Ayumi Hamasaki Mulai Mengalami Kehilangan Pendengaran Total

0

Berita kurang baik datang dari diva musik Jepang, Ayumi Hamasaki. Ayu, panggilan akrabnya, yang tengah menjalani tur tahunan memberikan kabar pada penggemarnya melalui blog pribadinya bahwa dirinya mulai mengalami gangguan pendengaran di telinga kanannya, setelah bertahun-tahun telinga kirinya juga mengalami gangguan yang sama.

“Sebelum tur tahun ini dimulai, saya menerima berita buruk kedua- pendengaranku mulai memburuk. Bagian semicircular canal telinga mulai mengalami gangguan dan saya mengalami pusing yang sangat berat. Saya bahkan tak mampu berjalan lurus, dan terpaksa pergi menuju toilet ketika di studio rehearsal untuk muntah. Saya terus mencoba untuk tampil tenang, tapi setelah beberapa tes pendengaran, telinga kanan saya (yang selama ini terus bekerja lebih dikarenakan telinga kiri yang telah mengalami gangguan) melemah dengan sangat cepat. Saya tak punya ingatan jelas saat perjalanan pulang waktu itu. Saya hanya mengingat bagaimana saya, sebagai penyanyi, akan menghadapi ini (karir) dengan dua telinga yang sudah tak berfungsi. Selain itu, saya merasa di dalam kegelapan.”

Berita ini sebenarnya tidak mengherankan mengingat telinga kirinya sudah mengalami gangguan yang parah sejak tahun 2008.

Ayumi Hamasaki

Dalam tur konsernya pada tahun 2000, Ayu mendapatkan demam yang diiringi gangguan telinga. Ia diperingatkan oleh dokternya untuk meringankan atau mengurangi kegiatan beliau yang berhubungan dengan suara keras agar gangguan telinganya dapat pulih. Namun, Ayu hanya menghabiskan beberapa hari di rumah sakit dan langsung menjalani kembali turnya. Ayu sama sekali tak membatalkan turnya waktu itu, dan terus melanjutkan sampai selesai.

Advertisement Inline

Dalam gladi resik untuk DOME TOUR 2001, Ayu didiagnosis menderita tinnitus, gangguan berupa dengingan di telinga yang diakibatkan terus menerus mendengarkan suara keras.

Meski ia diperingatkan untuk mengurangi berbagai aktivitas tur konser dan musiknya,, Ayu terus mengabaikannya. Akhirnya pada tahun 2007, sebelum konser Countdown Live untuk merayakan tahun baru dan 10 tahun karirnya sebagai penyanyi, telinga Ayu mulai mengalami gangguan. Pada 2008, kondisinya sudah tak bisa disembuhkan lagi. Telinga kirinya mengalami tuli total dan tidak bisa disembuhkan.

Walau demikian, Ayu tetap menegaskan bahwa dirinya akan meneruskan karirnya sebagai penyanyi sampai batas tubuhnya mengizinkan. Menurutnya, sebagai seorang penyanyi profesional, sudah menjadi kewajiban untuk menyajikan performa terbaik yang diharapkan.

Mengenai kejadian  baru-baru ini setelah mendapatkan operasi lutut akibat cedera, dan telingat kanannya mulai mengalami gangguan, Ayumi Hamasaki mengakui bahwa kondisinya sudah tidak ideal untuk terus berkarir sebagai penyanyi. Namun Ayu kembali menegaskan kalau dirinya tak akan langsung mengakhiri karirnya.

“Di panggunglah tempatku berada. Satu-satunya tempat dimana saya benar-benar hidup. Saya tak tahu selain itu. Tak ada gunanya mengkhawatirkan apa yang ada di masa depan. Saya akan mencoba untuk tetap mendengar, meski sudah tidak bisa mendengar. Saya akan tetap berjalan kedepan, walau pada akhirnya saya sudah tak bisa berjalan lagi. Saya tak meminta simpati atau belas kasih. Saya akan menatap tinggi kedepan sampai akhir nanti.”

KAORI Newsline | Ditulis Oleh: Firman Ali

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.