Selasa pagi (6/12), perjalanan kereta rel listrik (KRL) dan juga kereta api (KA) jarak jauh di jalur layang (Manggarai – Jakarta Kota) terhenti sementara. Ini disebabkan karena pemadaman listrik aliran atas (LAA) di Stasiun Sawah Besar akibat terdapat KRL yang mengalami gangguan pada pantografnya.

Akibat kejadian ini, terdapat antrian KA dan KRL menuju Jakarta Kota maupun menuju Manggarai dari Jakarta Kota. Selain itu, penumpukan penumpang juga terjadi di beberapa stasiun.

PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) selaku operator KRL telah meminta maaf kepada penumpang dan juga menghimbau untuk para penumpang yang tidak dapat menunggu agar menggunakan moda transportasi lain. KCJ juga menginformasikan bahwa tiket perjalanan yang telah dibeli dapat dibatalkan pada loket yang tersedia di stasiun.

Penumpukan Penumpang di Stasiun Manggarai akibat gangguan lintas layang | Foto: Perdana Hadi
Penumpukan Penumpang di Stasiun Manggarai akibat gangguan lintas layang | Foto: Perdana Hadi

Sementara itu, Untuk mengurai antrian serta mengoptimalkan layanan KRL, KCJ telah mengatur sejumlah operasional perjalanan KRL sebagai berikut:
1. Layanan KRL Bogor – Jakarta Kota, perjalanannya hanya sampai Stasiun Manggarai, selanjutnya rangkaian kembali untuk tujuan Bogor.
2. Untuk layanan KRL Bekasi – Jakarta Kota, perjalanannya dibagi dua, sebagian hanya sampai Stasiun Manggarai lalu kembali ke Bekasi, sebagian lagi perjalanannya dipindah melalui jalur lingkar (via Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan).

Untuk perjalanan lintas Bogor – Duri atau Bogor – Kampung Bandan – Jatinegara perjalanan tetap normal, meskipun harus ikut terkena antrian imbas dari pengaturan lintas.

Update:

Menurut informasi dari aplikasi resmi KCJ, LAA Stasiun Sawah Besar sudah kembali diaktifkan secara normal pada pukul 12.10 dan KRL selesai dievakuasi oleh kereta penolong “NR”.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.