingga penyelidikan tanah sangat penting dan mutlak dilakukan sebelum struktur mulai dikerjakan.

LRT Jabodetabek merupakan proyek transportasi umum yang digagas oleh Kementrian Perhubungan dan dibangun oleh PT Adhi Karya sebagai kontraktor. Pada tahap pertama akan dibangun tiga jalur, yakni Cibubur – Cawang, Bekasi – Cawang dan Cawang – Dukuh Atas. Direncanakan rampung mulai 2019, LRT diharapkan mampu menjadi salah satu dari transportasi publik yang bisa diandalkan oleh masyarakat.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.