Produser Studio Ghibli Toshio Suzuki, baru-baru ini mengumumkan bahwasanya Hayao Miyazaki tengah mempersiapkan diri untuk film terbarunya.

Suzuki juga menyebutkan bahwasanya Miyazaki sempat memperlihatkan storyboard atas film terbaru tersebut padanya. Dan masih menurut pengakuan Suzuki, Miyazaki bekerja sangat keras di Tokyo demi film tersebut.

Sebelumnya, melalui acara Owaranai Hito Miyazaki Hayao (The Man Who Is Not Done: Hayao Miyazaki) yang disiarkan oleh stasiun televisi asal Jepang NHK baru-baru ini, Hayao Miyazaki, sosok beken di balik Studio Ghibli yang sempat menyatakan diri telah pensiun pada tahun 2013 lalu ini menyatakan bahwasanya dirinya memiliki keinginan untuk “turun gunung” untuk kembali aktif di dunia perfilman animasi yang telah membesarkan namanya ini.

Advertisement Inline

Miyazaki sendiri telah menyiapkan proposal untuk film terbarunya, di mana rencananya film tersebut akan diselesaikan pada tahun 2019, setahun sebelum Olimpiade Tokyo tahun 2020. Sementara itu, Toshio Suzuki selaku produser Studio Ghibli juga sempat menyatakan bahwasanya Miyazaki akan terus menulis naskah hingga akhir hayatnya.

Sebelumnya, meski menyatakan diri  telah pensiun, Miyazaki sendiri rupanya “tidak benar-benar pensiun”. Hal ini terlihat di mana dirinya sendiri sejak tahun 2015 lalu tengah sibuk menggarap film pendek bergrafis 3D berjudul “Kemushi no Boro” (Boro the Caterpillar). Disebutkan bahwa film 3D pendek berdurasi 10 menit, yang dikerjakannya secara digital lengkap dengan bantuan Pen Tablet tersebut akan diputar secara terbatas di museum Ghibli.

Berkaitan dengan film pendek bergrafis 3D mutakhir, yang dikerjakannya, lengkap dengan teknologi digital, dengan bantuan Pen Tablet ini, Miyazaki yang dikenal dengan film-film animasi bergrafis 2D ini cukup berjuang keras menyesuaikan diri dengan “teknologi baru” ini. Meskipun begitu, dirinya sempat menuturkan bahwa dirinya kurang puas dengan proyek film pendek ini. Karena itulah dirinya kini tengah mempersiapkan proposal untuk karya terbarunya yang disebut-sebut tersebut.

Adapun mengenai proyek Boro the Caterpillar yang dikerjakannya dengan Pen Tablet ini, intip beberapa gambar yang dibuat oleh Miyazaki berikut ini:

This slideshow requires JavaScript.

Adapun, Studio Ghibli sendiri tengah berencana akan hadir di Indonesia pada tahun 2017 mendatang. Disebut-sebut bahwasanya Hayao Miyazaki mengungkapkan rasa gembiranya atas rencana ini. Sebagai seorang pembuat film yang masih aktif mengerjakan animasi di Ghibli sampai hari ini, ia merasa sangat senang bisa tahu bahwa filmnya akan diputar.

Baca Juga: 2017, Pameran dan Film-Film Studio Ghibli Akan Hadir di Indonesia

KAORI Newsline | Courtesy of Hachima Kikō & ANN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.