Mengenal Para Seiyuu Aikatsu

44

Aikatsu

Hampir 4 bulan sudah anime Aikatsu menemani para pemirsa di Indonesia. Terhitung sejak 20 September 2014 anime yang diangkat dari permainan ding-dong ini ditayangkan melalui stasiun televisi RCTI.

Diangkat dari permainan kartu digital berjudul sama produksi Bandai di mana pemain akan menjadikan tokoh yang dimainkannya sebagai seorang idola yang terkenal, permainan digital Aikatsu sendiri mencetak pertumbuhan masif, berkembang dari 1,8 miliar yen pada 2012 menjadi 14,1 miliar yen, dalam prediksi 2013 yang dirilis beberapa waktu yang lalu. Adapun permainan digital Aikatsu ini telah beredar di Indonesia di beberapa gerai permainan ding-dong (arcade) yang ada di pusat-pusat perbelanjaan. Anda bisa membaca ulasan gamenya pada tautan berikut ini.

Sebagaimana lazimnya Anime-Anime yang disiarkan di Indonesia, dialog dalam Anime Aikatsu disulihsuarakan ke dalam Bahasa Indonesia. Penanganan sulih suara Anime ini ditangani langsung oleh RCTI dengan dikomandoi oleh Firman Danu Asmara selaku pengarah dialog. Selain dialog, beberapa lagu yang menghiasi Anime inipun juga disulihsuarakan ke dalam Bahasa Indonesia dengan beberapa lagunya dinyanyikan ulang oleh grup idola JKT48. Aikatsu sendiri tercatat sebagai Anime pertama di Indonesia yang mengalami penyulihsuaraan lagu semenjak serial Pretty Cure pada tahun 2005 lalu dan juga merupakan Anime pertama di Indonesia di mana insert song yang ada di sepanjang Animenya juga diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia sekalipun belum semua insert song diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Berikut adalah para Seiyuu yang turut berperan dalam menyulihsuarakan Anime Aikatsu ke dalam Bahasa Indonesia:

Lis Kurniasih

Lis Kurniasih sebagai Ichigo Hoshimiya

Lis Kurniasih memulai debutnya sebagai Seiyuu di bawah asuhan Seiyuu legendaris Maria Oentoe Tinangon. Di masa lalu dirinya banyak berperan dalam menyulihsuarakan film-film asing yang tayang di stasiun televisi SCTV. Di luar SCTV dirinya juga pernah menjadi Kobo pada Anime Kobo-chan yang sempat tayang melalui stasiun televisi Space Toon maupun NET. Saat ini dirinya juga aktif dalam Anime 3D karya MNC Animation bertajuk Kiko.

IMG05435-20141013-2015

Jessy Millianty sebagai Aoi Kiriya

Jessy Millianty memulai debutnya sebagai Seiyuu di RCTI pada awal 1990an, Seiyuu yang juga adalah Istri dari Seiyuu Tata Burhan ini sempat mencuri perhatian dalam perannya sebagai Kaoru di Anime Samurai X yang tayang di SCTV pada tahun 2000. Ikut berperan pula pada Anime Vatalla Sang Pelindung karya Alfi Zachkyelle. Saat ini dirinya lebih dikenal berperan sebagai Shizuka pada Anime Doraemon sejak tahun 2013.

Srilan Wulan

Srilan Wulan sebagai Ran Shibuki

Srilan Wulan memulai debutnya sebagai Seiyuu pada tahun 1993. Wanita kelahiran Padang ini juga sempat berperan pada Telenovela Mi Gorda Bella yang sempat terkenal di Indonesia pada era tahun 2000an. Dirinya juga berperan sebagai Anzu (Tina) pada Anime Yugioh yang sempat tayang di RCTI dan Space Toon. Yang menarik, dalam Aikatsu dirinya juga menyulihsuarakan Kepala Sekolah Starlight Academy Orihime dan Ibu Ichigo, Ringo. Beberapa peran lewat juga disuarakan oleh dirinya.

Mariam Merry Pahlusi

Mariam Merry Pahlusi sebagai Otome Arisugawa

Mariam Merry Pahlusi adalah salah seorang Seiyuu yang cukup lama menjadi langganan dalam menyulihsuarakan film-film yang tayang di RCTI maupun Global TV. Beberapa peran yang sempat dimainkan oleh Istri dari Seiyuu Rujani Pahlusi ini di antaranya adalah Princcess Diaries, Death Note, Dororo, dan beberapa film lainnya. Salah satu perannya yang terkenal adalah juga sebagai Korra dalam Anime asal Nickleodeon, The Legend of Korra. Pada awalnya di Aikatsu dirinya hanya menyulihsuarakan peran-peran lewat saja. Dirinya sempat berperan sebagai Hikari Minowa dan kini telah menjadi Seiyuu tetap untuk Otome.

Siti Aisyah Daeng

Aish Daeng Mizuki sebagai Mizuki Kanzaki

Seiyuu kelahiran Palopo, Sulawesi Selatan ini memulai debutnya sebagai Seiyuu pada tahun 1999. Beberapa peran yang pernah dimainkannya adalah sebagai Shinji pada Anime Evangelion yang sempat tayang melalui stasiun televisi TRANS TV pada tahun 2000an lalu. Dan ketika Dorama legendaris asal Jepang Oshin sempat ditayangkan ulang oleh TVRI pada tahun 2009, dirinyalah yang mendapat kehormatan untuk menyulihsuarakan Oshin yang sebelumnya disulihsuarakan oleh Ratu Tria.

