BAGIKAN

reon

Lentera dari Selarong. Sebuah komik roman sejarah yang bersetting pada masa Perang Jawa atau Perang Diponegoro (1825-1830) dalam waktu dekat akan diterbitkan dalam bahasa Inggrid dengan judul The Lantern from Selarong.

Ditulis oleh Jink, dan diterbitkan oleh Metha Studio pada tahun 2014 lalu sebanyak 3 jilid, komik ini mengetengahkan kisah Kastubi, seorang karakter fiktif yang merupakan anggota laskar Pangeran Diponegoro di masa-masa perang. Berikut adalah sinopsis dari komik ini:

“Tahun 1830, tersebutlah Kastubi, pemuda desa anggota laskar Pangeran Diponegoro yang sangat loyal pada sang pangeran. Sayangnya ada seorang jagabaya yang cemburu melihat kedekatan Kastubi dengan anak gadis Senopati. Kastubi difitnah dan diusir dari desa tempat laskar Pangeran Diponegoro bermukim. Tak hanya itu, ia juga menjadi buronan kompeni.

Dalam pelariannya, Kastubi yang ingin kembali ke kampung halamannya karena merasa tidak lagi bisa berjuang bersama Pangeran Diponegoro bertemu dengan sahabat lamanya yang bernama Sagiwar. Kastubi mengajak serta Sagiwar untuk ikut ke desanya. Tanpa sengaja mereka masuk ke wilayah kekuasaan Truno Gapuk dan ditawari untuk jadi pengikutnya. Kastubi dan Sagiwar menolak. Kedua sahabat itupun melanjutkan perjalanan menggunakan rakit.

Belum lagi sampai tujuan, rakit mereka diterjang tanah longsor, sehingga membuat Kastubi dan Sagiwar terpisah lagi. Kastubi ditolong oleh seorang prajurit Kompeni, sementara Sagiwar hanyut mengikuti aliran sungai, hingga terdampar di suatu tempat. Di situ Sagiwar bertemu dengan seorang wanita bernama Warin yang tak lain adalah adik kandung Kastubi yang terpisah saat mereka masih kecil.”

Masih belum ada informasi lebih lanjut kapan kiranya versi bahasa Inggris dari komik Lentera dari Selarong ini akan mulai dirilis.

KAORI Newsline | Courtesy of Akhmad Makhfat