BAGIKAN
Ilustrasi KRL Commuter Line (KAORI Nusantara / Farouq Adhari)

reon

Sering menggunakan layanan kereta rel listrik (KRL) Commuter Line di Jabotabek? Pasti anda sudah akrab dengan bentuk peta rute KRL yang umumnya dipasang di stasiun atau di dalam rangkaian KRL. Namun, apa jadinya kalau peta tersebut dibuat menjadi bergaya ala peta KRL komuter Jepang?

Peta Rute KRL Commuter Line yang Berlaku mulai tahun 2017 | Sumber: Laman Resmi KCJ

Adalah Akineko Creative Workscircle (lingkar kreatif) yang beranggotakan sejumlah illustrator asal Indonesia yang “menyulap” peta rute KRL di Jakarta menjadi terlihat seperti peta rute KRL milik East Japan Railway Company (JR East). Peta rute ini diunggah melalui laman penggemarnya di jejaring sosial facebook.

Berikut ini merupakan peta rute KRL Commuter Line ala JR East: 

Sosok kreatif dibalik peta kreatif iniyang merupakan salah satu ilustrator komik Akinecomic, Kaneko. K, menjelaskan bahwa hal ini merupakan kegiatan “iseng” belaka di saat waktu luangnya. Selain itu, sang kreator tersebut juga dikenal suka memplesetkan kata-kata dari bahasa Indonesia menjadi bahasa Jepang.

Hal yang menarik bukanlah model petanya saja yang dibuat layaknya peta rute ala JR East namun nama seluruh stasiunnya juga telah disadur menjadi bahasa Jepang. Menurut penuturan anggota dari circle Akineko yang membuat peta rute tersebut kepada tim Cemplus Newsline, nama-nama stasiun yang ada pada rute ini telah dirubah sesuai dengan asal-usul penamaan asli stasiun, contohnya stasiun Tanah Abang menjadi Akatsuchi-cho (赤土町) karena Tanah Abang sendiri memiliki arti Tanah Merah sehingga menjadi Akatsuchi (Aka = Merah, Tsuchi = Tanah). Akan tetapi, ada juga stasiun yang tidak ditranslasikan sebagaimana mestinya, seperti Bogor menjadi Bogoru, karena kreatornya sendiri menyerah mencari asal-usul kota Bogor dan akhirnya memplesetkan namanya menjadi Bogoru, dengan catatan penggunaan kanji sesuai dengan kaidahnya dan artinya tidak “aneh”.

Ilustrasi gambar peta rute bila ditampilkan di layar informasi (Akineko Creative Works)
Ilustrasi gambar peta bila ditampilkan di layar informasi (Akineko Creative Works / Kaneko K.)

Walaupun sang kreator mengatakan hal tersebut adalah kegiatan “kurang kerjaan”, namun peta rute tersebut merupakan karya yang dapat dikatakan “sangat niat” karena sampai harus meriset asal-usul nama asli dari stasiun di Jabotabek agar memiliki arti yang cocok meskipun pada beberapa nama stasiun ada yang terkesan “sangat dipaksakan”.

Bagaimana Kaoreaders, Bisa menebak masing-masing nama stasiun asli sesuai jalurnya?

Cemplus Newsline by KAORI