BAGIKAN

alirideal

alirideal

Namanya sempat menggemparkan KAORI (Daop 1) saat awal-awal 2011 lalu. Dengan gagah berani, dia datang ke acara gath yang isinya cowok semua, kemudian mengalami apa yang, kalau menurut orang awam, pelecehan seksual secara verbal.

Ia juga berjasa menyukseskan stan KAORI pertama dalam sejarahnya, dengan ilustrasi dan kertas-kertas untuk menarik pengguna (yang akhirnya dilarang oleh panitia).

Minggu lalu, ia kembali ke forum dengan jasa yang lain: membangkitkan ingatan penghuni LPK/LSK akan fitur karya mereka di laman Newsline KAORI. Tidak lain tidak bukan, duwik alias sincsei (yang kabarnya bikin nero tertarik).

Saya sebenarnya sudah agak “keluar” dari forum lantaran Newsline saat ini sedang begitu kinclong. Sudah meningkat dua kali lipat dari semenjak event Hellofest lalu. Begitu pula FB dan Twitter KAORI yang makin kinclong.

Nah, entri blognya mengingatkan saya akan konsep yang saya gagas awal 2013 lalu ini. Sebenarnya konsep ini bagian dari konsep alir informasi dalam dan luar KAORI.

Ketika didesain pada awal 2008, KAORI dirancang agar mampu membawa mereka yang tidak begitu tahu mendalam tentang dunia anime, agar dikenalkan melalui Newsline (infonya) dan fansub (nonton animenya), sehingga nantinya akan tertarik lebih lanjut dan mendapat informasi lebih dalam di forum.

Keberadaan Newsline dan Fansub juga didesain sebagai “batu loncatan” sehingga orang luar tidak kaget ketika membuka KAORI forum, yang bahasanya “agak dewa”. Itu sebabnya mengapa Newsline didesain tidak untuk konsumsi orang-orang di forum, namun untuk pembaca yang diasumsikan tidak tahu apa itu kebudayaan anime.

Waktu berjalan dan justru KAORI forum berkembang, sementara Newsline dan fansub terbengkalai. Basis komunitas internal sudah bagus dan kuat, namun basis ini menghadapi kendala: bagaimana regenerasinya? Bagaimana menarik orang baru? Bagaimana supaya KAORI bisa terlihat lebih besar lagi di luar?

Juga muncul keluhan dari subforum seperti LPK atau LSK di mana penghuninya hanya itu-itu saja, pergerakannya stagnan, dan karyanya kurang terekspos.

Singkat kata: Ada “diskoneksi” antara KAORI forum, Newsline dan Fansub, dan “dunia luar KAORI”.

Bagaimana diskoneksi ini diatasi? Caranya adalah dengan mengaktifkan alir dari dan ke internal dan eksternal KAORI.

Bila alirnya berjalan, pengguna yang tidak tahu KAORI akan masuk ke KAORI tidak hanya melalui forum, namun juga melalui jejaring sosial KAORI dan Newsline/Fansub. Kemudian dengan intisari konten-konten di dalam forum yang “ditarik” ke Newsline, mereka akan menjelajah forum dan pengguna forum akan senang karena hasil karya mereka juga bisa tembus ke luar KAORI. Newsline pun tidak akan kehabisan stok materi, pencitraan KAORI yang kaya akan konten dan pengguna pun akan menjadi nyata dengan sendirinya.

Tentu saja sebelum ini bisa dilakukan, prasyaratnya harus dipenuhi: struktur staf di seluruh bagian harus baik, Newsline harus dibenahi baik dari segi traffic maupun layout untuk menampung konten dan jumlah pengguna, KAORI di jejaring sosial harus punya kehadiran yang baik. Untungnya hampir semua hal ini sudah dibenahi semenjak setahun terakhir.

Dalam kondisi optimum, sinergi tiga pilar dasar KAORI (Newsline, fansub, forum) ini yang nantinya akan menjamin keberlangsungan KAORI sekarang dan di masa depan.

Forum-forum lain di Indonesia maupun dunia tergerus dengan riuhnya jejaring sosial, tergerus dengan menurunnya pengguna yang tidak diimbangi dengan masuknya pengguna baru. KAORI berjuang melawan penurunan global ini dan alhamdulillah, berhasil melakukannya dan teman-teman bisa merasakannya sendiri hari ini.

Yang diperlukan saat ini adalah kemauan dari internal KAORI sendiri untuk lebih mencintai KAORI (tidak hanya forum saja) sepenuh hatinya. Misal dengan membantu share berita/info menarik dari KAORI di media sosial, dengan membantu hadir di kegiatan/acara sebagai perwakilan KAORI, dengan membantu menyapa pengguna baru agar mereka dibimbing dan bisa berinteraksi lebih baik di forum.

Saya tidak bisa mengungkapkan terima kasih saya selain melalui tulisan ini, karena dalam dua minggu ini saya perhatikan sudah banyak pengguna KAORI yang mulai rajin share berita Newsline di Facebook/Twitter misalnya. Alhamdulillah, terima kasih, teman-teman!

Saya memang sibuk menyelesaikan pendidikan maupun mengurus KAORI di luar. Di saat sibuk seperti ini, saya tidak tahu sampai berapa lama lagi wacana ini akan terbengkalai bila sincsei tidak membuat entri blognya.

Inilah kritik dan teguran yang dibutuhkan oleh KAORI. Inilah kritik membangun yang memang bisa membawa KAORI ke arah yang lebih baik bila dilaksanakan. Inilah kritik yang saya harap bisa lebih, lebih banyak ada di KAORI sehingga stafnya kewalahan karena banyak pekerjaan konstruktif di KAORI.

Tahun 2013 yang tinggal dua minggu ini akan berganti menjadi tahun 2014. Saya ingin sebaiknya tahun 2014 kita sebut saja tahun 2013-B, melanjutkan pencapaian KAORI yang sudah diraih tahun ini!

Shin Muhammad
Administrator KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.