Jejepangan Otomotif dalam Event Indonesia International Motor Show 2017

0
Toyota Camry Hybrid

Seiring dengan tingginya penjualan mobil Jepang di Indonesia, pameran otomotif skala besar yang diadakan 2x untuk daerah Jabodetabek menjadi lahan subur bagi para pelaku industri otomotif asal Jepang melalui agen tunggalnya untuk mencari pelanggan, salah satunya adalah Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 yang diadakan pada tanggal 27-7 Mei 2017 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, meskipun tidak didukung oleh OICA atau organisasi manufaktur kendaraan bermotor internasional. Tercatat industri otomotif Jepang merupakan exhibitor terbanyak di IIMS 2017. Tidak hanya industri otomotif yang berperan melalui agen tunggalnya, para antusias juga ikut berperan dalam memeriahkan acara dengan mobil Jepang yang dimilikinya untuk tampil di pameran. Seperti apa kemeriahan jejepangan otomotif dalam karnaval otomotif ini?

1. PEMANASAN BAGI PELAKU INDUSTRI OTOMOTIF JEPANG

Semenjak IIMS 2017 digelar lebih awal, bisa dibilang IIMS menjadi ajang “pemanasan” para pelaku industri otomotif untuk pameran otomotif yang skalanya lebih besar. Industri otomotif Jepang seperti Toyota, Honda, Nissan, Daihatsu, Suzuki, Mazda dan Mitsubishi berbondong-bondong mencari calon konsumen dengan segala usaha mereka sebagai exhibitor mulai dari desain booth sampai produk-produk yang mereka pajang.

1.1 TOYOTA

Dalam event IIMS 2017, Toyota sangat menunjukkan identitasnya sebagai manufaktur yang paling merakyat bagi masyarakat Indonesia dengan desain booth yang paling banyak membutuhkan effort dibanding exhibitor lain dan juga mobil yang ditampilkan dalam jumlah banyak dan beragam. Tidak hanya menampilkan mobil yang terbaru seperti Toyota Agya dan mobil yang mainstream tetapi juga Toyota sedikit memamerkan teknologi keunggulannya yaitu Hybrid Synergy Drive yang terpasang dalam dua produk mereka yang dijual, seperti Toyota Camry Hybrid dan Toyota Alphard Hybrid.

1.2. HONDA

Tidak mau kalah dengan Toyota, Honda juga menunjukkan identitasnya sebagai manufaktur yang penjualannya bersaing dengan Toyota, meskipun namun segi desain booth less effort dibanding Toyota untuk mempertahankan identitas korporat Honda. Salah satu poin paling menarik dari Honda dalam IIMS 2017 adalah dijadikan tempat peluncuran produk terbaru mereka untuk dirilis di Indonesia, Honda CR-V, yang kini dilengkapi dengan mesin turbo seperti Honda Civic. Selain itu, Honda juga menampilkan banyak produk yang dijual di dealer mereka lengkap dengan trofi penghargaan sebagai salah satu kendaraan terbaik dikelasnya yang diberikan oleh pihak media otomotif.

1.3 NISSAN

Untuk IIMS tahun ini, Nissan tampil jauh lebih sederhana dibanding IIMS tahun lalu, bahkan tidak mengadakan kompetisi time attack Gran Turismo. Itu dikarenakan hanya didukung oleh salah satu jaringan dealernya yaitu Indomobil tanpa dukungan dari pihak PT. Nissan Motors Indonesia selaku prinsipal.

1.4 DAIHATSU

Daihatsu tampil dengan desain booth yang tergolong menarik untuk manufaktur yang bukan berasal dari “The Big Three” atau 3 manufaktur raksasa Jepang dan juga menyesuaikan identitas korporatnya. Semua produk yang dijual di dealer ditampilkan dalam booth Daihatsu seperti mulai dari produk termurahnya seperti 4 produk kembaran Toyota (Daihatsu Xenia, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, dan Daihatsu Terios), Daihatsu HiMax, hingga produk termahalnya Daihatsu Copen. Daihatsu merupakan satu-satunya manufaktur Jepang yang menampilkan sportscar di IIMS 2017 dengan Daihatsu Copen-nya.

1.5 SUZUKI

Seperti Daihatsu, Suzuki juga tampil dengan desain booth yang menarik dan sesuai identitasnya. Dalam IIMS tahun ini, Suzuki menjagokan produk terbarunya Suzuki Ignis dilihat dari banyaknya Suzuki Ignis dalam booth dan itu juga terlihat dari dinding booth yang membentuk siluet produk terbarunya, Suzuki Ignis. Sepertinya Suzuki ingin menggoda pembeli produk kompetitornya yang memiliki kembaran lantaran Suzuki Ignis dijual dengan harga setara dengannya.

