BAGIKAN

Entri ini mengandung gambar yang mungkin tidak aman dibuka di lingkungan kerja atau keluarga.

Saya suka menonton anime secara random setiap musimnya, dan pada musim ini (gugur 2016), saya ternyata mendarat di Keijo!!!!!!!!. Hanya berbekal sebuah kutipan “Peraturan khusus dari Keijo!!!!!!!! adalah kontestan hanya diperbolehkan menggunakan dada atau pantat sebagai senjata untuk menceburkan lawannya“. Saya langsung tertawa terbahak-bahak sembari menceletukkan “Ah pasti cuman obligatory fanservice of the season by XEBEC.” Ternyata, saya salah. Keijo adalah sebuah anime olahraga yang sah dan serius.

Asumsi saya mengapa XEBEC (baca: zi-bek) memilih untuk mengadaptasi Keijo!!!!!!!! untuk anime musim ini mungkin karena board of director-nya sudah lelah XEBEC pada tiap musimnya dicap memproduksi “Fanservice Anime of the Season”. Lalu, pada saat rapat pra-produksi, mungkin saja salah satu dari mereka mencetuskan “Kita harus bisa membuktikan bahwa XEBEC dapat membuat anime yang serius (di fanservicenya)!”. Lalu dari situ, mereka menemukan salah satu source material yang sangat cocok dengan keahlian XEBEC: Keijo!!!!!!!!(dengan delapan tanda eksklamasi!!!!!!!!).

Logo dari olahraga KEIJO
Logo dari olahraga KEIJO
Advertisement Inline

KEIJO!!!!!!!! adalah sebuah olahraga perjudian baru di abad ke-21, dimana kontestan perempuan bertanding di sebuah panggung diatas sebuah kolam renang dengan tujuan menceburkan atau melumpuhkan lawannya. Peraturan khusus dari Keijo!!!!!!!! adalah kontestan hanya diperbolehkan menggunakan dada atau pantat sebagai senjata untuk menceburkan lawannya. Karena nature dari Keijo!!!!!!!! yang merupakan olahraga judi, menjadi pemain Keijo!!!!!!!! yang sukses akan menghasilkan banyak uang. Prize Queen adalah istilah untuk permain terbaik Keijo!!!!!!!! dan pastinya memiliki uang yang banyak. Tokoh utama dari seri ini adalah Nozomi Kaminashi (disuarakan oleh Lynn). Nozomi adalah seorang gadis yang memiliki bakat di gimnastik. Tetapi, dia menolak tawaran beasiswa dari universitas gimnastik untuk bermain di Keijo!!!!!!!! Karena keluarga Nozomi yang miskin, Dia bercita-cita untuk menjadi Prize Queen dan membahagiakan keluarganya.

Untuk menjadi pemain Keijo!!!!!!!!, Nozomi harus masuk ke sekolah per-Keijo!!!!!!!!-an untuk belajar menjadi seorang pemain Keijo!!!!!!!! profesional. Nozomi masuk Sekolah Pelatihan Keijo Setouchi bersama teman mainnya, Miyata Sayaka (disuarakan oleh M.A.O), mantan atlit Judo. Setouchi merupakan sekolah asrama dan mereka seruangan dengan Non Toyoguchi (disuarakan oleh Saori Ohishi) dan Aoba Kazane (disuarakan oleh Kaede Hondo). Di Seitouchi-lah mereka berlatih untuk menjadi pemain Keijo!!!!!!!! profesional. Banyak juga siswa-siswa Keijo!!!!!!!! di Setouchi yang memiliki bakat dalam olahraga satu ini. Misalnya, Mio Kusakai (Hibiku Yamamura), gadis blasteran dengan teknik-teknik misterius dan mematikan. Hanabi Kawai (Rena Maeda) yang menyerang titik-titik lemah lawannya, Rin Rokudou (Rie Takahashi), gadis yang memiliki serangan tajam bak serigala atau Kotone Fujisaki (Shizuka Ishigami), gadis fujoshi yang dapat memanggil sang penjaga neraka dari mitologi Yunani, Cerberus di pantatnya.

Menjunjung tinggi sportsmanship
Menjunjung tinggi sportsmanship

Keijo!!!!!!!! membuktikan bahwa anda bisa mendapatkan sebuah seri yang serius walapun seri tersebut memiliki fanservice. Keahlian XEBEC dalam fanservice berhasil dimanfaatkan sepenuhnya dalam Keijo!!!!!!!!, sebuah seri olahraga pertarungan dengan pantat dan dada. Tidak seperti seri-seri yang umumnya memanfaatkan fanservice untuk meng-offset kekurangan dari segi ceritanya (dan kadang dianimasikan secara buruk), fanservice di Keijo!!!!!!!! malah menjadi bintang utamanya. Adegan Race (istilah di Keijo!!!!!!!! yang artinya pertandingan) yang pastinya menggunakan pantat dan dada dianimasikan dengan ciamik nan elok. Serangan pada saat Race berlangsung dianimasikan secara tajam dan menggambarkan betapa mematikannya bila serangan tersebut mengenai lawan.

