BAGIKAN

Ajang pencarian cosplayer berbakat se-Indonesia, CLAS:H (Cosplay Live-Action Show Hybrid) kembali diselenggarakan pada tahun 2017. Rangkaian acara CLAS:H 2017 kali ini dimulai dari Ibukota Jawa Barat, Bandung. Perhelatan audisi regional Jawa Bagian Barat ini diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 22 Januari 2017. Pada acara yang diselenggarakan di Balai Dayang Sumbi, ITENAS, Bandung tersebut dihadiri oleh beragam cosplayer yang unjuk kebolehan dalam berbagai perlombaan.

Acara tersebut juga semakin bertambah meriah dengan kehadiran beberapa bintang tamu. Salah satu bintang tamu yang menjadi perhatian para pengunjung di hari itu adalah kehadiran cosplayer asal Jepang yakni Usagi. Dalam acara yang diselenggarakan tak lama setelah penayangan episode spesial dari anime Granblue Fantasy the Animation tersebut, Usagi menyapa para penggemarnya dengan balutan kostum karakter Gita (Djeeta) dari game ponsel populer besutan Cygames, Granblue Fantasy.

Pada acara tersebut tim liputan lapangan KAORI Nusantara mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai cosplayer asal Jepang tersebut. Bagaimanakah kiprah Usagi dalam dunia cosplay internasional? Apa yang membuat Usagi tertarik bercosplay karakter dari seri Granblue Fantasy? Bagaimana komentar Usagi mengenai cosplayer di Indonesia? Ikuti kisah lebih lengkapnya dalam wawancara berikut ini.

Usagi menyapa para penggemarnya di CLAS:H Bandung 2017 (Foto: Rafly N)
Advertisement Inline

Selamat siang Usagi, pagi ini anda baru saja tiba di Bandung, bagaimana komentar anda mengenai Indonesia?

Halo selamat siang, wah Bandung ternyata panas juga yah, kagum saya sama cosplayer di sini bisa cosplay di cuaca seperti ini.

Selain Indonesia apakah Usagi pernah mengunjungi negara lain juga?

Saya pernah mengunjungi berbagai negara seperti Hongkong, Malaysia, Filipina, Vietnam, serta Thailand.

(Foto: Irfan D)

Dalam kunjungannya ke berbagai negara tersebut, apa hal yang paling anda sukai?

Saat mengunjungi tempat selain Jepang saya sangat senang sekali karena bisa bertemu dengan orang-orang baru meskipun saya kurang paham bahasa yang mereka bicarakan dan mereka juga tidak terlalu paham bahasa Jepang, perbedaan bahasa memang cukup menjadi permasalahan namun bagi saya tidak terlalu menjadi halangan karena meski bahasa kita berbeda namun saya sangat senang bisa bertemu dan mengenal orang baru di berbagai tempat.

Selain itu saya juga sangat senang waktu mengunjungi Hongkong karena di sana saya tampil satu panggung bersama para seiyuu (pengisi suara) dari game Granblue Fantasy.

Sudah berapa lama Usagi menekuni dunia cosplay?

Saya terjun ke dunia cosplay sepertinya sudah mencapai 8 tahun lamanya.

Apakah anda pernah berkolaborasi dengan cosplayer lain?

Oh iya saya suka berkolaborasi dengan Kaname.

Usagi berfoto bersama akun Granblue Fantasy salah satu staf KAORI (Foto: Irfan D)

Hari ini Usagi bercosplay sebagai Gita (Djeeta) dari Granblue Fantasy dan sebelumnya juga pernah bercosplay sebagai Vira, kenapa tertarik bercosplay karakter dari game tersebut?

Sebenarnya saya tertarik bercosplay Gita (Djeeta) dan Vira karena memang saya sangat suka bermain Granblue Fantasy saya juga tertarik untuk mengikuti Granblue Fantasy the Animation.

Bagaimana awalnya anda memulai bercosplay karakter dari seri Granblue Fantasy?

Pada awalnya saya mengikuti kompetisi cosplay Granblue Fantasy yang diadakan langsung oleh Cygames dan kemudian berhasil menang, dari saat itulah saya mulai cosplay sebagai karakter dari seri Granblue Fantasy.

Kemudian sebenarnya ada hal yang menarik dari cosplay Djeeta yakni boneka Vyrn yang selalu anda bawa, apakah anda membuat boneka itu sendiri?

Oh iya boneka ini merupakan salah satu karakter dari Granblue Fantasy namanya Vyrn, sering juga disebut sebagai Vii. Dalam cerita di game Vii ini sebenarnya naga, dan ingat dia ini bukan tokek ataupun kadal terbang loh! Boneka Vyrn ini tidak saya buat sendiri, ini boneka yang dijual secara resmi oleh pihak Cygames.

Boneka Vyrn (Foto: Irfan D)

Selain Gita dan Vira dari Granblue Fantasy apakah ada karakter lain yang anda sukai dari seri lain?

Saya cukup suka menonton beberapa anime dan juga bermain game. Salah satu game dan anime yang saya sukai adalah Kantai Collection dan saya sangat menyukai karakter Yamato dan Mutsu.

Kemudian berbicara mengenai cosplay, bagaimana komentar Usagi mengenai cosplayer yang ada di Indonesia?

Sejujurnya saya belum bisa menjawab banyak karena saya juga baru sampai di sini. Tapi kalau sekilas saya lihat saya cukup kagum dengan cosplayer Indonesia karena bisa bercosplay di tengah cuaca panas seperti ini. Selain itu dari beberapa yang saya lihat barusan cosplayer Indonesia juga banyak yang terlihat sangat kawaii loh.

(Foto: Irfan D)

Pertanyaan terakhir untuk Usagi, 8 tahun menekuni dunia cosplay, menurut anda apakah hal yang paling penting dalam cosplay?

Menurut saya yang terpenting dalam cosplay adalah cinta. Kecintaan kita dalam menekuni cosplay, mencintai karakter, itulah hal yang penting dalam cosplay.

KAORI Newsline | Wawancara oleh Rafly Nugroho | Foto oleh Irfan Dhafirwan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.