© Group TAC/Madhouse/TV Tokyo/Koleksi Pribadi

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, Stasiun televisi Global TV baru-baru ini kembali memutar salah satu anime klasik, yaitu Captain Tsubasa Road to 2002Anime ini mulai ditayangkan kembali pada 22 Mei 2017, dan akan ditayangkan setiap hari Senin sampai Jumat pada pukul 12:00 WIB hingga 13:30 WIB.

Seperti lazimnya anime-anime yang diputar di stasiun televisi di Indonesia, anime ini didubbing atau disulih suarakan ke dalam bahasa Indonesia. Kali ini sosok Tsubasa yang sebelumnya pernah diperankan oleh Hanis, Amir Cholili, Ade Basuki, Mohammad Romli, hingga Mahindra Yudha Permana, akan diperankan oleh Leni M. Tarra. Sementara itu Wakabayashi yang pernah diperankan oleh Rio Fitra, kini diperankan oleh Salman Borneo. Adapun sosok Ishizaki kini diperankan oleh Adith Siddik Permana.

Satu lagi karakter populer dari anime ini, yaitu Kojiro Hyuga. Sebagaimana lazimnya karakter-karakter di anime ini, sosok rekan sekaligus rival dari Tsubasa Ohzora ini sempat beberapa kali mengalami bongkar pasang Seiyuu. Salah satu yang paling terkenal adalah Hana Bahagiana. Kemudian ketika anime ini ditayangkan di ANTV pada tahun 2011 lalu, sosok Hyuga diperankan oleh Kamal Nasuti. Kini saat anime ini hadir di Global TV, Hyuga diperankan oleh Hardi.

Advertisement Inline
Hana Bahagiana (kiri) dan Kamal Nasuti (kanan): Sejumlah Seiyuu yang pernah memerankan sosok Kojiro Hyuga

Salah satu generasi baru Seiyuu berbakat di Indonesia, Hardi memulai debutnya sebagai Seiyuu pada tahun 2012. Seiyuu muda ini sebelumnya terkenal ketika menyulihsuarakan film Spider-Man yang sempat diputar di TRANS TV di mana dirinya menyulihsuarakan karakter Harry Osborne yang diperankan oleh James Franco dalam film Spiderman. Ia juga aktif sebagai Seiyuu dalam Anime Galaxy Kickoff dan juga berperan sebagai Tobi pada Naruto Movie. Dirinya juga turut berperan pada anime Aikatsu, berperan sebagai Makoto Nijigahara, desainer dari brand Happy Rainbow yang merupakan brand andalan Otome, dan juga Sakon Kitaoji yang merupakan Kakak kembar dari Sakura Kitaoji. Hardi juga sempat didapuk untuk turut berperan dalam anime Battle of Surabaya, maupun menyuarakan sosok Rahvana pada pementasan drama Grand Legend Ramayana yang digelar pada perhelatan Comicfest ID yang pada 28 – 29 Mei 2016 lalu. Saat ini dirinya juga tengah aktif berperan sebagai Koga dalam anime Saint Seiya Omegadan sederet film lainnya.

Sebelumnya Anime Captain Tsubasa sudah pernah ditayangkan beberapa kali di beberapa Stasiun Televisi di Indonesia, umumnya pada momen Piala Dunia. Pertama kali ditayangkan oleh TV7 (sekarang TRANS7) yang menayangkan baik versi originalnya dan versi Road to 2002 dalam menyambut Piala Dunia 2002 yang lalu. Kemudian dalam ajang Piala Dunia 2006 Lativi (sekarang TV One) pernah memutar Captain Tsubasa J. Kemudian pada ajang Piala Dunia 2010 Global TV juga kembali menayangkan versi original dari Anime Captain Tsubasa. Sementara itu ANTV juga pernah memutar versi Road to 2002 sekitar tahun 2011 dan tahun 2014, dalam rangka Piala Dunia 2014.

Selamat menyaksikan.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.