1.6 MAZDA

Mazda tetap tampil di IIMS menyesuaikan ciri khas booth Mazda di pameran otomotif dengan desain booth yang simpel dengan dominan warna hitam dipadu dengan aksen perak serta mobil yang ditampilkan mayoritas berwarna soul red metallic, warna kebanggaan Mazda generasi SKY-ACTIV sekarang. Untuk menandakan produk terbaru Mazda yaitu Mazda CX-3, ditempatkan pada panggung kecil di belakang yang mengundang para pengunjung untuk melihat lebih dekat, sedangkan untuk menjamu pelanggan, corak lantai parquette menimbulkan kesan berkelas dan menyesuaikan segmen pasar yang sekarang condong pada menengah keatas. Hasilnya terkesan sangat seimbang dan sangat mengoptimalkan booth seluas 500m2 kebawah yang didapat jatahnya. Masuk akal jika booth Mazda memperoleh penghargaan booth terbaik untuk seluas <500m2.

1.7 MITSUBISHI

Tidak ada produk terbaru mobil penumpang 2017 bukan berarti Mitsubishi tidak meletakkan effort untuk membangun booth-nya agar terlihat menarik. Salah satu poin menarik dari booth Mitsubishi adalah space miring untuk SUV Mitsubishi Pajero Sport yang menyiratkan kesan tangguh. Tak ketinggalan, Mitsubishi juga menampilkan mobil konsep yang sedang digarap versi produksinya dan Mitsubishi adalah satu-satunya exhibitor manufaktur IIMS 2017 yang menampilkan mobil konsep.

2. TEST DRIVE

Para pelaku industri otomotif Jepang di pameran juga menawarkan pengunjung untuk melakukan test drive produknya sebelum memutuskan untuk membeli atau hanya sekedar mendapatkan pengalaman berkendara di area outdoor pameran. Area test drive yang relatif sempit ideal untuk tes kelincahan seperti manuver putar balik serta polisi tidur portabel untuk mensimulasikan suspensi mobil ketika melewati polisi tidur.

3. MODIFIKASI

3.1 INDONESIA AUTOMODIFIED

Selain dari pelaku industri, dari para pemilik kendaraan bermotor juga berpartisipasi memeriahkan event IIMS 2017 ini dengan memajang mobil modifikasi yang dimilikinya untuk tampil dalam event kontes modifikasi Indonesia AutoModified yang diadakan oleh media otomotif Hot Import Nights dengan modifikasi yang melibatkan mobil Jepang atau non-Jepang dengan aspek jejepangan otomotif dilihat dari penggunaan partsnya. Dalam pergelaran Indonesia Auto Modified, Daihatsu terlibat dalam event tersebut dengan membuka kelasnya yaitu kelas Daihatsu.

3.2 PPMKI

Selain itu ada juga mobil yang berpartisipasi dalam booth Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). Toyota Corolla yang juga masuk kategori 30 modifikasi terbaik versi NMAA merupakan satu-satunya mobil Jepang yang tampil dalam booth mobil retro.

Toyota Corolla

3.3 PERTAMAX MOTORSPORT SUPER DRIFT

Tentu yang paling menarik adalah mobil-mobil yang berpartisipasi dalam ajang Pertamax Motorsport Super Drift yang bisa dilihat di paddock sebelum pertandingan drifting dimulai mulai dari mobil mainstream seperti Nissan Cefiro sampai mobil langka seperti Subaru BRZ, Toyota Chaser, Toyota Altezza, Nissan Silvia Varietta, Nissan Silvia S14, Nissan Silvia S13, dan Nissan 180SX. Mereka menggunakan mobil tersebut selain bodi dan sasis yang handling-nya menunjang aksi drifting, juga menjadi bahan yang menarik untuk dimodifikasi dan itu bisa menarik juri untuk memberi nilai lebih ketika beraksi. Mobil tersebut engine swap dengan mesin yang beragam setiap mobil peserta dan kebanyakan 2JZ-GTE yang keandalannya sudah tidak diragukan lagi termasuk untuk mobil keluaran terbaru sebagai basis.

Ditulis oleh: Julfikri Ahmad Mursyid | Panelis “Mengontrol Fanatisme Pop Culture Jepang untuk Masyarakat Indonesia” pada event Road to KAORI Expo, penggemar otomotif lebih dari 10 tahun.
KAORI Nusantara membuka kesempatan bagi pembaca utk menulis opini tentang dunia anime & industri kreatif Indonesia. Opini ditulis 500-1000 kata dlm bhs Indonesia/Inggris & kirim ke opini@kaorinusantara.or.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.