BAGIKAN
Armada Terbaru Trans Jogja

Guna mendukung masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi publik, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan memberikan bus bantuan ke beberapa daerah. Tak hanya untuk Jakarta, Kementerian Perhubungan juga memberikan hibah untuk armada terbaru sistem BRT Trans Jogja di tahun 2016.

Sama seperti bus bantuan Kementerian Perhubungan untuk Jakarta, armada terbaru Trans Jogja juga digarap oleh karoseri asal Ungaran, Laksana dan menggunakan bodi Nucleus. Sama seperti armada Trans Jogja lainnya, bus ini juga berukuran sedang atau berukuran 3/4. Berbeda dengan Transjakarta Kopaja yang menggunakan chassis Isuzu u NQR-71, bus terbaru ini menggunakan chassis Isuzu seri Elf 130. Bila diperhatikan sekilas, desain bus ini terlihat mirip dengan desain Laksana Cityline 2 yang saat ini digunakan Transjakarta.

Advertisement Inline

Sebelumnya, Trans Jogja juga telah mendapatkan armada baru dari Kementerian Perhubungan yang mulai dioperasikan pada April 2016. Bus dengan chassis Hino dan bodi Laksana Nucleus 3 tersebut merupakan program bantuan Kemenhub pada 2015 dan menggantikan 34 unit bus-bus awal Trans Jogja yang sudah tidak layak pakai.

Sebanyak 10 bus Trans Jogja ini telah dikirim dari karoseri Laksana pada pertengahan Desember 2016 dengan total pengadaan seluruhnya sejumlah 30 bus. Diharapkan dengan adanya tambahan bus ini Trans Jogja akan semakin diminati oleh masyarakat dan mampu menopang sektor pariwisata yang menjadi andalan Yogyakarta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.