Leni M Tarra

Leni M Tarra sebagai Raichi Hoshimiya

Seiyuu yang dipercayakan menyulihsuarakan Raichi, Adik Ichigo ini sebelumnya lebih dikenal pada sebagai penyulihsuara Macaulay Culkin sebagai Kevin dalam drama keluarga legendaris Home Alone yang biasanya diputar setiap momen hari Natal. Beberapa perannya yang juga cukup terkenal adalah sebagai Pangeran Zandar pada Anime karya Walt Disney Animation Studios Sofia the First dan juga Anime asal Malaysia Boboboy yang disulihsuarakan ke dalam Bahasa Indonesia di Disney Channel.

Adith Siddiq Permana

Adith Siddiq Permana sebagai Pak Guru Johnny Beppu

Seiyuu dari Pak Guru Johnny yang eksentrik ini sebelumnya terkenal dalam perannya sebagai Shishio Makoto pada Anime Samurai X yang sempat digemari pemirsa pada tahun 2000 lalu. Beberapa peran yang pernah dimainkan olehnya di antaranya adalah pada Anime Popolocrois sebagai Setan Gami-Gami maupun pada Telenovela Maria Belen. Dalam Aikatsu dirinya juga berperan sebagai Naoto Suzukawa. Dan mengingat peran karakter pria dalam Aikatsu cukup terbatas, boleh dibilang dirinya juga menyulihsuarakan 90% karakter pria yang ada pada Anime ini.

Ary Wibowo

Ary Wibowo

Seiyuu yang memulai debutnya sebagai Seiyuu pada tahun 1994 ini sebelumnya terkenal sebagai Seiyuu Sanosuke Sagara pada Anime Samurai X yang pernah begitu digemari pada tahun 2000. Jauh sebelumnya, Seiyuu yang memulai debutnya di bawah asuhan dari PT. Arvisco yang begitu melegenda pada era 1990an lalu lebih dikenal dalam perannya sebagai George Luis pada Telenovela Maria Mercedes yang sempat begitu digemari pada masanya. Dirinya juga menyulihsuarakan Raja “Beat” Takeshi Kitano pada acara spektakuler Benteng Takeshi. Namun dalam Aikatsu, hingga saat ini dirinya hanya pernah bermain sekali pada episode pertama menyuarakan peran-peran pria yang sempat muncul pada episode pertama. Sejak saat itu suaranya belum pernah terdengar lagi dalam Aikatsu.

hardi

Hardi sebagai Desainer Makoto

Salah satu generasi baru dalam dunia sulih suara Indonesia. Hardi memulai debutnya sebagai Seiyuu pada tahun 2012, Seiyuu yang juga masih melanjutkan pendidikannya di bangku kuliah tersebut sebelumnya terkenal ketika menyulihsuarakan film Spider-Man yang sempat diputar di TRANS TV di mana dirinya menyulihsuarakan karakter Harry Osborne yang diperankan oleh James Franco dalam film Spiderman. Ia juga aktif sebagai Seiyuu dalam Anime Galaxy Kickoff dan juga berperan sebagai Tobi pada Naruto Movie. Dalam Aikatsu dirinya berperan sebagai Makoto Nijigahara, desainer dari brand Happy Rainbow yang merupakan brand andalan Otome. Hingga saat ini dirinya mengaku baru sekali bermain dalam Aikatsu dan belum jelas apakah suaranya akan kembali pada Anime tersebut.

Di Indonesia, Anime Aikatsu ditayangkan melalui stasiun televisi RCTI setiap hari Sabtu pukul 06.30 WIB. Adapun bagi yang tidak bisa menonton pada waktu tersebut bisa menyaksikannya melalui akun youtube resmi RCTI. Penayangan melalui akun Youtube ini sendiri menggunakan sistim mingguan di mana kecuali episode pertama, setiap episode yang telah ditayangkan melalui akun Youtube resmi RCTI akan ditayangkan selama seminggu untuk selanjutnya episode tersebut akan di-private dan digantikan dengan episode terbaru. Adapun episode terbarunya sendiri akan diunggah setiap hari Senin, dua hari setelah penayangannya di RCTI. Namun khusus untuk musim liburan akhir tahun ini, RCTI akan membuka seluruh episode Aikatsu yang sudah diunggah untuk bisa diakses secara luas kepada publik.

Mengingat Anime Aikatsu sendiri masih sangat panjang episodenya dan akan ada lebih banyak lagi karakter-karakter baru, bukan tidak mungkin ke depannya Aikatsu akan mendapatkan penambahan Seiyuu di masa mendatang.

Selamat menyaksikan.

KAORI Newsline | Photo Courtesy of Adith Siddiq Permana, Mariam Merry Pahlusi, Srilan Wulan, & Koleksi Pribadi

44 KOMENTAR

    • Menjadi Seiyuu ditentukan berdasarkan keahlian dan apa yang mereka bisa. Bukan karena mereka anak-anak atau orang tua.

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.