BAGIKAN

Sidang Isbat pada Rabu (16/5) telah memutuskan bahwa awal bulan Ramadan jatuh pada hari Kamis (17/5). Ramadan pun telah tiba, bulan dimana umat Islam di seluruh dunia beribadah dengan lebih tekun dibandingkan di bulan-bulan lainnya. Aktivitas keseharian pun jelas akan berubah, mulai dari bangun lebih pagi demi makan sahur, sudah bersiap-siap di meja makan menjelang azan magrib demi berbuka puasa, dan malamnya menunaikan salat tarawih di masjid.

Umat Islam yang menjalankan rangkaian ibadah di bulan Ramadan 1439 H ini juga termasuk para penggemar anime di Indonesia. Mungkin ada sebagian diantara anda yang bingung hendak menonton anime apa di bulan Ramadan tahun ini. Maka dari itu, sebagian staf KAORI telah memilih beberapa judul anime yang menurut masing-masing staf cocok untuk ditonton di bulan Ramadan, dengan berbagai macam alasan. Berikut pilihannya:

Flying Witch

©CHIHIRO ISHIZUKA.KODANSHA/Flying Witch Production Committee.

Ramadan membutuhkan suasana yang santai, damai, dan penuh kekeluargaan. Maka Flying Witch adalah judul yang cocok untuk mengisi sela-sela waktu menahan hawa nafsu anda. Coba anda tonton keseharian Makoto dalam menjalani kegiatan sebagai penyihir muda, yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kehidupan orang-orang biasa, selain dari bisa terbang dengan sapu (atau sebenarnya benda apapun bisa dipakai terbang, asal bisa seimbang saja), berbicara dengan kucing hitam, mencabut ‘ubi’ Mandrake, dan sebagainya. Kelucuan mereka amat nyaman untuk ditonton sembari menunggu azan maghrib tiba. (M Razif Dwi Kurniawan – The Indonesian Anime Times)

Youjo Senki

©Carlo Zen,PUBLISHED BY KADOKAWA CORPORATION/Saga of Tanya the Evil PARTNERS

Kisahnya tentang orang yang tidak percaya Tuhan tapi justru agar bisa sukses ia butuh pertolongan Tuhan. Ini anime pertobatan yang cocok ditonton di bulan puasa. Tidak ada ecchi, bunuh-bunuhan berlebihan dan temanya militer jadi bisa mengobarkan semangat jihad membela bangsa. (Rezky Amelia – Tim Medsos KAORI)

Saiki Kusuo no Ψ-nan

©麻生周一/集英社・PK学園2

Disaat semua orang berpikir kemampuan ESP akan sangat mempermudah hidup, Kusuo yang memiliki kekuatan esper merasa sangat terganggu akan berbagai macam kemampuannya. Komedi kilat garapan EGG Firm dengan JC Staff ini cocok sebagai teman ngabuburit anda. Untungnya, anime Ψtu ini sudah memasuki musim keduanya sehingga cocok apabila anda mau melakukan maraton sembari menunggu adzan maghrib. (Naufalbepe – KAORI Newsline)

Highschool DxD

© Ichihei Ishibumi / Miyama Rei / KADOKAWA / High School D × D HERO Production Committee

Selidik punya selidik, musim kedua Highschool DxD bertepatan sekali tayangnya pada bulan Ramadan 1435H. Dan entah kenapa, saya tidak ada sedikitpun bereaksi pada cobaan duniawi yang sering muncul dalam anime ini. Jika anda merasa butuh uji keimanan, silahkan tonton anime ini untuk ngabuburit. Bila anda khawatir kalau puasa anda akan batal, silahkan tonton anime ini sebagai teman berbuka puasa anda, mumpung musim keempatnya sedang tayang saat ini. Toh, pada dasarnya Highschool DxD adalah anime shounen dengan tema fighting. (Naufalbepe – KAORI Newsline)

Emiya-san Chi no Kyou no Gohan

©TAa・KADOKAWA・TYPE-MOON / Today’s Menu for Emiya Family Production Commitee

Ada puasa, ada momen berbuka puasa. Nampaknya momen tersebut bisa kita serupakan dengan apa yang terjadi di anime alternatif dari serial Fate ini, yang mana pada beberapa episodenya ada adegan makan malam bersama, seolah sedang santap berbuka puasa bersama keluarga besar Emiya. Ada beberapa rekomendasi masakan, baik itu masakan Jepang maupun masakan Barat yang mungkin bisa anda coba untuk menu berbuka puasa anda. Jika detail resep di animenya masih dirasa kurang, anda bisa mencoba membaca komiknya secara gratis di internet.

