Kunjungan kenegaraan Raja Salman ke Indonesia pada tanggal 1-12 Maret 2017 membawa angin segar bagi sejumlah sektor di Indonesia, termasuk perkeretaapian. Delegasi dari negara Arab Saudi ternyata membawa orang-orang penting seperti beberapa pebisnis dan pihak kementerian. Mereka menyempatkan untuk melihat produk perkeretaapian Indonesia yang dibuat oleh PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun.

Dilansir dari Detik, setelah diajak berkeliling di area pabrik INKA, Humas Protokoler INKA M. Choliq, menjelaskan bahwa mereka tertarik dengan produk perkeretaapian dari Indonesia. Choliq menjelaskan bahwa sampai saat ini belum ada pembahasan untuk pembelian unit kereta baru untuk Arab Saudi, namun sudah ada ketertarikan mereka untuk menawarkan pabrikan rolling stock yang berbasis di Madiun ini untuk bagian support serta perawatan perkeretaapian di sana.

Salah satu rolling stock terbaru milik Arab Saudi
Salah satu rolling stock terbaru milik Arab Saudi

Choliq juga kembali menjelaskan bahwa untuk pengadaan unit baru akan diadakan pembicaraan lebih lanjut dalam pertemuan – pertemuan berikutnya, ketertarikan Arab Saudi dalam produk perkeretaapian buatan anak bangsa ini kembali membuat peluang INKA untuk melakukan penetrasi pasar bagi negara – negara di Asia Selatan dan Tengah setelah sebelumnya sukses kembali mendapatkan kesempatan untuk mensuplai produk kereta penumpang tanpa penggerak di negara Bangladesh.

Cemplus Newsline by KAORI

Advertisement Inline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.