BAGIKAN
Jenson Button (sumber: supergt.net)

Jenson Button, pembalap F1 yang sedang menjalani masa “pensiun sementara” sejak awal tahun 2017 dipastikan akan berpartisipasi di seri pamungkas ajang balap Super GT, Suzuka 1000 km ke-46 yang akan digelar pada 27 Agustus 2017. Rencananya, pembalap asal Inggris tersebut akan bergabung di Team Mugen yang berlomba di kelas GT500. Ia akan bergabung bersama dua pembalap tetap tim ini, Hideki Mutoh dan Daisuke Nakajima.

MOTUL MUGEN NSX-GT #16 (sumber: supergt.net)

Sebelumnya, Button mengungkapkan keinginannya untuk berpartisipasi di ajang balap ini sejak bulan September 2016. Ketertarikan untuk ikut serta di Super GT semakin meningkat sejak menjajal mobil Honda yang digunakan di kelas GT500 (NSX Concept-GT) di acara Honda Racing Thanks Day pada Desember tahun lalu. Ia ingin membalap kembali di depan penggemarnya di Jepang sekaligus menargetkan untuk meraih kemenangan di seri ini.

Sementara itu, direktur Team Mugen Nagataka Tezuka mengatakan Button adalah yang berbakat dan berpengalaman. Bersama dua pembalap tetapnya, ia mengharapkan tim ini dapat menampilkan performa terbaik di seri Suzuka 1000km.

Advertisement Inline

Jenson Button adalah pembalap F1 asal Inggris yang telah meraih 1 gelar juara pembalap pada musim 2009 bersama tim Brawn GP. Meskipun sedang menjalani masa “pensiun sementara”, ia masih terikat kontrak dengan tim McLaren Honda hingga musim 2018. Pada musim ini, ia tampil di GP Monaco menggantikan Fernando Alonso yang memilih tampil di seri Indy 500 dari ajang balap Indy Car yang digelar pada hari yang sama. Button dijadwalkan akan menjajal mobil yang digunakan pada musim ini, NSX-GT, dalam sesi tes ban di sirkuit Suzuka pada 7 dan 8 Juni.

Meskipun mulai menunjukkan peningkatan di seri terakhir yang digelar di Autopolis, kiprah pabrikan Honda di ajang Super GT masih belum terlampau bersinar. Pabrikan ini masih belum berhasil meraih kemenagan di berbagai balapan yang digelar sejak September 2015. Di seri Autopolis yang digelar pada, pabrikan Honda berhasil meraih podium melalui tim Keihin Real Racing dan Team Kunimitsu yang berturut-turut finish di posisi 2 dan 3.

Suzuka 1000 km merupakan seri balap ketahanan yang sudah digelar sejak tahun 1966 di Jepang. Balapan tersebut awalnya digelar sebagai balapan tersendiri yang tidak berkaitan dengan seri balap apapun. Setelah menjadi bagian untuk berbagai ajang balap sejak 1983, balapan Suzuka 1000 km akhirnya dimasukkan ke dalam kalender Super GT sejak tahun 2006. Pada tahun 2018, balapan Suzuka 1000 km akan digantikan dengan balap ketahanan Suzuka 10 Hours yang lepas dari kalender Super GT.

Panduan Super GT Musim 2017

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.