BAGIKAN
Tampilan 'running text' untuk rute Pulogadung - PRJ | Sumber: FDTJ (Ais)

reon

Jakarta Fair Kemayoran 2017 (sering disebut Pekan Raya Jakarta atau PRJ) merupakan acara tahunan yang digelar di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat. Acara ini dimulai sejak Kamis (8/6) dan akan digelar selama 39 hari hingga 16 Juli 2017.

Demi memudahkan para pengunjung menuju lokasi PRJ, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan beberapa rute khusus menuju PRJ. Rute-rute tersebut mengawali perjalanan dari beberapa halte besar, yaitu Kampung Melayu, PGC dan Pulogadung dan mengakhiri perjalanannya di halte PRJ JIExpo Kemayoran dan sebaliknya. Rute-rute baru ini dioperasikan sebagai rute perbantuan dari rute yang sudah ada yaitu rute 2C yang menghubungkan halte Monas dengan halte PRJ JIExpo Kemayoran.

Jakarta Fair
Peta rute baru khusus ke PRJ* | Sumber: Forum Diskusi Transportasi Jakarta

Untuk rute 2C menghubungkan antara Halte Monas dengan halte PRJ JIExpo Kemayoran via Gambir/Juanda. Rute ‘PRJ 1’ yang menghubungkan Halte Kampung Melayu dengan Halte PRJ JIExpo Kemayoran via jalur koridor 5 akan keluar atau masuk koridor 5 di halte Pasar Baru Timur. Rute ‘PRJ 2’ yang menghubungkan halte PGC dengan halte PRJ JIExpo Kemayoran via koridor 10 dan koridor 12. Untuk rute ‘PRJ 3’ yang menghubungkan halte Pulogadung dengan halte PRJ JIExpo Kemayoran melalui koridor 2, koridor 10 dan koridor 12.

Tarif perjalanan yang harus penumpang bayar tidak mengalami perubahan, yaitu Rp3500 dan penumpang dapat transit di halte-halte atau stasiun BRT yang mempertemukan rute yang berbeda dan bisa melayani transit. Setiap rute memiliki armada sebanyak 3 bus dan beroperasi sejak pukul 0500 hingga 2200.

Selain penambahan rute layanan khusus, pihak penyelenggara Jakarta Fair juga menyediakan layanan shuttle bus gratis yang akan mengangkut pengunjung ke PRJ. Shuttle bus gratis beroperasi dari Stasiun Juanda dan Stasiun Kemayoran.

Dengan adanya penambahan rute ini, diharapkan dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi di sekitar PRJ yang dipenuhi para pengunjung yang khilaf serta meningkatkan minat masyarakat untuk menaiki kendaraan umum.

Cemplus Newsline by KAORI

NB:
*Nomor rute yang ditampilkan bukan nomor rute resmi dari Transjakarta