Metode Latihan pinggang yang unorthodox
Metode Latihan pinggang yang unorthodox
Tajam
Tajam
Kemarin lawan, sekarang teman
Kemarin lawan, sekarang teman

Dari segi cerita juga tidak kalah menarik. Perjuangan Nozomi dkk. yang berlatih di Seitouchi disajikan layaknya sebuah seri olahraga. Keijo!!!!!!!! menampilkan persahabatan, kerja keras dan sportsmanship layaknya seri olahraga seperti Kuroko no Basket dan Haikyuu!!. Adegan-adegan latihan menunjukkan semangat dan kerja keras para gadis-gadis Seitouchi untuk menjadi pemain profesional Keijo!!!!!!!!. Rivalitas juga bermunculan, contohnya Rin dan Miyata yang berlomba menjadi tercepat di Keijo!!!!!!!!.  Ada satu episode latihan dimana seperti beberapa seri olahraga lain, ada adegan training montage dengan teknik unorthodox. Pada episode tersebut, Nozomi harus bisa menarik lobak dengan ayunan pinggangnya tanpa merusak lobak yang ditarik. Ketegangan pada Race di Keijo!!!!!!!! juga menjadi sebuah bukti bahwa gadis yang berlomba di Keijo!!!!!!!! tidak main-main, mereka siap terluka menerima benturan keras dari ayunan pantat dan dada dari serangan musuh. Untungnya, Keijo!!!!!!!! tidak semena-mena harus berisi benturan keras. Para gadis juga berkesempatan untuk menampilkan sisi girlish mereka dalam adegan komedik yang berfungsi untuk meringankan suasana dalam seri ini dan mereka juga cute dan lovably, walau dua poin tersebut akan berubah saat mereka diatas Land (istilah panggung di Keijo!!!!!!!!).

Master Gilgamesh dari seri Fate adalah Aoba Kazane
Master Gilgamesh dari seri Fate adalah Aoba Kazane
Attack on Hip
Shingeki no Oshiri

Namun seiring berjalannya Keijo!!!!!!!!, tingkat kerealistisannya berubah dari Captain Tsubasa menjadi Inazuma Eleven. Saya pernah inisiatif ingin menanyakan apakah gerakan dalam Keijo!!!!!!!! bisa dilakukan kepada teman saya yang ahli dalam bidang sport science. Niat tersebut harus saya urungkan karena gerakan yang muncul lama-kelamaan semakin bombastis dan sudah mulai diluar nalar. Dimulai dari serangan pantat dengan efek seperti meriam udara yang dapat merobek pakaian, Cerberus, Gate of Buttbylon dan Shingeki no Oshiri sangat jelas sekali menunjukkan kalau Keijo!!!!!!!! bukan olahraga sembarangan, baik secara kerealistisannya maupun keseriusannya. Ada satu kemampuan dari Mio Kusakai yang dapat menghipnotis lawannya dengan menggunakan dadanya. Atau, yang jauh lebih menarik, Miyata membanting musuhnya dengan bantingngan Judo dengan menggunakan putingnya yang mengeras sehingga dapat memegang pakaian renang lawannya!!!!!!!! Saking bombastisnya gerakan dari Keijo!!!!!!!!, saya memutuskan untuk membuat sebuah kompilasi jurus yang tayang di seri Anime Keijo!!!!!!!! pada kesempatan lain di artikel berikut ini.

Konsep yang dibuat oleh Sorayomi Daichi – sang pencipta manga Keijo!!!!!!! –  sangat kental akan dada dan pantat. Menariknya, keahlian XEBEC dalam menggambar pantat dan dada berhasil menganimasikan Keijo!!!!!!!! dengan sukses. Tidak seperti garapan XEBEC pada umumnya, kali ini fanservice yang disuguhkan sangat menyenangkan dan tidak menganggu. Mungkin beberapa orang akan sulit menanggapi Keijo!!!!!!!! secara serius karena unsur fanservicenya dan nature dari olahraga Keijo!!!!!!!!! yang tidak lazim.

Bila diibaratkan dengan es krim, Keijo!!!!!!!! adalah es krim coklat yang berbentuk kotoran kuda dengan taburan susu kental manis, roti dan taburan coklat. Saat melihatnya anda akan mengira “kenapa ada roti, susu kental manis dan meses Ceres di kotoran kuda”, namun setelah iseng menjilatnya, anda akan mengatakan “oh es krim toh”. Singkat kata, Keijo!!!!!!!! adalah sebuah seri yang terlihat aneh namun ternyata seri ini adalah sebuah seri yang cukup menyenangkan untuk ditonton!!!!!!!!
kejoi9

Judul Lain 競女!!!!!!!!
Karya AsliManga karya Daichi Sorayomi
Pengisi SuaraHibiku Yamamura sebagai Mio Kusakai
Kaede Hondo sebagai Kazane Aoba
M.A.O sebagai Sayaka Miyata
Rena Maeda sebagai Hanabi Kawai
Rie Takashi sebagai Rin Rokudo
Saori Onishi sebagai Non Toyoguchi
Lynn Sebagai Nozomi Kaminashi
Misa Kayama sebagai Yuuko Ooshima
SutradaraHideya Takahashi (Fantasista Stella)
Penulis SkenarioTakao Kato
Desain KarakterKeiya Nakano (Aokana Four Rhythm, Yahari Ore no Sieshun Love Come wa Machigatteiru, Ao no Exorcist)
Lagu Pembuka“DREAMxSCRAMBLE!” oleh AiRi
Lagu Penutup“Fantas/HIP Girlfriends!” oleh Lynn, M.A.O, Kaede Hondo dan Saori Onishi
StudioXEBEC
Situs resmi http://keijollllllll.com/
Twitterhttps://twitter.com/keijoanime
Mulai tayang pada6 Oktober 2016 (1330 GMT, 2130 WIB, 1830 JST)

KAORI Newsline | Oleh Naufal Bayuaji Pawenang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.