BAGIKAN

Hayao Miyazaki, sutradara legendaris dari Studio Ghibli, dikabarkan akan kembali “turun gunung” untuk memproduksi film animasi terbaru. Diungkapkan oleh Toshio Suzuki selaku produser dari studio tersebut, Miyazaki disebut-sebut telah menyiapkan proposal untuk film tersebut. Rencananya, film tersebut akan diselesaikan pada tahun 2019.

Hal tersebut juga telah dikonfirmasi melalui sebuah program dokumenter berjudul Owaranai Hito Miyazaki Hayao (The Man Who Is Not Done: Hayao Miyazaki) yang ditayangkan oleh stasiun televisi NHK pada bulan November 2016.

Meskipun begitu, Toshio Suzuki akhirnya mengungkapkan maksud sebenarnya dari kabar tersebut kepada para wartawan Jepang setelah acara penganugerahan Academy Awards ke-89 yang digelar pada tanggal 26 Februari 2017.

Toshio Suzuki, produser dari Studio Ghibli (sumber: logmi.jp)
Advertisement Inline

Dalam acara jumpa pers yang disiarkan secara langsung melalui platform live-streaming LINE LIVE, Suzuki mengatakan bahwa Miyazaki memang telah merencanakan untuk memproduksi film animasi terbaru, namun hal tersebut masih berada dalam tahap persiapan. Mereka membutuhkan sedikitnya 600 orang staf untuk memproduksi sebuah film animasi, sedangkan saat ini hanya Miyazaki yang tengah memikirkan proyek ini. Karena hal itu, ia pun belum mengumumkan proyek film tersebut secara resmi.

Dengan sedikit berkelakar, Suzuki pun juga mengatakan bahwa secara teknis, Miyazaki saat ini masih pensiun, kecuali bila ia benar-benar memproduksi dan menyelesaikan proyek filmnya.

Hayao Miyazaki sebelumnya telah memutuskan untuk pensiun dari dunia animasi setelah menyutradarai film The Wind Rises yang dirilis pada tahun 2013. Meskipun begitu, ia kembali aktif di dunia animasi dengan mengerjakan sebuah film pendek 3DCG berjudul Kemushi no Boro (Boro The Caterpillar). Film pendek tersebut rencananya akan diputar secara terbatas di Museum Ghibli pada tahun 2017.

Belakangan, Toshio Suzuki akhirnya mengumumkan bahwasanya film pendek tersebut akan memulai debutnya pada bulan Juli mendatang. Di mana sesuai rencana, film pendek tersebut rencananya akan diputar secara terbatas di Museum Ghibli pada tahun 2017. Adapun di luar film pendek tersebut, Toshio Suzuki kembali membantah kabar bahwa Hayao Miyazaki akan merilis sebuah film baru pada tahun 2019 mendatang.

Di sisi lain, berbagai karya dan film dari Studio Ghibli disebut-sebut akan hadir di Indonesia. Dengan menggandeng Kaninga Pictures, berbagai karya tersebut rencananya akan dipamerkan pada tahun 2017.

Baca juga:

Akankah Hayao Miyazaki ke Indonesia? Ini Jawaban Toshio Suzuki

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.