BAGIKAN

Aku nggak minat sama mahjong. Cuman, pas tahu ada anime berbau mahjong yang "katanya" beda, lantaran penasaran, kuminta deh animenya.

Saki adalah salah satu anime yg kalo dibilang… mirip dengan kasus Hikaru no Go (Igo), anime bertema igo yang pernah diputar di televisi Indonesia. Kalau saja anime ini masuk ke Indonesia, pasti reaksi masyarakat akan bagus (albeit with the fanservice).

Advertisement Inline

Saki menceritakan mengenai kehidupan seorang remaja bernama Saki Miyanaga, yang bener-bener anti sama yang namanya mahjong. Lantaran, dari kecil ia selalu di"siksa" oleh orangtuanya untuk bermain mahjong.

Teman SMPnya, Suga Kyotaro mengundang Saki untuk masuk ke dalam klub mahjong di sekolahnya. Saat melihat kemampuan Saki, teman lain di klubnya (yakni Nodoka si juara nasional, dan Yuuki) kaget, melihat kemampuan Saki yang bisa menjaga angka tetap netral dalam tiga permainan berturut-turut!

Nodoka pun mendatangi Saki, dan bertanya, dari mana kamu mendapat kemampuan bermain mahjong seperti itu? Saki menjawab singkat, karena bermain di rumah. melihat hal itu, teman-teman lainnya di dalam klub mahjong menantang Saki sekali lagi untuk berduel, dan membuktikan kalau Saki memiliki kemampuan dalam mahjong lebih dari sekedar kelas hobi semata.


Episode 7

Artworknya menarik. Dalam episode pertama ini, banyak istilah teknis (tentu, gw gak ngerti maksudnya apa). Bayangan saya soal Hikaru no Go hilang. Dan, episode awal anime ini lebih banyak menekankan pada hal-hal teknis ketimbang hal-hal "sampingan" kayak faktor moeness. (Walau di episode pertengahan, siap-siap aja menemukan banyak episode dengan fanservice yang cukup banyak).

Anime ini diadaptasi dari manga berjudul sama, yang dikarang oleh Ritz Kobayashi, dan sudah diterbitkan sebanyak 5 volume. Animenya dibuat oleh Gonzo (euh.. inget Strike Witches kan?) meski di episode 15 studio pembuatnya diganti jadi Picture Magic. Rencananya, akan ditayangkan sebanyak 26 episode sih.

Ada 5 musik dalam anime ini, yang pertama op1 (episode 1-14) "Glossy:MMM" oleh Miyuki Hashimoto. Episode 15 ke atas memakai "Bloooomin’" oleh Little Non. Ending pertama dari episode 1-14 adalah "Netsuretsu Kangei Wonderland" oleh Kana Ueda, Ami Koshimizu, Rie Kugimiya, Ryōko Shiraishi, dan Shizuka Itō. Ending kedua, untuk episode 7 dan 10 adalah "Zankoku na Negai no Naka de" oleh Ueda dan Koshimizu. Ending ketiga mulai episode 15 adalah "Shikakui Uchū de Matteru yo" (四角い宇宙で待ってるよ?) oleh Ueda, Koshimizu, Kugimiya, Shiraishi dan Itō.

Penilaian: 8/10. Ikuti!

Saya menyesal guling-guling nggak mengikuti anime ini, dan menganggapnya angin lalu….

Review oleh cc201_56@ Forum GM-MarKA | Editor Shin Muhammad | KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.