BAGIKAN
Anastasia dari anime The iDOLM@STER Cinderella Girls, salah satu karakter yang disuarakan oleh Sumire Uesaka (©2016 BANDAI NAMCO Entertainment Inc.)

Fenomena ujaran kebencian dengan tujuan provokasi, hasutan, dan hinaan terhadap seseorang telah menjadi permasalahan yang cukup serius di Indonesia. Dampak yang ditimbulkan dari ujaran kebencian memicu terjadinya aksi kekerasan terhadap korban. Demi perlindungan korban perlu dilakukannya tindakan kuratif bagi pelaku. Tak terkecuali di Jepang. Sumire Uesaka yang terkenal dengan menjadi mengisi suara Anastasia dari serial anime The iDOLM@STER Cinderella Girls menjadi korban dari tindakan ujaran kebencian oleh orang yang tak dikenal.

Sumire Uesaka

Dilansir dari Asahi, pada tanggal 19 Juli 2017 pihak Kepolisian Tokyo telah menangkap seorang pria berusia 20 tahun, yang tercatat sebagai mahasiswa teknik salah satu perguruan tinggi di kota Tsuruoka, Prefektur Yamagata. Menurut keterangan kepolisian, sang pelaku telah terindikasi melakukan ancaman yang cukup serius terhadap seorang penyanyi dan juga seiyuu Sumire Uesaka. Total terdapat 20 posting-an berisi kebencian dan teror yang telah menyerang Space Craft (selaku pihak agensi) dan juga penggemarnya. Beberapa postingan berisikan ancaman pembunuhan dan juga berita hoax yang bertujuan untuk menyerang pribadi Sumire Uesaka. Sampai berita ini diterbitkan, belum diketahui motif pelaku dalam melakukan aksi teror tersebut. Namun menurut keterangan lebih lanjut pelaku teralu menaruh perhatian lebih kepada Sumire Uesaka.

Kejadian teror dan ujaran kebencian bukan pertama kali terjadi menimpa sosok publik figur. Sebelumnya, seorang personil grup idola HKT48 mengalami tindakan teror yang melanggar privasi dari sang korban.

Advertisement Inline

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.