Siapa yang tidak kenal Didi Kempot? Pelantun lagu-lagu campursari yang terkenal dengan lagunya “Stasiun Balapan” ini kini ditunjuk sebagai duta kereta api (KA) oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Kamis (9/3). Penunjukkan Didi Kempot sebagai Duta KA ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Musik Nasional.

Penyanyi dengan nama asli Didi Prasetyo ini ditunjuk secara resmi oleh Direktur Utama (Dirut) KAI Edi Sukmoro di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.  Menurut Edi, kedekatan Didi Kempot dengan masyarakat serta nilai-nilai budaya lokal dapat menjadi sarana untuk memudahkan sosialisasi terkait kereta api kepada masyarakat lokal. Selain itu, hal ini juga sejalan dengan  tujuan KAI untuk turut berperan serta melestarikan budaya Nusantara. Setelah pada beberapa tahun yang lalu sempat meluncurkan kereta batik, kini KAI ingin kembali berperan dengan menunjuk penyanyi lagu daerah (campursari) sebagai Duta KA.

“Mas Didi ini banyak disukai orang, tentu saja diharapkan mampu menyapa bukan hanya anak muda saja, tapi juga orang tua, kalau Mas Didi yang menyampaikan pasti lebih cocok,” ujar Edi Sukmoro seperti yang dilansir dari ANTARA News.

Didi Kempot saat perform menghibur Penumpang di stasiun gambir | Sumber: Sindo News
Didi Kempot saat menghibur Penumpang di stasiun Gambir bersama Dirut KAI Edi Sukmoro | Sumber: Sindo News

Edi juga berharap Didi Kempot dapat membantu mensosialisasikan pembelian tiket melalui media elektronik yang lebih mudah serta tidak perlu menggunakan calo tiket pada masa Lebaran 2017. Mengenai hal ini, Didi pun berpendapat bahwa sekarang pembelian tiket lebih mudah dan sudah tidak perlu lagi membeli via calo.

Advertisement Inline

“Sudah enggak usah beli tiket di calo-calo atau lempar-lempar kereta di jalan,” sebut Didi.

Didi pun merasa cukup bangga dengan penunjukkan dirinya sebagai duta KA, karena menurut dirinya dia dibesarkan oleh perkeretaapian melalui lagu “Stasiun Balapan”nya.

“Makanya saya cinta dengan kereta karena Stasiun Balapan itu, tapi sekarang sudah beda jauh lebih bersih, sekarang stasiun tidak jauh beda dengan hotel,” tuturnya.

Usai penunjukkan secara resmi sebagai Duta, Didi Kempot langsung melaksanakan tugas perdananya di Stasiun Gambir. Bersama grup musik Starplus yang rutin menghibur calon penumpang KA di lantai 2 Stasiun Gambir, Didi Kempot berkesempatan menghibur para calon penumpang membawakan beberapa lagu yang pernah dipopulerkannya. Ia juga berkesempatan bertugas menjadi petugas boarding di gate penumpang, serta menyapa dan menanyakan tentang kesan para calon penumpang menggunakan kereta api.

Sebelumnya, artis-artis yang pernah menjabat sebagai Duta KA adalah grup band ST12 dan juga Almarhum Didi Petet.

Cemplus Newsline by KAORI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.