BAGIKAN
© Yoshitoki Ooima, Kodansha / Koe no Katachi Film Production Committee

reon

Ajang penghargaan Japan Movie Critics Awards ke-26 akhirnya mengumumkan jajaran para pemenangnya pada hari Selasa (17/2). Para penerima penghargaan ini adalah berbagai judul film maupun mereka yang terlibat dalam produksi film yang diputar pada tahun 2016.

Film A Silent Voice (Koe no Katachi) yang diproduksi oleh studio Kyoto Animation berhasil meraih penghargaan Film Animasi Terbaik Tahun Ini. Sementara itu, Makoto Shinkai yang menjadi sutradara film anime your name. (Kimi no Na wa) berhasil mendapatkan penghargaan untuk kategori Sutradara Film Animasi Terbaik.

Para insan animasi Jepang lainnya yang turut menerima penghargaan ini adalah Masako Nozawa (terkenal karena mengisi suara Goku dari anime Dragon Ball), seiyuu veteran yang meraih penghargaan Pengisi Suara Animasi Terbaik karena perannya di film anime Kaze no You ni. Selain itu, Leiji Matsumoto, kreator dari berbagai seri anime dan manga dan sutradara dari serial anime Space Battleship Yamato, menerima penghargaan Diamond Grand Prix untuk kategori animasi karena jasanya dalam menaikkan nama perfilman Jepang di kancah internasional.

Penghargaan Japan Movie Critics Awards sebelumnya juga memberikan penghargaan terhadap berbagai judul film anime lainnya, seperti Bakemono no KoRakuen Tsuihou, The Tale of Princess KaguyaŌkami Kodomo no Ame to Yuki, dan berbagai film dari seri Detektif Conan. Adapun para sutradara yang meraih penghargaan kategori Sutradara Animasi Terbaik dalam ajang ini di antaranya Masakazu Hashimoto, Hiromasa Yonebayashi, Isao Takahata dan Hideaki Anno. Komikus Go Nagai yang membuat seri Devilman dan Mazinger Z menerima penghargaan Diamond Grand Prix kategori animasi pada tahun lalu.

KAORI Newsline