BAGIKAN
(Dari kiri ke kanan) VP Komunikasi KCJ, Dirut KCJ, Dirtek KCJ dan Humas KAI Daop 1 di konferensi pers terkait Vending Machine dan Stasiun Klender | Foto: Fasubkhanali

PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) bersama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta serta Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan  (Kemenhub) akan segera menindaklanjuti permasalahan dari terbakarnya stasiun Klender pada Jum’at (19/5). KCJ, KAI serta Dirjen Perkeretaapian akan membangun hall sementara agar stasiun tersebut dapat segera melayani penumpang KRL seperti sebelumnya.

Pada Selasa (23/5), pembangunan hall sementara di Stasiun Klender sudah dilakukan dan terus dipercepat. Progress pembangunan hall baru telah memasuki tahap pembuatan rangka atap, pemasangan pondasi gate elektronik, penyambungan listrik dari PLN serta pekerjaan lainnya. Untuk ruangan lain seperti musholla, pihak KCJ mengatakan tidak menambah ruang tersebut karena sudah terdapat masjid yang cukup besar di dekat stasiun Klender.

Baca Juga : Stasiun Klender Kebakaran, Perjalanan KRL Lintas Bekasi Terganggu

Advertisement Inline

Hall sementara ini memiliki ukuran 260 meter2 serta dilengkapi dengan 6 buah gate elektronik, 2 loket, ruang server, 2 toilet portable serta ruang operasional stasiun. Untuk area naik-turun penumpang atau peron stasiun masih dapat difungsikan tanpa adanya kerusakan serius. Pembangunan hall sementara ini diharapkan dapat selesai dan akhir pekan ini sesegera mungkin bisa digunakan.

Stasiun Klender yang berada di jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur merupakan salah satu stasiun yang masuk dalam program revitalisasi stasiun oleh Dirjen Perkeretaapian. Bangunan stasiun Klender akan dibuat menjadi 2 tingkat serta menjadi stasiun yang dilewati double-double track (DDT) atau jalur dwiganda sepanjang lintas Manggarai sampai Bekasi. Jalur dwiganda ini akan memisahkan jalur KRL Commuter Line dengan kereta api jarak jauh (KAJJ).

Selama masa pembangunan hall sementara di stasiun Klender, penumpang KRL dapat menggunakan stasiun alternatif yang terdekat dengan stasiun Klender yaitu stasiun Buaran dan stasiun Jatinegara. Di kedua stasiun tersebut, KCJ telah menambah beberapa petugas pelayanan dan petugas keamanan sebagai antisipasi peralihan penumpang KRL akibat dari ditutupnya stasiun Klender.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.