BAGIKAN
(© Reki Kawahara/ ASCII Media Works/SAO Project)

Sword Art Online merupakan salah satu seri novel ringan yang tengah populer pada saat ini. Seri novel ringan yang dikarang oleh Reki Kawahara tersebut juga turut diadaptasi menjadi komik, anime, dan game. Sementara itu, film layar lebarnya (Sword Art Online: Ordinal Scale) yang turut diputar di layar bioskop Indonesia juga berhasil mendapat sambutan hangat oleh para penggemarnya di tanah air.

Walau Dalam Pengawasan, Premiere Sword Art Online: Ordinal Scale Berlangsung Seru

Meskipun begitu, kepopuleran seri Sword Art Online sempat menimbulkan kontroversi di Amerika Serikat. Seorang guru dari SMP Jerome Middle School di Idaho melaporkan volume pertama novel ringan Sword Art Online agar ditarik dari koleksi perpustakaan sekolah. Laporan tersebut berawal dari keluhan seorang siswa yang menganggap novel tersebut mengandung unsur bahasa dan ilustrasi gambar yang kurang pantas. Dilansir dari situs Comic Book Legal Defense Fund (CBLDF), keluhan yang dimaksud adalah ilustrasi seorang karakter perempuan mengenakan pakaian dalam yang berbagi ranjang dengan seorang karakter laki-laki.

Sampul novel ringan Sword Art Online: Aincrad volume pertama (© Reki Kawahara/ASCII Media Works/SAO Project)
Advertisement Inline

Menanggapi hal tersebut, pihak National Coalition Againts Censorship (NCAC) mengirim surat rekomendasi kepada pihak Jerome Middle School untuk membatalkan keputusan tersebut. Dalam suratnya, pihak NCAC menjelaskan bahwa keputusan penarikan novel tersebut dari perpustakaan sekolah dapat memicu protes serupa terhadap berbagai koleksi literatur klasik yang memiliki muatan konten serupa. Selain itu, keputusan tersebut juga berlawanan dengan prinsip Amandemen Pertama konstitusi negara Amerika Serikat mengenai kebebasan intelektual serta kebijakan dari sekolah tersebut.

Komite dari sekolah Jerome Middle School kemudian mengadakan diskusi serta penarikan suara untuk menanggapi surat rekomendasi dari NCAC. Mereka pun akhirnya memutuskan untuk tetap mempertahankan novel Sword Art Online di perpustakaan sekolah.

© 2016 Reki Kawahara/Published by Kadokawa Corporation ASCII Media Works/SAO MOVIE Project

Ditulis sejak tahun 2009, Sword Art Online adalah seri novel ringan yang mengisahkan petualangan Kirito, Asuna, dkk. dalam sebuah dunia virtual reality. Cerita SAO bermula ketika Kirito, Asuna, dkk  terjebak dalam game virtual reality bernama Sword Art Online. Bila mereka terbunuh dalam game tersebut, maka mereka juga akan mati di dunia nyata. Kirito bersama dengan ribuan pemain lainnya yang terjebak harus bertempur untuk naik menuju lantai ke-100 menara Aincrad agar dapat keluar dari game tersebut.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.