BAGIKAN

Selain masalah pelecehan seksual, perkeretaapian Jepang juga dilanda masalah sebagai salah satu tempat favorit untuk bunuh diri. Di negara yang KRLnya berjalan di sebelah kiri ini pun, akhirnya JR East memutuskan memasang lampu biru yang diklaim mampu mencegah bunuh diri.

JR East akan memasang lampu seperti ini di seluruh stasiun mereka di Yamanote Line, dan diperkirakan pemasangan ini akan selesai akhir Oktober mendatang. Sebelumnya, lampu seperti ini sudah terlebih dahulu dipasang di beberapa stasiun di Takasaki Line dan Chuo Main Line milik JR.

Advertisement Inline

Menurut JR East, hal ini dilakukan setelah adanya kecenderungan peningkatan kasus bunuh diri di stasiun, dari 42 di tahun 2006, 58 di tahun 2007, dan 68 kasus di tahun 2008. Umumnya, mereka melompat di depan KRL yang akan berhenti di peron stasiun.

Sebelum JR East, lampu biru dengan teknologi LED (light emitting diode) ini juga sudah dipasang di salah satu stasiun di jalur Keihin Electric Railway. Dan entah berkaitan atau tidak, kasus bunuh diri yang terjadi pun menurun.

Meski para ahli psikologi masih mempertanyakan manfaat lampu ini, kemungkinan besar dalam waktu mendatang sebagian besar stasiun juga akan dipasangi lampu seperti ini, yang diklaim memiliki efek menenangkan.

KAORI Newsline | Sumber http://www.cartoonleap.com/2009/09/17/blue-lights-installed-in-japan-train-stations-to-prevent-suicide/

 

 

BAGIKAN
Artikel sebelumnyaSankaku, Raep, dan Nilai Berita
Artikel selanjutnyaMalingsia: Bukan Hanya Indonesia Korbannya!
Editor senior di KAORI Nusantara. Menikmati anime dan mengamati perkembangan transportasi Jabodetabek sejak 2007. Jurnalisme adalah kejujuran tanpa rasa takut.

2 KOMENTAR

  1. uedan canggih bangaet orang  jepang……upluzt for ide jepang<prok-prok-prok>..andai saja di Indonesia dipasang fasilitas seperti itu..gak bisa bayangin berapa tarus bunuh diri yang dapat dicegah…<hahahahahahahahha>elok tenan jepan………

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.