Selain karena bertema kuliner, ada satu hal yang membuat anime ini cocok ditonton di bulan Ramadhan: Karena ini bulan Ramadhan, memang sudah saatnya kita berhenti untuk berkelahi satu sama lain bukan? Sebagaimana para servant di anime ini yang berhenti memperebutkan cawan suci demi menikmati hidangan nikmat dari Emiya. (M Razif Dwi Kurniawan – The Indonesian Anime Times)

©TAa・KADOKAWA・TYPE-MOON / Today’s Menu for Emiya Family Production Commitee

Anime “Memasak bersama Emiya” ini menurut saya sangat cocok untuk menjadi pilihan tontonan menit terakhir menunggu berbuka puasa. Seri Fate yang satu ini selain memiliki suasana yang hangat nan santai, Memasak Bersama Emiya mungkin dapat memberi anda inspirasi untuk menu berbuka atau menu sahur. Siapa sih yang tidak mau mencoba merasakan hidangan enak buatan Emiya? (Naufalbepe – KAORI Newsline)

Cinderella Monogatari

Ⓒ Tatsunoko Production·Marubeni

Satu lagi anime yang diangkat dari karya sastra klasik, dengan penambahan alur yang cukup memukau. Kalau bulan Ramadan adalah bulan di mana kita harus menahan segala hawa nafsu, hingga emosi, maka belajarlah dari Cinderella di anime ini, di mana apapun yang terjadi padanya, selalu saja ia hadapi dengan ikhlas dan legowo, hingga akhirnya karma baik pasti akan datang. Mungkin rada-rada mirip sinetron memang. Tapi hey, ini anime bagus banget dan wajib ditonton. (Dody – KAORI Newsline)

Captain Tsubasa (2018)

© Yoichi Takahashi / Shueisha • 2018 Captain Tsubatsa Production Committee

Ketika mendengar kata “anime” dan ‘bulan puasa” alias bulan Ramadhan, saya pun langsung teringat dengan beragam anime bertema olahraga yang sedang/pernah ditonton. Captain Tsubasa yang pada musim semi 2018 hadir kembali dalam versi remake oleh studio David Production bisa menjadi anime pilihan bagi Kaoreaders untuk menunggu waktu berbuka alias ngabuburit. Aksi permainan sepak bola dalam anime ini sama serunya dengan versi lawas yang pernah tayang di televisi. Mungkin saja, karena anime ini Anda malah mengajak teman Anda untuk menunggu waktu berbuka dengan bermain sepak bola atau futsal. (Tanto Dhaneswara – KAORI Newsline)

World Masterpiece Theater

©Nippon Animation

Apa yang enak ditonton di bulan Ramadan? Tentu saja menonton kisah yang sudah dikenal betul substansi ceritanya! World Masterpiece Theater bukanlah judul anime, melainkan “brand” dari sejumlah anime yang diangkat dari kisah-kisah sastra klasik yang sudah mendunia seperti Heidi, Peter Pan, hingga Tom Sawyer. Kisah-kisah klasik yang mungkin sudah cukup familiar, terutama di masa-masa kecil kita. Semuanya disajikan dengan apik dalam bentuk anime, dan sejumlah “penyesuaian” yang cukup apik oleh Nippon Animation, tak heran “brand” ini cukup dikenal di sejumlah penyuka anime klasik di seluruh dunia, dan kerapkali ditayangkan di TV-TV di sejumlah negara, termasuk Indonesia. (Dody – KAORI Newsline)

Fullmetal Alchemist: Brotherhood

© 荒川弘/鋼の錬金術師製作委員会・MBS

Mengingat menantikan berbuka puasa membutuhkan banyak waktu yang dibuang judul ini sangat cocok. (Hamdan Maulana – Quarterback)

Cardcaptor Sakura

© CLAMP・ST/Kodansha・NEP・NHK

Dibandingkan seri terdahulunya, Cardcaptor Sakura Clear Card terasa lebih banyak menampilkan adegan masak dan makan-makan. Dan dengan penekanan pada persahabatan dan rasa kekeluargaan, makan-makannya pun sering dilakukan bareng-bareng, saling berbagi rasa dari makanan yang dibawa masing-masing atau bahkan dibuat sendiri. Dengan demikian, selain bisa menjadi sumber inspirasi untuk menu buka dan sahur, Cardcaptor Sakura juga mengajarkan untuk mensyukuri kebersamaan yang dapat diperoleh dari makan bersama. (Halimun M – The Indonesian Anime Times)

Shirobako

© “SHIROBAKO” Production Committee

Gampang aja sih: inspiratif dan tidak NSFW. (Dany Muhammad – The Indonesian Anime Times)

Gochuumon wa Usagi Desu ka?

©Koi・Houbunsha/Is the Order Production Commitee??

“Berbukalah dengan yang manis” – Iklan minuman teh kemasan nasional. (Naufalbepe – KAORI Newsline)

Anime ini cocok ditonton ketika berbuka puasa, sebabnya “berbukalah dengan yang manis-manis.” Apalagi jika ditemani dengan “coffee” atau “green tea”. (M Razif Dwi Kurniawan – The Indonesian Anime Times)

KAORI Newsline