BAGIKAN
"Suasana pertandingan PTC2017 di Dota Cafe, Kemanggisan, Jakarta Barat" (Foto: Rafly N)

Video Game sebagai sebuah ajang olahraga elektronik (e-sport) yang kompetitif terus mengalami perkembangan termasuk di Indonesia. Beberapa ajang perlombaan game dengan genre fighting, FPS, dan MOBA cukup marak diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia. Dari berbagai genre tersebut, game dengan genre RPG juga bisa dijadikan ajang kompetisi seperti seri game Pokemon yang memiliki skena kompetitifnya sendiri. Hal inilah yang dilakukan oleh komunitas PKMN-id, komunitas yang menghimpun para penggemar franchise karakter Pokemon di seluruh Indonesia ini menggelar rangkaian turnamen game Pokemon Sun & Pokemon Moon di konsol Nintendo 3DS yang bertajuk PKMN-id Trainer Circuit atau yang disingkat sebagai PTC.

Setelah menggelar rangkaian 4 Live Tournament di Jakarta, 2 Live Tournament di Bandung serta 10 Online Tournament, ajang PKMN-id Trainer Circuit 2017 akhirnya tiba pada tahap Grand Final. Dari berbagai rangkaian turnamen game Pokemon Sun & Moon yang telah diselenggarakan sejak awal tahun tersebut, 8 Pokemon Trainer telah terpilih untuk lolos ke tahap Grand Final yang diselenggarakan dalam perhelatan Bijac no Tanjoiwai ke-10, 26-27 Agustus 2017 di JWC Campus BINUS University. Berikut ini adalah daftar 8 Pokemon Trainer yang lolos ke ajang Grand Final:

Advertisement Inline

Para 8 Pokemon Trainer ini terpilih berdasarkan jumlah akumulasi poin yang diperoleh sepanjang rangkaian PTC2017 diselenggarakan. Setiap kali PTC2017 diadakan baik online maupun offline, peserta yang ikut serta mendapatkan akumulasi poin berdasarkan jumlah menang-kalah dalam turnamen tersebut. Para Grand Finalist ini merupakan para Pokemon Trainer dengan poin tertinggi sehingga berhak mendapatkan undangan untuk ikut serta dalam ajang Grand Final.

Meskipun rangkaian penyisihan PTC2017 sudah usai dan memasuki tahap Grand Final, namun bagi para Pokemon Trainer yang bermain game Pokemon Sun & Moon dan ingin ikut serta bertanding dalam ajang ini masih memiliki kesempatan. Pihak PKMN-id menggelar ajang LCQ atau Last Chance Qualifier. Dalam ajang ini, para Pokemon Trainer yang belum memiliki kesempatan untuk lolos ke ajang Grand Final bisa melatih kemampuannya dan bertanding memperebutkan posisi untuk ikut serta bertarung di Grand Final.

LCQ ini diselenggarakan pada hari pertama Bijac no Tanjoiwai 10, Sabtu, 26 Agustus 2017. Para Pokemon Trainer yang hendak mengikuti LCQ bisa ikut mendaftar di tempat mulai pukul 1000 hingga 1100 WIB dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp30.000. Turnamen LCQ ini menggunakan format Swiss Round Best of 3 dengan menggunakan peraturan VGC2017/WCS2017.

Maksimal peserta yang diperbolehkan mengikuti turnamen LCQ ini adalah 32 peserta yang belum mendapatkan tempat di ajang Grand Final. Dalam ajang LCQ ini, apabila peserta terdiri dari 8 sampai 20 Trainer, maka 4 Trainer di posisi teratas berhak masuk ke dalam Grand Final PTC2017. Sedangkan jika peserta terdiri dari 21 hingga 32 Trainer, maka 8 Trainer di posisi teratas berhak masuk ke dalam Grand Final.

“Sengitnya pertarungan di penyisihan PTC2017 Jakarta” (Foto: Rafly N)

Ajang Grand Final dari PTC2017 ini sendiri diselenggarakan pada hari kedua Bijac no Tanjoiwai 10 di hari Minggu, 27 Agustus 2017. Para Grand Finalist yang terpilih bisa melakukan pendaftaran ulang di tempat mulai pukul 0915 hingga 1000 WIB. Ajang Grand Final PTC2017 ini diselenggarakan dengan menggunakan format Swiss Round Best of 3 serta Top 4 Cut dengan sistem turnamen VGC2017/WCS2017. Maksimal peserta yang dapat mengikuti Grand Final ini adalah 16 Trainer dengan catatan 8 Trainer Grand Finalist dan 8 Trainer dari Last Chance Qualifier.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh para Pokemon Trainer yang hendak mengikuti Last Chance Qualifier untuk Grand Final PTC2017 ini. Para peserta diwajibkan untuk memahami peraturan turnamen yang berlaku yaitu VGC2017/WCS2017 yang bisa dibaca pada tautan berikut ini. Masing-masing peserta juga diwajibkan untuk mengunduh Tournament Rules Double Battle – 2017 World Championship Rules di menu Festival Plaza dalam game Pokemon Sun & Moon. Setelah itu para peserta wajib mendaftarkan Pokemon yang diikutsertakan dalam turnamen ini dengan mengisi lembar teamsheet yang disediakan oleh staf. Teamsheet dan Pokemon milik peserta nantinya dicek oleh staf dari PKMN-id, jika terjadi ketidaksesuaian maka peserta dapat dikenakan sanksi. Peraturan lebih lengkapnya bisa dibaca pada website PKMN-id berikut ini.

Pra-registrasi untuk ajang Last Chance Qualifier bisa dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran di tautan ini. Dalam pendaftaran ini, pihak PKMN-id mengadakan sebuah Crowdfunding di mana para peserta bisa memilih sendiri paket Crowdfunding yang diinginkan dengan berbagai bonus yang disediakan. Untuk informasi lebih lanjut, Trainer bisa mengunjungi website PKMN-id, surel di pkmnid.vgc@gmail.com atau menghubungi Hashegi Hanjaya (082110338865).

PKMN-id Trainer Circuit (PTC) adalah rangkaian turnamen yang diselenggarakan oleh komunitas PKMN-id. PTC diselenggarakan sebagai ajang untuk berkompetisi para trainer di Indonesia. Selama PTC berlangsung, para peserta dapat mengumpulkan PTC Point (PP) yang diperoleh melalui Live Tournament maupun Online Tournament. Poin ini dapat digunakan untuk berpartisipasi dalam ajang Grand Final yang memperebutkan hadiah utama pendanaan menuju turnamen resmi dari pihak The Pokémon Company International (TPCi). Rangkaian turnamen ini telah diselenggarakan sejak bulan Januari 2017.

Pokemon Sun & Moon merupakan game generasi ke-7 dari seri Pokemon. Game ini menampilkan Alola Region sebagai latar tempatnya. Pada game ini diperkenalkan beberapa fitur baru seperti Z-Move dan juga Alolan Version Pokemon. Game ini pertama kali rilis pada tanggal 18 November 2016. Selain game, Pokemon Sun & Moon juga diadaptasi menjadi sebuah seri anime.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.