BAGIKAN
film anime In this corner of the world
Poster Film In This Corner of The World (© Fumiyo Kouno/Futabasha/Kono Sekai no Katasumi ni Project)

Perjuangan hidup seorang ibu muda asal Hiroshima pada masa Perang Dunia ke-2, akan hadir dalam film anime “In This Corner of the World” (Kono Sekai no Katasumi ni), film yang meraih penghargaan Peace Film Award dalam Festival Film Hiroshima ke-3 dan beberapa penghargaan lainnya.

Film anime ini berlatar belakang pada era Perang Dunia II, mengisahkan tentang seorang gadis berusia 18 tahun bernama Suzu Urano yang pindah dari kota asalnya, Eba, ke Kure, sebuah kota pelabuhan dekat Hiroshima, Jepang. Ia menikah dengan Shusaku dan hidup bersama keluarganya. Keluarga Shusaku menyambut baik kehadiran Suzu, meskipun ia kerap berselisih dengan kakak iparnya, Keiko. Harumi, anak perempuan Keiko, mengajarkan Suzu berbagai nama kapal perang,  yang dapat mereka lihat dari bukit belakang rumah.

Suzu memiliki hobi menggambar, ia melukiskan segala hal yang ia lalui melalui gambar dan ia ceritakan kepada adiknya. Kehidupan mereka damai meskipun harus menghadapi ancaman serangan udara. Kehidupan damai ini tidak berlangsung lama sampai bom Hiroshima meledak dan mengubah hidup keluarga Suzu, Shusaku dan warga sekitarnya. Apakah Suzu kehilangan keluarganya di kota asalnya karena bom Hiroshima? Saksikan langsung film anime ini untuk kelanjutan ceritanya.

Anime ini sangat menarik dengan warna-warna dan artwork-nya. Pencahayaan di film anime ini seperti melihat lukisan cat air bergerak menjadi nyata. Warna-warna yang cerah seperti lukisan anak menambah kesenangan dalam menonton anime ini. Penggambaran latar belakang gedung, rumah, kota dan kapal perang sangat detil, karena riset ke kota Kure dan Hiroshima oleh sutradara Katabuchi Sensei. Katabuchi Sensei juga mewawancarai lebih dari 10 tetua pelaku sejarah dan melakukan 20 revisi gambar  untuk menyempurnakan anime ini.

film anime In this corner of the worldfilm anime In this corner of the worldfilm anime In this corner of the worldfilm anime In this corner of the worldfilm anime In this corner of the world

Berhubung anime ini berseting di Hiroshima, banyak dialek Hiroshima-ben terdengar di hampir tiap percakapan. Menarik sekali apalagi Seiyuu Suzu, Non (Rena Nounen), merupakan artis cantik yang ahli berbicara dalam dialek (di drama Amachan Non berdialek Tohoku). Hal ini menambah poin plus anime ini. Anime ini bergenre slice of life, banyak nilai-nilai berharga yang bisa diserap, seperti tetap berharap dan berusaha agar supaya kuat bertahan dari segala masalah, bahkan perang dunia sekalipun.

Film “In This Corner of the World” diangkat dari komik berjudul sama karya komikus asal Hiroshima, Fumiyo Kouno. Komik yang diserialisasikan di majalah Weekly Manga Action penerbit Futabasha itu bercerita tentang kehidupan seorang pengantin muda bernama Suzu yang tinggal di kota pelabuhan Kure di masa Perang Dunia II. Film yang diproduksi di studio MAPPA ini dibintangi di antaranya oleh Non sebagai Suzu, Yoshimasa Hosoya, Daisuke Ono, dan Megumi Han.

Karena awalnya tidak ada perusahaan yang berminat mendanai pembuatan film ini, proyek ini sempat melakukan penggalangan dana antara bulan Maret hingga Mei 2015. Setelah berhasil mengumpulkan 40 juta yen dari 3.374 orang pendukung, proyek ini berhasil meyakinkan investor untuk membiayai penyelesaian filmnya dengan budget 250 juta yen. Dilansir dari Asahi Shimbun, produser film Taro Maki mengaku dengan budget yang terbatas, film ini tidak memiliki cukup dana untuk beriklan di televisi. Namun film ini berhasil menarik penonton dengan penyebaran informasi melalui Twitter dan media sosial lainnya

Sejak mulai tayang pada tanggal 12 November 2016, film ini telah memperoleh pendapatan 1 miliar yen hingga 4 Januari 2017. Film ini juga memperoleh penghargaan Peace Film Award dalam Festival Film Hiroshima ke-3 dan beberapa penghargaan lainnya.

 

KAORI Newsline