BAGIKAN

Setelah sebelumnya hadir edisi pertamanya, kini pihak Bentang Pustaka telah menerbitkan edisi kedua dari komik Only Human karya Mukhlis Nur. Hal ini terungkap dari salah satu foto dari pengguna Facebook bernama Dani Akbar Rizaldi yang memperlihatkan edisi kedua dari komik tersebut.

Komik Only Human berkisah mengenai manusia yang berubah menjadi mesin, mesin yang belajar untuk menjadi manusia, dan satu-satunya manusia yang hidup di antara para mesin. Komik ini sempat memenangkan penghargaan International Manga Award yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Jepang untuk kategori Bronze Award.

Advertisement Inline

Berikut adalah sinopsis dari komik ini:

“Lima ratus tahun setelah runtuhnya peradaban manusia, bumi berubah drastis dan untuk bertahan hidup, manusia harus menggunakan sisa-sisa terakhir dari teknologi untuk memindahkan “tubuh organik” mereka ke dalam mesin yang disebut automa. Semua yang tinggal pada masa sekarang adalah manusia automa dan para robot yang hidup seperti layaknya manusia. Sampai pada suatu hari, Dokter dan Yurika memeriksa Lab 21 dan menemukan sebuah kapsul raksasa bernama Ely- 210. Ketika dibuka, isi kapsul itu adalah seorang anak kecil berwujud manusia! Dokter dan robot asistennya, Yurika, membawa anak yang akhirnya diberi nama Ely itu ke kediaman mereka. Kenapa di dalam kapsul yang telah tertimbun selama ratusan tahun ada seorang anak kecil? Sampai semua puzzle ini terjawab, Ely akan hidup bersama Dokter dan Yurika.  

Ely menjadi satu-satunya kunci masa depan manusia yang tersisa saat ini.”

Sebelum diterbitkan oleh Bentang Pustaka, komik ini pernah diterbitkan secara indie oleh Mukhlis Nur, juga diterbitkan secara berkala melalui fan page dari komik ini. Bentang menerbitkan versi baru Only Humansejak tahun 2015 lalu.

Dengan tebal sebanyak 172 halaman, komik ini akan dibanderol sebesar 34.000 rupiah.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.